Pendidikan Karakter: Tujuan, Manfaat, Serta Cara Membangunnya

0
1989
pendidikan karakter

Pendidikan karakter telah menjadi objek yang diberi perhatian khusus belakangan ini. Karena dinilai penting, hal tersebut bahkan sudah mulai diterapkan sejak anak berusia dini. Tak dapat dimungkiri, karakter seseorang sangat berpengaruh dalam setiap sisi kehidupan, termasuk saat berinvestasi. Yuk, simak bagaimana tujuan, manfaat, serta cara membangun karakter dalam investasi.  

Tujuan Pendidikan Karakter 

Pendidikan karakter bertujuan mengembangkan potensi-potensi yang baik dalam diri setiap individu. Banyak nilai postif sejatinya sudah ada dalam diri setiap individu. Namun, tidak semua nilai tersebut berkembang dengan baik. Hal itu, dipengaruhi banyak faktor termasuk kondisi lingkungan untuk bertumbuh yang kurang mendukung. Karena itu, karakter seseorang harus diasah baik melalui pendidikan formal maupun informal terus agar mencapai potensi maksimal.

Dalam hal investasi, banyak karakter yang harus dimiliki oleh seorang investor agar bisa sukses. Salah satunya adalah disiplin. Ketika berinvestasi, seorang investor wajib disiplin pada strategi dan prinsip yang ia rancang. Meski dalam perjalanannya akan hadir rumor atau hal-hal lain yang membuat goyah, investor yang baik tetap bertahan pada aturan yang mereka dibuat sebelumnya.

Selain disiplin, pendidikan karakter juga mengajarkan bagaimana cara bersikap sabar, realistis, dan rasional dalam mengambil keputusan. Semua hal tersebut sangat berperan penting untuk menjadi investor sukses dan andal. 

Manfaat Pendidikan Karakter Bagi Investor 

Dalam pendidikan karakter diajarkan banyak hal yang bermanfaat bagi kesuksesan seorang investor. Berikut beberapa di antaranya yang perlu Anda ketahui.

  • Bisa Mengendalikan Emosi

Agar sukses dalam berinvestasi, seorang investor harus dapat mengendalikan emosinya meski banyak saran dari pakar serta kondisi pasar yang fluktuatif tidak membuat investor cepat panik dan mengambil langkah keliru. Dalam pelatihan karakter, Anda akan diajarkan untuk tetap tenang dalam menghadapi situasi apa pun.

Misalnya saja dalam dunia investasi saham, mereka yang berkarakter tidak cepat melakukan penjualan ketika portofolionya mengalami kerugian. Keputusan yang diambil akan dipikirkan secara matang an tetap mengacu pada tujuan investasi. Bila sudah memutuskan berinvestasi jangka panjang dan nilai saham yang dimiliki cenderung stabil, maka investor tak perlu khawatir.

  • Lebih Realistis

Anda harus memiliki pandangan realistis saat menginvestasikan dana. Investor yang baik tentu paham bahwa keuntungan berinvestasi tidak bisa diperoleh dalam waktu singkat. Dengan berpikir realistis, Anda tidak akan terburu-buru menjual saham yang baru saja dibeli karena terjadi kenaikan harga.

  • Mau Terus Belajar

Hal berikutnya yang bisa didapatkan setelah mempelajari pendidikan karakter adalah keinginan untuk terus belajar. Berbuat kesalahan dalam investasi adalah hal wajar terutama bila Anda adalah seorang investor baru. Namun, bila Anda tertantang untuk belajar dari kesalahan serta kian memperbaiki diri maka kesuksesan pun bisa diraih. 

Baca juga: Yuk! Mulai Belajar Investasi dengan Menerapkan 5 Hal Ini!

  • Lebih Fokus 

Seseorang yang telah diasah karakternya bisa lebih fokus pada tujuan. Hal ini penting bagi seorang investor yang tentu memiliki tujuan investasi. Ketika memilih investasi untuk hari tua, investor berkarakter tak mudah tergoda menjual sahamnya hanya untuk mendapatkan keuntungan sesaat.

  • Bijak Mengelola Keuntungan

Berhasil mendapat keuntungan besar merupakan bukti bahwa para investor bisa meraih kesuksesan. Namun, jangan sampai kesenangan itu membuat Anda emosional sehingga membuang-buang uang untuk hal yang tidak perlu. Bila sudah memiliki karakter yang baik, Anda akan makin bijak dalam mengelola profit tersebut. Misalnya, dengan menggunakannya untuk melakukan diversifikasi instrumen investasi. 

Cara Membangun Karakter Sebagai Investor

Karakter merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh setiap investor. Bila Anda teruji, kesuksesan pun bukan lagi mimpi. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membangun karakter sebagai seorang investor sukses. 

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengikuti pendidikan karakter. Sekarang ini sudah banyak tersedia lembaga yang menyediakan pelatihan untuk membangun karakter baik secara individu maupun kelompok. Anda tinggal memilih manakah tempat yang menyediakan pelatihan sesuai profil yang dicari. Pilihlah lembaga yang sudah tepercaya dan banyak mendapat respons positif dari penggunanya. 

Selain mengikuti kelas, bekali juga diri Anda dengan pengetahun mengenai pengembangan karakter. Anda bisa mencari detail informasinya di buku maupun artikel-artikel online. Setelah mengikuti pelatihan serta belajar soal pengembangan karakter, jangan lupa untuk terus menerapkannya. Investasi hanya akan bisa berhasil bila Anda disiplin dan tekun.  Selamat mencoba. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 18% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].