5 Cara Mendapatkan Pembiayaan Usaha yang Tepat

1
134
Pembiayaan Usaha

Ketika memiliki rencana untuk membangun usaha tentu banyak hal yang perlu dipersiapkan salah satunya adalah ide usaha, skala usaha, ketersediaan SDM hingga tentunya yang paling penting adalah modal usaha. Dengan adanya modal usaha tentu akan mempermudah proses memulainya usaha yang kamu bangun. 

Namun, memang modal ini kadang menjadi salah satu aspek sulit dipenuhi bagi mereka yang ingin memulai usaha. Berikut selengkapnya mencari modal pembiayaan usaha yang paling tepat.

Ini 5 Cara Mendapatkan Pembiayaan Usaha 

  • Gunakan Tabungan yang Dimiliki

Cara ini memang cara yang paling sering digunakan mereka yang ingin memulai usaha. Namun, saat memilih tabungan sebagai modal pembiayaan usaha ini pastikan jangan menggunakan seluruh tabungan yang dimiliki. Hal ini agar kamu memiliki plan B apabila ada kegagalan atau lainnya sehingga kamu masih memiliki dana.

Lain halnya, apabila modal dari tabungan tersebut belum mencukupi maka hal yang bisa kamu lakukan yaitu mempersiapkannya terlebih dahulu dimulai dari menyisihkan pendapatan bulananmu. 

Tips tambahan agar konsisten menyimpan modal adalah dengan menyiapkan rekening khusus dimana rekening tersebut hanya digunakan untuk modal usaha bukan untuk kebutuhan lainnya. 

  • Ajak Teman untuk Patungan Bersama

Banyak yang beranggapan bahwa membangun usaha secara bersama akan jauh lebih mudah dan ringan dibandingkan dengan membangun usaha sendiri. Hal tersebut memang sudah banyak dibuktikan baik itu usaha yang kecil ataupun yang memang usaha sudah berkembang pesat sekarang dulunya didirikan tidak sendiri.

Karena itu, apabila dirasa jika membuka usaha sendiri terasa sulit, maka kamu dapat mengajak teman untuk menjalankan usaha bersama sekaligus patungan untuk modal awalnya. Dengan menjalani bersama juga beban modal yang dikeluarkan tentu tidak akan besar dan dapat ditanggung secara bersama.

Tetapi pastikan saat ingin membuka usaha dengan cara ini memperhatikan hal-hal seperti pembagian keuntungan, memastikan visi yang sama, memastikan tugas satu sama lain hingga keterbukaan satu sama lain sehingga ke depannya tetap solid dan tidak ada miss komunikasi satu sama lain dan akhirnya usaha yang dijalani akan lebih optimal.

  • Modal Usaha dari Teman atau Keluarga

Masih berhubungan dengan pembahasan pada poin sebelumnya di atas. Apabila kamu memiliki keinginan untuk berdiri sendiri membangun usaha tentu tidak akan salah juga, namun yang perlu diingat untuk membangun usaha tentunya membutuhkan modal yang tidak sedikit. Karena itu cara ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk mendapatkan pembiayaan usaha.

Tetapi kamu harus memastikan bahwa walaupun kamu mengajukan pinjaman kepada teman atau bahkan keluarga dan biasanya tanpa menggunakan jaminan, kamu tetap harus mempersiapkan pengajuan pinjaman tersebut dengan lebih baik sehingga teman atau keluarga tentu akan lebih mudah saat memberikan uangnya kepadamu.

Baca juga: Sulit Cari Pinjaman Modal Usaha? Ini Caranya!

  • Modal Usaha dari Koperasi

Seperti yang kita tahu bahwa setiap daerah tentunya memiliki koperasi terutama mereka yang tinggal di daerah yang jauh dari perkotaan. Nah, untuk menjadi anggota koperasi tidak memerlukan biaya yang besar dimana biasanya akan dikenakan biaya simpanan wajib maupun sukarela yang relatif terjangkau.

Dari banyaknya peminat dari pengguna koperasi ini menjadikan koperasi di sekitaran lingkungan rumah, instansi hingga komplek berkembang dengan pesat. Karena itu, banyak anggota yang mengajukan pinjaman uang melalui koperasi untuk berbagai macam kebutuhan termasuk modal usaha. 

Untuk mencicil uang pinjaman dari koperasi sendiri relatif lebih ringan, cepat dan prosedur yang mudah. Namun, kemudahan tersebut tetap harus melakukan pengecekan agar risiko yang ada dapat diminimalisir.

  • Modal Usaha dari Fintech (Financial Technology)

Banyaknya Fintech yang beredar dan saling memberikan kemudahan dalam pembiayaan usaha ini membuat pilihan mereka menjadi lebih beragam. Salah satu Fintech yang bisa kamu coba untuk pembiayaan usaha adalah Akseleran.

Di Akseleran kamu dapat mengajukan pinjaman mulai dari Rp75 juta hingga Rp2 Milyar. Akseleran juga menyediakan berbagai macam produk pinjaman mulai dari Pinjaman Bisnis, Distributor Financing, Supply Chain Financing, Online Merchant Financing dan Instant Financing. Semua produk tersebut dapat digunakan sesuai dengan kebutuhanmu.

Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga keamanannya dapat lebih terjamin. 

Yuk, Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan dalam Pengajuan Pembiayaan Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

BLOG100

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.