3 Pengaruh Investasi Sebagai Pembangunan Ekonomi

2
30559
Pembangunan Ekonomi

Investasi adalah salah satu indikator yang cukup vital untuk menjadi salah satu penentu apakah pembangunan ekonomi nasional ke depannya akan terus meningkat atau tidak, sehingga dengan berbagai macam kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dapat membantu para investor maupun calon  investor. 

Karena itu peningkatan investasi ini diyakini dapat memberikan andil yang besar terhadap pembangunan ekonomi suatu negara. Selain itu, investasi juga memiliki peran sebagai salah satu komponen dari pendapatan nasional, Produk Domestik Bruto (PDB) atau Gross Domestic Product (GDP). Investasi ini akan saling terkait terhadap PDB maupun pendapatan nasional, apabila investasi mengalami kenaikan, maka PDB pun akan meningkat, begitu pula sebaliknya.

Pengaruh Investasi Sebagai Pembangunan Ekonomi dalam Suatu Negara

Investasi bukanlah satu-satunya tolak ukur kondisi perekonomian di Indonesia. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya. Dalam hal ini, investasi hanya satu dari sekian alasan bagi mereka yang ingin pembangunan ekonomi di Indonesia lebih merata dan terus berkembang. Jadi, sebenarnya apa pengaruh pasti investasi terhadap perkembangan dan pembangunan ekonomi di Indonesia?

  • Realisasi dalam Penanaman Modal

Mungkin tahun ini memang terbilang tidak cukup baik bagi banyak negara di dunia, perekonomian dalam beberapa bulan belakangan memang cenderung menurun. Namun, sebelum pandemi melanda perekonomian dunia, perekonomian Indonesia terbilang cukup baik. Terlihat dari banyaknya perusahaan yang mempermudah peluang para masyarakat memiliki dana lebih untuk melakukan pengembangan dana. 

Berdasarkan data dari Bank Dunia, Indonesia berada pada peringkat 72 dari 190 negara untuk kategori kemudahan berusaha atau Ease of Doing Business. Hal tersebut membuktikan bahwa keyakinan atas perekonomian Indonesia saat itu di luar dari kondisi perekonomian global. 

Di tahun 2019 selama triwulan II realisasi investasi dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp 95,6 triliun sedangkan Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp 104,9 triliun. Persentase dari PMDN dan PMA tersebut dari 18,6% dan 9,6% periode yang sama di tahun 2018.

Sedangkan kuartal I 2019 realisasinya meningkat sebesar 5,3% dibandingkan dari tahun sebelumnya yaitu Rp 195,1 triliun.

  • Tantangan Menghadapi Masa Depan

Salah satu target dari Indonesia sendiri terkait hal ini adalah berada pada peringkat 40 besar dalam kemudahan berinvestasi. Dari tercapainya target tersebut juga akan berdampak pada pengembangan ekonomi Indonesia. Karenanya diperlukan para lembaga keuangan untuk mempermudah proses investasi di Indonesia agar target yang dicanangkan dapat tercapai.

Namun, untuk memajukan pertumbuhan ekonomi tidak hanya diperlukan investasi tetapi juga dibutuhkan pemerataan dalam menyerap SDM sehingga dapat mengurangi tingkat pengangguran serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tentunya pemerintah sudah melakukan banyak hal seperti melakukan akselerasi perbaikan dan pembangunan investasi yang dapat membantu menghubungkan para UKM produktif kepada sentra ekonomi lainnya.

Selain itu sektor swasta juga merupakan investor yang berpotensi besar untuk mengembangan infrastruktur di negara ini, baik itu yang melalui pasar obligasi maupun sekuritisasi utang. Itulah alasan mengapa pemerintah membuka aset infrastruktur kepada para sektor swasta.

  • Investasi yang Benar dapat Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

Salah satu teori dari Harrod Domar menjelaskan bahwa kegiatan melakukan investasi dianggap menjadi salah satu faktor penting terhadap 2 peran untuk membawa pengaruh terhadap perekonomian. Yang pertama kita sudah membahasnya sedikit di atas yaitu investasi memiliki hubungan yang positif terhadap pendapatan negara. Karenanya, semakin mudah proses investasi, maka akan semakin banyak pula kegiatan investasi dan semakin tinggi juga pendapatan yang bisa dihasilkan suatu negara.

Kedua investasi bisa memperbesar kapasitas produksi ekonomi dengan cara meningkatkan stok modal. Pembentukan modal tersebut bisa dianggap sebagai suatu pengeluaran yang dapat menambah permintaan kebutuhan seluruh masyarakat.

Baca juga: Yuk! Mulai Belajar Investasi dengan Menerapkan 5 Hal Ini

Karenanya kedua hal tersebut membuktikan bahwa adanya investasi ini dapat mempengaruhi permintaan dan juga mempengaruhi penawaran. Tetapi, dalam jangka waktu yang panjang investasi juga bisa mempengaruhi permintaan agregatif tetapi juga dapat mempengaruhi penawaran agregatif melalui perubahan kapasitas produksi.

Nah, itulah beberapa hal mengenai pembangunan ekonomi yang bisa dilakukan dengan banyak cara salah satu cara mudahnya adalah dengan melakukan investasi. Karena itu mulai hari ini kamu dapat memulai investasi awalmu dan pastikan untuk memilih instrumen investasi yang cocok dan sesuai dengan preferensi.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

2 COMMENTS

Comments are closed.