Pengalaman Liburan Sekolah: Kisah Seru dan Berkesan di Berbagai Destinasi

0
592
Pengalaman Liburan Sekolah

Punya pengalaman liburan sekolah? Semua anak pasti menantikan waktu liburan sekolah. Bukan hanya karena mereka terbebas dari sekolah, tapi juga mereka bisa menghabiskan waktu bersama orangtua. Oleh karena itu, orangtua harus memutar otak dan mencari pilihan kegiatan atau tempat wisata untuk menghabiskan waktu liburan sekolah.

Liburan sekolah adalah waktu bersama keluarga. Ini adalah kesempatan orangtua untuk menggantikan waktu yang hilang akibat kesibukan bekerja. 

Setiap anak pasti menginginkan pengalaman liburan sekolah yang berbeda dari biasanya. Pilihannya antara mengunjungi tempat baru, belajar hal baru, memperdalam minat, atau sekedar menghabiskan waktu bersama sekeluarga.

Pilihan Rencana Liburan Sekolah

Namun, tentu harus ada pengalaman berbeda pada liburan yang akan datang. Orangtua bisa merencanakan jauh-jauh hari bersama anak mereka. Pergunakan kesempatan ini untuk lebih dekat dengan anak Anda. Ada beberapa cerita liburan sekolah panjang berikut yang bisa Anda contoh.

1. Liburan Keluarga di Desa

Jika Anda masih memiliki orangtua yang tinggal di desa atau di luar Jakarta, gunakan kesempatan ini untuk mengenalkan anak Anda dengan kakek dan neneknya. 

Anak-anak akan mendapatkan kesempatan untuk hidup di tempat berbeda dengan suasana baru. Selain itu, liburan bersama keluarga juga memberi kesempatan untuk mengunjungi orang tuAnya.

Pastinya anak-anak akan senang untuk bermain di sawah, kebun, atau di sungai. Apalagi jika mereka ikut membantu dengan pekerjaan di sawah dan ladang. Ini pasti menjadi cerita pengalaman liburan yang menarik saat mereka Kembali ke sekolah.

Anda perlu memikirkan biaya transport pp, biaya makan, dan termasuk oleh-oleh untuk keluarga. Jika Anda memilih berkendara dengan kereta api eksekutif biaya transport pp bisa mencapai Rp1.400.000,- per orang. Jumlah ini tak jauh berbeda dari harga tiket pesawat di Pulau Jawa.

Jika Anda memilih menyetir mobil sendiri, masih ada biaya service kendaraan. Juga ada tambahan biaya oleh-oleh, makan, dan lain lain, Anda perlu menyiapkan biaya sekitar Rp2.000.000,- per orang. 

2. Staycation di Kota Sendiri

Meskipun Anda tak bisa mengajak anak-anak untuk berwisata ke luar kota, tetap ada pilihan wisata dalam kota yang menyenangkan. Anda bisa mencari tahu tempat wisata untuk anak-anak yang ada di kota Anda. Atau Anda bisa mengajak anak-anak untuk menginap di hotel selama akhir pekan.

Pilih hotel yang memiliki fasilitas lengkap, terutama kolam renang. Beberapa hotel pun memiliki arena bermain untuk anak. 

Dengan fasilitas tersebut Anda perlu mengeluarkan biaya mulai dari Rp1.500.000,- per malam. Untuk biaya makan, Anda perlu menyiapkan biaya minimal sebesar Rp300.000,- per orang tiap hari. Total Anda perlu menyiapkan biaya sekitar Rp2.700.000,- per hari untuk keluarga beranggotakan empat orang.

3. Berlibur di Rumah Sendiri

Untuk liburan singkat terkadang Anda tak sempat membawa anak-anak kemana-mana. Anda bisa membuat pengalaman liburan sekolah di rumah tetap asyik dengan berbagai kegiatan.

