Pengangguran Terbanyak di Indonesia Berasal dari Lulusan SMK?

0
580
Pengangguran Terbanyak di Indonesia Berasal dari Lulusan SMK?

Pengangguran masih menjadi masalah serius di Indonesia.Data terbaru dari BPS tentang Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Indonesia per Agustus 2022 sebesar 5,86% atau sebanyak 8,42 juta orang. Ternyata dari jumlah pengangguran tersebut, paling banyak berasal dari lulusan SMK.

Menurut Kepala BPS Margo Yuwono, mereka yang menamatkan jenjang pendidikan menengah hingga tinggi lebih memilih-milih jenis pekerjaan yang akan dilakukan karena pilih-pilih pekerjaan sehingga tingkat pengangguran terbuka nya tinggi, Sebaliknya, mereka yang berpendidikan rendah seperti tamatan SD dan yang putus sekolah, justru mau melakukan pekerjaan apa saja, sehingga tingkat penganggurannya paling rendah. Lalu mengapa tamatan SMK jadi menyumbang tingkat pengangguran paling banyak?

Hal ini dikarenakan kurikulum yang ada tidak sesuai dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI), berdasarkan pemaparan Professor Hadi Subhan, Pengamat Ketenagakerjaan, sistem pembelajaran SMK selama ini hanya berbasis pada aspek teoritis saja dan kurangnya aspek praktis pada dunia usaha dan industri secara langsung. Pengamat ketenagakerjaan lainnya, Profesor Aloysius Uwiyono juga mengatakan bahwa kurikulum SMK saat ini masih jauh dari perkembangan era industri digital.

Untuk menghadapi permasalahan ini, individu lulusan SMK dapat melakukan beberapa hal untuk meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan. Pertama, meningkatkan kompetensi dan keterampilan yang dibutuhkan oleh pasar kerja. Ada banyak lembaga pelatihan atau kursus yang menawarkan program-program pelatihan terkait dengan keterampilan yang dibutuhkan pasar kerja saat ini, seperti digital marketing, web development, dan lain-lain. Kedua, memperluas jaringan dan mencari informasi tentang lowongan pekerjaan. Dalam era digital saat ini, kita dapat memanfaatkan media sosial dan website seperti LinkedIn, Jobstreet, atau JobsDB untuk mencari informasi tentang lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keterampilan kita. Ketiga, memperbanyak pengalaman melalui magang atau kerja paruh waktu. Ini dapat membantu meningkatkan pengalaman kerja dan memperkuat keterampilan yang dibutuhkan oleh pasar kerja.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut