Belajar Binary Option atau Opsi Biner untuk Pemula

0
392
Opsi Biner

Bagi Anda yang aktif melakukan trading, istilah binary option atau opsi biner tentu sudah tidak asing di telinga. Dilihat dari asal katanya, binary option adalah langkah trading yang dilakukan dengan memperhatikan 2 kemungkinan atau opsi yakni kenaikan harga atau turunnya harga. Jika dibandingkan dengan trading saham, opsi biner terbilang lebih mudah dilakukan. Itu sebabnya kenapa peminatnya terus bertambah di Indonesia.

Dalam bahasa Indonesia, binary option adalah salah satu jenis instrumen keuangan di mana trader atau investor memprediksi nilai aset yang di-trading-kan beserta pergerakan harganya dalam jangka waktu tertentu yang sudah ditentukan (biasanya berkisar antara 1-5 menit). Karena tidak perlu memperhatikan grafik sepanjang hari, kegiatan trading ini bisa dilakukan siapa pun bahkan yang tidak punya pengalaman sekalipun.

Prinsip dasar dalam binary option memungkinkan trader membeli kontrak dari aset tertentu untuk mendapatkan keuntungan saat kontaknya kedaluwarsa/expired. Jangka waktu trading sampai masa berlaku kontrak berakhir biasanya berkisar antara 60 detik sampai 5 menit. Jika Anda ingin menambah waktu transaksi sampai periode berikutnya, silakan pakai fitur ‘Roll Forward’.

Salah satu alasan kenapa opsi biner banyak diminati adalah karena keuntungan yang sudah diketahui sejak awal. Besarannya bervariasi, antara 70 sampai 90%. Lalu, aset apa saja yang bisa di-trading-kan dengan menggunakan binary option? Semua instrumen investasi yang tersedia di pasar bisa diperdagangkan dengan menggunakan cara ini. 

Langkah-langkah Trading dengan Opsi Biner

Karena cenderung mudah, trader pemula juga bisa melakukan binary option. Simak langkah-langkahnya berikut ini!

  • Pilih Jenis Aset dan Tentukan Brokernya

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah jenis aset apa yang ingin Anda tradingkan. Anda bisa memilih saham, komoditas atau mata uang asing. Pastikan Anda melakukan riset agar tahu aset mana yang bisa mendatangkan keuntungan paling besar. 

Selanjutnya, temukan broker yang menyediakan layanan trading dengan sistem binary option. Pastikan Anda mengenali dengan baik broker tersebut karena saat ini ada banyak broker yang ternyata abal-abal.

  • Pahami Potensi Keuntungan yang Ditawarkan

Bagi para pemula, untuk mendapatkan keuntungan maksimal dari trading Anda, ada baiknya cek dan bandingkan penawaran dari masing-masing broker. Dari perbandingan ini Anda akan mendapatkan gambaran berapa banyak keuntungan yang akan diperoleh.

  • Lakukan Pengujian pada Akun Demo

Beberapa broker menyediakan fitur demo di mana calong pengguna bisa menguji fitur-fitur yang disediakan. Bagi para trader yang baru pertama kali menggunakan binary option, adanya akun demo akan menjadi tempat latihan sebelum terjun ke akun sungguhan.

  • Setor Dana Deposit

Setelah Anda siap untuk terjun dan melakukan trading sungguhan, Anda harus melakukan penyetoran deposit. Tujuannya agar Anda bisa mendapatkan keuntungan dari trading yang dilakukan.

  • Manfaatkan Early Exit

Saat melakukan trading, Anda akan menentukan arah pergerakan modal. Contohnya saja Anda memilih komoditas emas. Ketika turun, silakan pilih opsi ‘Put’ dan ketika naik Anda memilih opsi ‘Call’.

  • Lindungi Aktivitas Trading

Banyak trader berusaha semaksimal mungkin untuk melindungi trade aktif mereka. Caranya adalah dengan mengaktifkan dua akun berbeda di situs broker yang Anda gunakan. Dengan memaksimalkan promosi dan bonus yang ada, Anda dapat mengamankan dua sisi trading sekaligus.

Baca juga: 7 Keuntungan Melakukan Trading sebagai Pengembangan Danamu

Saat Anda menyadari adanya kemungkinan transaksi akan mengalami kerugian, Anda harus menggunakan strategi early exit atau keluar sebelum masa berlaku kontraknya habis. Langkah ini banyak dilakukan para trader yang tidak ingin kehilangan lebih banyak uang karena transaksi yang merugi.

Di Indonesia, opsi biner masih menjadi perdebatan tersendiri. Jika dilihat dari cara kerjanya, binary option tidak seperti investasi kebanyakan yang biasanya memerlukan waktu lama. Dari sisi trading, binary option juga tidak mengenal sistem leverage, margin maupun floating yang bisa dikenal dalam dunia trading dan investasi. Jika tetap ingin mencoba melakukan trading dengan cara ini, pastikan Anda memilih broker berpengalaman yang sudah terpercaya.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]