2 Faktor Penting dalam Pembangunan Indonesia

0
11842
Pembangunan Indonesia

Berbicara mengenai pembangunan Indonesia tentunya tidak akan terlepas dari hubungan dan keadaan dari negara itu sendiri. Dari keadaan tersebut lah kita dapat melihat sejauh mana pembangunan ini dapat berjalan secara semestinya, Indonesia sendiri memang seringkali terganggu dengan banyak persoalan terkait peningkatan kesejahteraan masyarakatnya.

Karenanya pembangunan indonesia terutama dalam bidang ekonomi ini adalah hal yang wajib ditingkatkan dan difokuskan dalam beberapa tahun ke depan. Hal tersebut agar dapat mengatasi berbagai persoalan seperti kemiskinan, pengangguran hingga meningkatkan kesejahteraan secara menyeluruh. 

Untuk melakukan pembangunan ekonomi diperlukan banyak aspek maupun faktor yang dapat dilakukan. Faktor ini kita akan bagi menjadi dua yaitu faktor ekonomi dan faktor nonekonomi.

Faktor Ekonomi dalam Pembangunan Indonesia

Faktor ekonomi dapat mempengaruhi suatu pertumbuhan serta pembangunan ekonomi diantaranya seperti sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya modal hingga keahliannya. 

Sumber daya alam yang dimaksud meliputi tanah dan kekayaan alam seperti kesuburan tanah, keadaan iklim maupun cuaca, hasil hutan, tambang hingga hasil laut semua itu tentu akan memiliki pengaruh besar terhadap pertumbuhan industri sebuah negara. Selain itu, keahlian serta kewirausahaan juga dibutuhkan dalam pengelolaan bahan mentah dari alam, menjadi sesuatu yang memiliki nilai (proses produksi).

Selain sumber daya alam ada juga sumber daya manusia yang menjadi satu penentu keberhasilan dalam pembangunan nasional melalui jumlah serta kualitas penduduk. Dengan memiliki jumlah penduduk yang besar maka akan jadi potensi besar untuk memasarkan berbagai macam hasil produksi, sedangkan kualitas penduduk dapat menentukan seberapa besar produktivitas yang ada.

Sedangkan sumber daya modal juga dibutuhkan oleh manusia untuk mengelola bahan mentah tersebut. Dengan pembentukan modal serta melakukan investasi diperlukan untuk menggali dan mengolah kekayaan yang dimiliki. Sumber daya modal juga dapat berupa barang-barang modal yang sangat penting bagi perkembangan serta kelancaran pembangunan ekonomi karena barang-barang modal ini dapat meningkatkan produktivitas.

Faktor Non Ekonomi dalam Pembangunan Indonesia

Pada faktor ini mencakup beberapa kondisi sosial kultur yang ada di masyarakat seperti halnya keadaan politik, kelembagaan serta sistem yang berkembang dan berlaku. Seperti yang kita ketahui bahwa pembangunan ekonomi ini diperlukan mengingat beberapa hal di bawah ini:

  • Merupakan satu proses perubahan yang terus menerus menuju perbaikan termasuk usaha meningkatkan produk per kapita. 
  • Memperhatikan pemerataan pendapatan termasuk pemerataan pembangunan dan hasilnya. 
  • Memperhatikan pertambahan penduduk.
  • Meningkatkan taraf hidup masyarakat.
  • Pembangunan ekonomi akan selalu berbarengan bersama dengan pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Ini Dampak Perkembangan Teknologi yang Dapat Dirasakan

Indikator dalam Pembangunan Ekonomi

Indikator adalah salah satu sumber informasi yang sistematik serta objektif yang hampir setiap hari beberapa surat kabar akan menuliskan statistic yang baru dikeluarkan oleh pemerintah. Karenanya indikator-indikator pembangunan ekonomi juga perlu diketahui seperti di bawah ini: 

  1. Memantau perilaku perekonomian
  2. Kepentingan analisis ekonomi
  3. Dasar pengambilan keputusan
  4. Dasar perbandingan internasional

Selain itu kamu juga perlu mengetahui tiga indikator pokok dalam pembangunan ekonomi:

  • Indikator Moneter

Indikator ini berkaitan erat dengan uang. Uang yang dimaksudkan yaitu merupakan tingkat income atau pendapatan yang diterima oleh masyarakat.

  • Indikator Non Moneter

Indikator yang satu ini adalah indikator yang diambil dari beberapa hal pokok yang saling berkaitan dengan kehidupan masyarakat.

  • Indikator Campuran

Pada indikator ini terdapat berbagai macam indikator lainnya yang dapat digunakan dalam pembangunan ekonomi suatu negara.yaitu mulai dari pendidikan,  kesehatan, perumahan, angkatan kerja, KB dan fertilitas, ekonomi, kriminalitas, perjalanan wisata hingga akses media massa.

Itulah beberapa hal yang dapat kamu ketahui mengenai pembangunan indonesia serta pertumbuhan ekonomi Indonesia dari berbagai sisi. Kamu juga dapat membantu mengembangkan tanah airmu ini dengan caramu sendiri yaitu dengan memberikan dana kepada para UKM produktif yang ingin mengembangkan usahanya.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]