Pentingnya Memahami Opportunity Cost

0
70
Opportunity Cost Adalah

Dalam kehidupan, kita selalu dihadapkan pada dua atau lebih pilihan. Sejak bangun pagi hari hingga tidur lagi pada malam hari, hidup adalah rangkaian keputusan atas berbagai pilihan tersebut. Namun, kita hanya dapat memilih salah satu di antaranya. Pilihan lain, meski sama-sama baik, tidak bisa diwujudkan.

Kehilangan kesempatan atas pilihan lain tersebut mengakibatkan timbulnya biaya. Dalam ilmu ekonomi, biaya tersebut dikenal dengan istilah Opportunity Cost. Dalam konteks ini, Opportunity Cost adalah biaya yang harus ditanggung saat pengambil keputusan merelakan satu kesempatan untuk mendapatkan kesempatan lain.

Ciri-Ciri Opportunity Cost

Apa saja yang termasuk dalam Opportunity Cost tersebut? Untuk mengenalinya, ada beberapa karakteristik yang perlu Anda pahami. 

Pertama, biaya ini tidak melulu berkaitan dengan uang. Opportunity Cost juga bisa hadir dalam bentuk kebahagiaan, waktu, atau keuntungan yang diperoleh pada masa depan. 

Kedua, ada banyak kemungkinan yang terkait dengan kegunaannya.

Ketiga, pilihan Opportunity Cost ditetapkan bergantung pada maksud serta kondisi individu maupun perusahaan terkait. Dalam hal ini, tiap orang dapat menentukan nilai yang berbeda.

Terakhir, Opportunity Cost biasanya mengacu pada kebutuhan sekunder, bahkan tersier.

Menghitung Opportunity Cost

Nah, bagaimana cara menghitung Opportunity Cost? Ada rumus yang dapat diterapkan untuk menghitung biaya peluang ini secara praktis, yaitu:

Opportunity Cost adalah FO dikurangi CO.

FO (Foregone Option) adalah nilai peluang yang tidak dipilih.

CO (Chosen Option) adalah nilai peluang yang dipilih.

Jadi, cara menghitung Opportunity Cost adalah mencari selisih antara kedua nilai dari pilihan tersebut. 

Simak contoh berikut ini:

Anda memiliki sejumlah dana tunai. Ada dua opsi yang tersedia saat ini, yaitu membeli produk investasi (opsi A) dan membuka usaha sendiri (opsi B). Anggaplah imbal hasil investasi yang bisa didapatkan sekitar 10% per tahun. Sementara karena baru dibangun, bisnis hanya menghasilkan keuntungan 8% per tahun. 

Jadi, dalam hal ini, biaya peluang atau Opportunity Cost adalah (10% – 8%) = 2%. Melalui penghitungan ini, jelas bahwa Anda harus merelakan peluang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Manfaat Mengetahui Opportunity Cost

Sangat penting untuk menghitung Opportunity Cost sebelum mengambil suatu keputusan. Bukan hanya yang berkaitan dengan transaksi dalam bisnis, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja manfaat mengetahui hal ini?

  • Memudahkan menentukan prioritas

Tiap pilihan pasti ada keuntungan dan kerugian yang ditimbulkan. Sebagian orang baru menyadari hal itu saat mulai menjalani pilihan, sebagian orang lain sudah mengetahuinya sejak awal. 

Dengan menghitung Opportunity Cost sejak awal, Anda dapat menentukan prioritas. Pilihlah yang paling penting sekaligus menguntungkan disesuaikan kondisi dan keperluan masing-masing. Perlu diketahui bahwa tidak semua hal bisa dicapai, meski semua terlihat menguntungkan.

Dalam ranah bisnis, hal ini sangat penting. Anda tentu tidak ingin menjalankan suatu keputusan yang sia-sia dan tidak menghasilkan bukan?

Baca juga: Susun Prioritas Finansial Kamu Dengan 4 Cara Ini!

  • Meminimalkan risiko

Keunggulan mengetahui Opportunity Cost adalah membantu Anda memilih keputusan yang lebih minim risiko. Di sini, Anda dapat melakukan perbandingan antara dua atau lebih pilihan yang tersedia. 

  • Membantu perhitungan modal

Manfaat selanjutnya adalah membantu dalam menghitung modal. Hal ini khususnya berguna dalam kegiatan bisnis. Untuk mengembangkan bisnis, tentu diperlukan modal yang tidak sedikit. Nah, melalui perhitungan Opportunity Cost, kisaran modal yang harus dimiliki akan dapat diprediksi.

  • Menghemat pengeluaran usaha

Selain itu, manfaat mengetahui Opportunity Cost adalah dapat menghemat pengeluaran usaha. Artinya, perusahaan tidak perlu mengeluarkan anggaran untuk sesuatu yang tidak perlu. Fokus pada hal pokok akan membantu perusahaan menghemat pengeluaran, meski secara tidak langsung.

Konsep Opportunity Cost Dalam Kehidupan Sehari-hari

Bukan hanya dalam berbisnis, menerapkan konsep Opportunity Cost dalam kehidupan sehari-hari pun sangat penting. Seperti halnya suatu usaha, Anda akan lebih efektif menjalani tiap hari, bahkan mendapatkan keuntungan yang lebih besar, jika mengetahui cara menghitung Opportunity Cost ini. 

Lebih serius lagi, pola pengambilan keputusan seperti itu akan sangat bermanfaat jika diterapkan dalam bisnis. Jadi, Anda dapat meraih kesempatan-kesempatan terbaik dan perusahaan dapat didorong lebih maju. Yuk, terapkan sekarang!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]