Pekan Depan, Harga Emas Ditaksir Rp900 Ribuan

0
1202
Ilustrasi Emas Batangan - Sumber Foto www.theweek.com

Mengacu situs www.logammulia.com, perdagangan emas logam Di Butik Emas Logam Mulia Aneka Tambang Tbk (ANTM) melemah Rp2.000 per gram menjadi Rp968.000 per gram pada Kamis (12/11), dibandingkan perdagangan Rabu (11/11) sebesar Rp970.000. Namun pada Senin (9/11) emas logam mulia dibanderol Rp1.006.000 per gram, artinya sepanjang pekan ini harga emas logam mulia sudah anjlok sebesar Rp38.000 per gram.

Ibrahim Assuaibi selaku Direktur TRFX Garuda Berjangka mengatakan, sepanjang pekan ini emas mengalami level terendahnya terutama pada 2 (dua) hari lalu. Penyebabnya adalah Joe Biden selaku Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih sementara menurut electoral votes, mengonfirmasi bahwa vaksin Covid-19 akan mulai didistribusikan secara massal di awal tahun 2021.

“Pernyataan Biden bahwa penelitian vaksin Covid-19 sudah mencapai 90% mengakibatkan harga emas terjun bebas ke level US$1.885 per troy ons,” ujar Ibrahim kepada Akseleran, Kamis (12/11).

Penyebab kedua, lanjut Ibrahim, setelah ada informasi tersebut negara-negara Uni Eropa bergegas melakukan pemesanan secara besar-besaran, artinya jika sudah didistribusikan atau dijual ke seluruh dunia maka dunia akan aman. Dengan membaiknya kesehatan masyarakat dunia, maka investor yang tadinya investasi di safe haven akan melakukan profit taking lalu beralih ke obligasi dan saham.

Tak hanya itu, dalam menangani kasus Covid-19, diprediksi Joe Biden akan bekerjasama dengan Cina terutama Wuhan, artinya kasus Covid-19 di AS akan mengalami penurunan. Jika jadi dilantik pada Januari 2021 nanti, maka kemungkinan Biden akan lakukan lockdown pada negara-negara bagian AS yang kasus Covid-19 nya tinggi.

Baca Juga:
Donald Trump vs Joe Biden, Harga Emas?
Harga Emas Menanti Kepastian Stimulus AS

Ketiga, hingga saat in Trump belum mengakui kemenangan rivalnya. Sehingga tim pemerintahan masa transisi yang dibentuk oleh Joe Biden belum berjalan karena belum ditandatangani oleh tim pemerintahan Trump,

“Sehingga ini membuat masyarakat resah, dan bisa saja Trump tidak akan menyetujuinya,” tambah Ibrahim.

Selain itu, stimulus AS semestinya sudah diumumkan pasca pemilihan presisden, tetapi hingga kini belum juga diumumkan sehingga pelaku pasar apatis. Apakah pemerintah Trump akan menggelontorkan stimulus yang berdampak pada harga emas yang terus mengalami pelemahan?

Prediksi Ibrahim, jika kemungkinan-kemungkinan tersebut di atas terjadi maka ada kemungkinan emas akan menyentuh level terendahnya yakni di harga US$1.830 per troy ons dan emas logam mulia Antam berada di kisaran Rp935.000 per gram (asumsi rupiah Rp14.200 per dolar AS)

“Emas logam mulia Antam akan mengalami pelemahan tapi tidak terlalu dalam sepanjang pekan depan, jikalau menguat palingan hanya berkisar Rp5.000 per gram – Rp10.000 per gram,” prediksi Ibrahim.

Harga emas spot diprediksi Ibrahim akan berada di kisaran harga US$1.870 per troy ons, maka emas logam mulia Antam berkisar Rp953.826 per gram (asumsi Rp14.200 per dolar AS).

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]