Anda bisa mengajak anak-anak untuk memasak bersama saat liburan. Ajarkan resep-resep sederhana yang cocok untuk anak-anak. Anda cukup mengontrol peralatan apa saja yang boleh digunakan anak Anda. Pastikan anak-anak sudah cukup besar untuk menggunakan pisau atau peralatan tajam lainnya. Juga untuk kompor atau oven.

Selain memasak, Anda bisa mengajak anak-anak untuk berkemah di halaman belakang. Atau putar film kesukaan anak-anak. Dengan sedikit perubahan suasana di rumah, Anda bisa menciptakan bioskop mini di rumah.

Biaya liburan di rumah ini tergolong murah. Anda cukup menyiapkan biaya untuk membeli bahan masakan sebesar Rp200.000,-. Atau untuk menyewa film dan membeli cemilan sebesar Rp150.000,-. Atau membeli permainan baru untuk anak-anak. Totalnya mungkin sekitar Rp500.000,- untuk beragam aktivitas.

4. Liburan ke Pantai

Pantai pastinya adalah pilihan lokasi liburan favorit bagi anak-anak. Anda bisa mengajak mereka menghabiskan liburan sekolah di pantai.

Anak-anak pasti tak keberatan untuk menghabiskan cerita liburan sekolah ke pantai. Mereka bisa bermain pasir atau berenang di pantai. Juga ada berbagai pilihan permainan air di pantai. 

Biayanya cukup terjangkau. Tiket masuk pantai sebesar Rp25.000,- per orangnya. Ditambah dengan biaya makan mulai dari Rp50.000,- per orang di restoran sekitar pantai. Total biaya untuk wisata ke pantai minimal sebesar Rp100.000,- hingga Rp150.000,- per orangnya.

5. Trekking di Gunung

Jika anak Anda suka dengan kegiatan di alam, Anda bisa mengajak mereka untuk trekking di gunung. Anda cukup memilih jalur trekking yang aman bagi anak-anak. Atau bisa juga ajak anak Anda menginap di hotel yang memiliki paket trekking untuk anak.

Trekking bisa membuat anak Anda untuk lebih dekat dengan alam. Selain itu, trekking membuat mereka lebih aktif bergerak.

Untuk mendukung aktivitas ini Anda perlu menyiapkan dana untuk paket trekking anak-anak sebesar Rp150.000,-. Masih ada biaya untuk bekal makanan dan transport menuju titik temu. Total kira-kira Anda membutuhkan biaya Rp300.000,- per orangnya.

6. Wisata Museum

Berbeda jika anak Anda lebih berminat dengan wisata sejarah. Kunjungan ke berbagai museum pasti menjadi cerita pengalaman liburan sekolah yang tak terlupakan.

Anda bisa merencanakan dengan membuat daftar museum yang ada di kota Anda. Libatkan anak-anak dalam perencanaan liburan. Termasuk dalam perencanaan biayanya.

Tiket museum berkisar dari Rp5.000,- hingga Rp20.000,- saja. Tapi masih ada biaya makan yang kira-kira sebesar Rp50.000,- per orang sekali makan. Juga biaya parkir atau transport menuju museum. Total kunjungan memerlukan biaya mulai dari Rp80.000,- per orang.

Baca juga: 7 Destinasi Liburan Anak Terbaik dan Edukatif

7. Berkemah Selama Liburan Sekolah

Salah satu kegiatan yang selalu dinantikan oleh anak-anak adalah berkemah. Anda bisa mengajak anak-anak untuk berkemah selama beberapa hari di area perkemahan. Atau jika Anda ingin sedikit berpetualang, pilih lokasi perkemahan di pantai atau gunung.

Terdapat semakin banyak area perkemahan dengan fasilitas lengkap yang bisa Anda pilih. Karena Anda akan membawa anak-anak, pastikan area perkemahan tersebut aman dan memiliki fasilitas yang memadai. Penting juga untuk memeriksa prakiraan cuaca saat memilih waktu berkemah. 

