Pengertian dan Tips Menjadi Digital Nomad

0
1223

Semakin pesatnya dunia digital saat ini membuat semuanya berubah, termasuk dalam hal bekerja. Jika kamu pernah melihat seseorang yang asik bekerja di sebuah tempat wisata entah itu di pantai atau di tempat lainnya, mereka adalah para digital nomad yang sedang bekerja sambil menikmati alam. 

Profesi ini terlihat seperti pekerjaan idaman bagi semua orang. Namun, apakah semudah itu menjadi digital nomad? Apa saja jenis pekerjaan yang bisa dilakukan? Yuk simak penjelasan berikut mengenai pengertian digital nomad dan tips menjadi digital nomad.

Pengertian 

Digital nomad adalah istilah bagi seseorang yang bekerja tanpa terikat oleh waktu dan tempat. Istilah nomad itu sendiri berasal dari kata ‘nomaden’, alias berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Seorang digital nomad dapat bekerja kapanpun tanpa perlu pusing memikirkan bangun pagi dan bekerja sampai malam. Digital nomad pun juga tidak perlu setiap hari datang ke kantor karena mereka dapat bekerja di mana saja seperti perpustakaan, coffee shop, rumah bahkan mungkin di pantai. Hal yang terpenting bagi mereka adalah jaringan internet.

Macam-macam pekerjaan digital nomad 

Sebagai seorang digital nomad, Anda harus bisa mencari jenis pekerjaan yang sesuai dengan Anda dan bersifat freelance atau remote. Saat ini sudah banyak perusahaan yang menerapkan sistem remote dengan berbagai posisi pekerjaan, khususnya perusahaan startup. Anda bisa mencari lowongan kerja pada perusahaan yang fokus di dunia digital.

Beberapa pekerjaan digital nomad freelancer adalah sebagai web programmer, penulis lepas, atau admin media sosial. Bisa juga seorang profesional yang bekerja secara mandiri dengan cara membuka jasa akuntan, konseling atau bantuan hukum lainnya juga bisa dikatakan sebagai digital nomad.

Selain itu, pekerjaan lainnya adalah entrepreneur yang menjual produk digital kemudian mereka yang menggunakan dunia digital untuk berkarya, seperti Youtuber atau Selebgram.

Beberapa jenis pekerjaan seperti freelance atau remote bisa Sobat dapatkan melalui situs lowongan pekerjaan online yang saat ini sudah banyak tersedia atau di situs khusus freelance. Bahkan Anda bisa membuat pekerjaan sendiri berdasarkan kemampuan Anda. terlebih lagi, saat ini banyak peluang untuk memperoleh uang dari internet.

Tips sukses menjadi digital nomad

Menjadi seorang digital nomad pastinya memiliki tantangan tersendiri untuk menjalani profesi ini, perlu kesabaran dan juga usaha. Namun bukan tidak mungkin bisa sukses sebagai digital nomad, asalkan kamu mau berusaha.  Buat kamu yang tertarik menjadi digital nomad yang sukses. Yuk simak tips-tips berikut ini: 

  • Pilih skill yang kamu kuasai

Kemampuan atau skill adalah modal utama untuk menjadi digital nomad. Pilih suatu bidang yang kamu kuasai, bidang tersebut nantinya menjadi keahlian utama yang kamu tawarkan kepada klien. Misalnya jika suka mendesain, kamu bisa fokus untuk mengasah skill desain untuk menjadi desainer grafis.

  • Bangun portofolio yang profesional

Membangun Portofolio yang baik akan mempermudah kamu untuk sukses menjadi digital nomad. Portofolio adalah tempat  untuk kamu menyampaikan seluruh karya yang pernah kamu buat yang kemudian kamu bisa pakai untuk melamar ke perusahaan yang membutuhkan pekerja lepas. Kumpulkan karya atau hasil kerja terbaikmu dan susun portofolio sebaik mungkin agar terlihat profesional.

  • Membuat rencana kerja

Sebagai digital nomad, kamu memiliki jam kerja yang fleksibel, untuk itu pentingnya membuat rencana kerja. Memiliki rencana kerja sangat membantu untuk mengorganisir antara pekerjaan dan aktifitas sehari-hari. Pekerjaan jadi bisa diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

  • Manfaatkan media digital secara maksimal

Sebagaimana di zaman serba digital saat ini, kamu memanfaatkannya dengan baik untuk personal branding dan membangun reputasi. Misalnya saja melalui social media, kamu membangun branding tentang kemampuan yang kamu kuasai. 

  • Membagi waktu bekerja dan bersantai

Kalau sebagai karyawan yang mana pada umumnya dituntut untuk berada di kantor dan bekerja di jam tertentu, maka ini berbeda halnya dengan digital nomad. Sebagai digital nomad kamu harus mengatur sendiri antara waktu untuk bekerja dan bersantai.  Untuk tenggat waktu pekerjaan tentu ada, hanya saja jam bekerja tidak diatur oleh perusahaan. Asalkan sanggup memenuhi tanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaan diberikan. Untuk itu penting membuat rencana kerja agar pekerjaan tidak terbengkalai.

  • Siapkan Tabungan

Menjadi seorang digital nomad memiliki penghasilan yang tidak pasti. Untuk itu, kamu harus menyiapkan tabungan yang cukup agar bisa menjalankannya. Bila di suatu saat kamu memperoleh pekerjaan yang bayarannya tinggi, sebagian dari dana bayaran tersebut harus disiapkan untuk tabungan. Sehingga jika suatu waktu kamu belum memiliki pekerja, kamu masih memiliki dana yang lebih untuk bisa bertahan hidup.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Raymas Putro | Editor: Rimba Laut