Pembukuan Rapi, Praktis, dan Sistematis, Apa Dampaknya Bagi Bisnis?

0
869
Pembukuan Adalah

Dalam lingkup usaha, pembukuan adalah hal yang tak bisa diabaikan. Dikutip dari UU No 28 Thn 2007, pembukuan merupakan proses pencatatan data dan informasi keuangan yang dilakukan secara rutin dan teratur. Transaksi yang dicatat seperti aset, penghasilan, pengeluaran, modal, serta penyerahan jasa maupun barang akan lebih mudah dianalisa dalam pembukuan. 

Tak hanya itu, pembukuan juga banyak dipakai investor maupun mitra bisnis untuk  mengevaluasi kondisi suatu perusahaan. Jika pembukuannya rapi dan teratur, maka bisa disimpulkan bahwa perusahaan tersebut dalam kondisi finansial yang prima dan prospektif untuk menjalin kerja sama di masa depan. 

Lantas, apa sih dampak pembukuan yang rapi, praktis, dan sistematis bagi perkembangan bisnis Anda? Yuk, simak info berikut!

1. Analisis keputusan terbaik

Sebelum mengambil keputusan, tentunya pebisnis perlu mempertimbangkan berbagai faktor. Salah satunya adalah menganalisa pembukuan dan laporan keuangan. 

Maka itu, pembukuan harus selalu up-to-date dan dapat disajikan secara real-time untuk menambah tingkat akurasi keputusan. Terlebih lagi, ketika informasi dari pembukuan dipakai untuk menentukan strategi bisnis yang mendesak dan harus diambil secepatnya. 

Dengan begitu, pembukuan Anda harus dirancang berbasis teknologi modern yang dapat diakses secara real-time, untuk memudahkan evaluasi kapanpun dibutuhkan. 

2. Pengelolaan pajak

Soal manajemen perpajakan, sebagian pebisnis pasti sudah memahami kerumitannya. Maka itu, banyak yang menyerahkan pengelolaan pajak kepada tim finance yang berpengalaman di bidang akuntansi perpajakan. Sayangnya, jika hanya mengandalkan tenaga manual, masih berisiko terjadi kesalahan perhitungan maupun pelaporan pajak. 

Jangan sampai kesalahan pengelolaan pajak ini terjadi. Sebab, selain merugikan perusahaan, hal ini juga berdampak pada sanksi denda dari pemerintah. Pembukuan seharusnya bisa dibuat dengan mudah, rapi, dan otomatis memanfaatkan teknologi. Jadi, dapat meminimalisir adanya kesalahan input manual dan perhitungan pajak lebih akurat. 

Baca juga: Sudah Bayar Pajak? Ketahui dan Pahami Juga Jenis Jenis Pajak!

3. Finansial usaha lebih terkendali

Tujuan utama dari pembukuan adalah mengendalikan keuangan perusahaan. Informasi finansial seperti biaya pengeluaran, perolehan laba atau pemasukan, modal, harta, pajak, dan sebagainya, semua dapat dilihat dalam pembukuan. 

Posisi perusahaan dalam memperoleh laba atau rugi juga bisa dilihat dengan pembukuan. Dengan informasi keuangan yang diperoleh dari pembukuan, perusahaan bisa mengevaluasi serta meningkatkan pelayanan produk atau jasanya agar selalu mendapatkan keuntungan. 

Tak bisa dipungkiri, pembukuan sangat penting perannya dalam bisnis Anda. Di era digital, perusahaan harus mendukung kelancaran pembukuan bisnis dengan aplikasi Moodah.id. Beda dari aplikasi akuntansi lainnya yang memungut biaya berlangganan, aplikasi Moodah.id berkomitmen menjadi solusi pembukuan bisnis Anda dengan biaya Rp 0 rupiah alias GRATIS selamanya!

Anda dapat memaksimalkan pembukuan dan laporan keuangan bisnis dengan aplikasi Moodah.id agar semakin #UntungJadiMudah tanpa batasan. Ayo, kembangkan UMKM dan bisnis Anda sekarang dengan pembukuan yang instan dan otomatis dari aplikasi Moodah.id

Platform Moodah.id dilengkapi fitur dan modul menarik, di antaranya pencatatan transaksi, hingga pembuatan laporan keuangan bulanan/ harian secara instan. Termasuk, manajemen hutang dan piutang secara simpel. Penagihan atau invoice bisa langsung dibagikan via Whatsapp atau email. Terbukti efisien dan efektif membantu UMKM go digital mengembangkan performa bisnis yang lebih melejit. 

Bagaimana, tertarik menggunakan aplikasi Moodah.id untuk pembukuan modern, mudah, dan GRATIS? Harus itu! Jika Anda memiliki pertanyaan atau butuh informasi selengkapnya hubungi melalui WhatsApp: +62 812 8727 7375 atau email : [email protected].