Biaya berkemah ini tergantung pada jenis perkemahan yang Anda pilih. Untuk ukuran standar perkemahan di sekitar Jakarta, Anda perlu membayar biaya masuk sekitar Rp25.000,- per orang. Kemudian untuk biaya berkemah sekitar Rp200.000,- per tenda per malam. 

Anda perlu menyiapkan bekal makanan kira-kira sebesar Rp150.000,- per orang per hari. Total dengan biaya transport dan parkir Anda memerlukan biaya Rp750.000,- per malam untuk dua orang.

8. Bermain ke Waterpark

Bermain air bisa jadi pilihan kegiatan untuk mengisi liburan sekolah. Sekarang ini terdapat waterpark di hampir semua kota besar. Anda bisa merencanakan kunjungan ke salah satunya bersama anak Anda.

Dengan  waktu seharian. Anak-anak pasti suka bermain air dan mencoba berbagai fasilitas yang ada di sana. Selain mengisi waktu, berkunjung ke waterpark bisa memberikan pengalaman liburan sekolah singkat yang sedikit berbeda.

Dengan tiket masuk sekitar Rp125.000 per orang dan harga makanan di area waterpark per orangnya sekitar Rp50.000,- hingga Rp200.000,-. Anda sebaiknya menyiapkan biaya Rp250.000,- per orang.

9. Mengunjungi Kebun Binatang atau Taman Safari

Kebun binatang selalu menyenangkan untuk dikunjungi. Meskipun anak Anda sudah pernah berkunjung ke sana, selalu ada perubahan pada koleksi binatang. Ini bisa menjadi alasan untuk mengajak anak Anda mengunjungi kebun binatang atau taman safari kembali.

Tiket masuk kebun binatang sebesar Rp4.000,- untuk dewasa dan Rp3.000,-. Namun ada biaya tambahan untuk masuk wahana dan tunggangan di dalam kebun binatang mulai dari Rp5.000,- hingga Rp18.000,- per orang.  

Biaya parkirnya sebesar Rp6.000,- untuk mobil dan Rp3.000,- untuk motor. Untuk biaya makan, Anda perlu menyiapkan uang sebesar Rp50.000,- per orang atau Anda bisa membawa bekal dari rumah. Total biaya kira-kira sebesar Rp100.000,- per orangnya, 

10. Beraktivitas Bersama Keluarga

Liburan sekolah memberi kesempatan pada anak untuk menghabiskan lebih banyak waktu bersama orangtua. Sebaiknya Anda pun menyempatkan waktu untuk anak-anak Anda. Meskipun tak bisa berwisata atau bepergian bersama, Anda bisa mengajak anak Anda untuk ikut dalam aktivitas sehari-hari.

Yang terpenting adalah menghabiskan waktu bersama sebagai keluarga. Menghabiskan waktu bersama anak-anak untuk jogging pagi di taman kompleks pun tak masalah. Atau Anda bisa mengajak mereka memancing di akhir pekan.

Untuk biaya pastinya tak besar. Anda cukup menyiapkan dana tambahan untuk jajan atau makan anak Anda, kira-kira sebesar Rp50.000,- hingga Rp100.000,- per harinya.

Kesimpulan

Liburan sekolah selalu memberi pengalaman berbeda, baik untuk anak-anak maupun orangtuanya. Namun, Anda pasti tak ingin memberikan pengalaman buruk pada anak Anda. 

Demikian juga untuk pilihan investasi. Pilihan investasi yang beragam selalu tampak menarik, walaupun hasilnya tak selalu seperti harapan. Karenanya, persiapkan baik-baik liburan anak Anda seperti Anda menyiapkan investasi. Pelajari tempat wisata yang akan Anda kunjungi agar Anda bisa mempersiapkan segala kemungkinan. Termasuk risiko dan keamanan, seperti halnya risiko investasi yang bisa merugikan. Semua ini demi kenyamanan dan keamanan keluarga dan pengalaman liburan sekolah yang menyenangkan. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].