Ini Cara Jawab Paling Tepat Mengenai Pekerjaan yang Disukai dan Tidak Disukai

0
9470
Pekerjaan yang Disukai

Wawancara atau interview adalah tahapan yang sangat menentukan dalam proses rekrutmen. Di antara sekian banyak pertanyaan yang mungkin diajukan oleh HRD, pertanyaan terkait pekerjaan yang disukai dan pekerjaan yang tidak disukai akan muncul. Lalu, bagaimana cara menjawabnya dengan benar?

Ada beberapa alasan kenapa recruiter menanyakan ini kepada calon karyawan barunya. Mereka umumnya ingin mendengar pandangan terkait pekerjaan yang Anda lakukan di perusahaan sebelumnya. Bisa juga ingin menggali informasi terkait alasan kenapa Anda memilih untuk meninggalkan perusahaan tersebut. Untuk mempersiapkan diri menjawab kedua pertanyaan tersebut, simak ulasan berikut ini!

Cara Menjawab Pertanyaan tentang Pekerjaan yang Tidak Disukai

Banyak calon karyawan yang merasa khawatir ketika menjawab pertanyaan ini. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjawabnya yakni:

  • Menjelaskan dengan Logis dan Diplomatis

 Saat menjawab, hindari menggunakan kata tidak. Menurut HubSpot, menggunakan kata ‘agak’ atau ‘kurang’ akan terdengar lebih diplomatis. Misalnya:

“Saya sebenarnya tidak terlalu mempermasalahkan lingkungan kantor. Hanya saja rekan satu tim yang tidak mau berkontribusi aktif memang membuat saya kurang nyaman.”

  • Jangan Menjawab dengan Konteks yang Berlawanan dengan Bidang Pekerjaan yang akan Dilamar

Hindari mengeluarkan jawaban yang bisa membuat recruiter salah memahami maksud Anda. Contohnya saja Anda melamar pekerjaan untuk posisi reporter majalah. Jangan mengatakan kalau Anda sering merasa gugup dan tidak nyaman saat harus berhadapan dengan orang-orang baru karena itu jelas bertentangan dengan apa yang akan Anda kerjakan nantinya.

  • Sampaikan Bagaimana Cara Anda Bekerja Sama dengan Anggota Tim

Saat ini hampir semua pekerjaan pasti melibatkan kerja sama tim. Meskipun Anda mungkin akan menyelesaikan beberapa tugas sendiri, pasti akan ada waktu di mana Anda harus meng-handle pekerjaan dengan rekan yang lain.

Jika Anda ditanya tentang bagaimana pendapat Anda terkait kerja sama tim, Anda bisa menjawab seperti ini:

“Saya tidak terlalu suka berada satu tim dengan orang-orang yang tidak mampu bersikap profesional. Saya merasa lebih nyaman jika bisa menyelesikan tugas bersama tim yang kompak.”

Baca juga: Kamu Tipe Pekerja Keras atau Pekerja Cerdas?

Cara Menjawab Pertanyaan tentang Pekerjaan yang Disukai

Menjawab pertanyaan terkait pekerjaan yang disukai mungkin terdengar lebih mudah. Tapi Anda juga tetap membutuhkan trik agar jawaban yang diberikan bisa memberi Anda nilai plus di mata HRD. Simak tipsnya berikut ini!

  • Sampaikan Bagaimana Suasana Kerja yang Anda Sukai

Ketika recruiter bertanya tentang lingkungan kerja seperti apa yang membuat Anda lebih produktif, jawablah dengan logis. Misalnya:

“Biasanya saya akan lebih produktif jika bekerja di tengah lingkungan kerja yang kondusif. Dalam kondisi seperti ini, saya akan lebih mudah memikirkan beragam ide kreatif untuk pengembangan produk.”

  • Hubungkan dengan Skill yang Anda Punya

Anda dapat menghubungkan pertanyaan terkait pekerjaan apa yang Anda sukai dengan passion atau skill yang dimiliki. Misalnya saja ketika Anda melamar untuk posisi reporter, kamu bisa menyebut bahwa bertemu dengan banyak orang akan membuat pemikiran Anda lebih terbuka dan kemampuan menulis Anda semakin terasah.

  • Tunjukkan Bahwa Anda Memang Tertarik dengan Posisi yang Ditawarkan

Ini menjadi salah satu cara yang penting untuk meyakinkan recruiter bahwa Anda memang merasa tertarik dengan posisi yang dilamar. Misalnya saja Anda melamar untuk posisi marketing. Anda bisa mengatakan bahwa Anda menyukai tantangan dan merasa lebih terpacu jika bekerja dengan target yang jelas.

Untuk memudahkan Anda menjawab pertanyaan tentang pekerjaan yang Anda sukai, cobalah untuk fokus pada hal-hal yang positif, tentang bagaimana Anda mempersiapkan diri untuk posisi ini dan tentang apa yang menurut Anda lebih baik di tempat yang Anda lamar.

Menjawab pertanyaan tentang pekerjaan yang disukai dan tidak disukai memang terdengar mudah. Namun di saat yang sama siapa pun bisa memberikan jawaban yang membuat recruiter menjadi kehilangan ketertarikan. Karena itu, pastikan Anda berlatih terlebih dahulu agar bisa menjawab sesuai dengan harapan recruiter.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]