Niaga Adalah: Pengertian, Jenis hingga Contoh Suratnya

1
287
Niaga Adalah

Jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, niaga adalah kegiatan jual-beli yang dilakukan untuk memperoleh untung. Dalam pelaksanaannya, aktivitas ekonomi ini juga terkait dengan kegiatan persuratan yang dilakukan untuk keperluan bisnis—yang disebut surat niaga. Nah, untuk tahu lebih dalam soal niaga atau surat niaga, mulai dari jenis hingga contohnya, yuk baca selengkapnya di bawah ini! 

Pengertian Niaga 

Seperti dipaparkan sebelumnya, niaga adalah aktivitas jual-beli yang ditujukan untuk berdagang atau mencari keuntungan. Sementara itu, surat niaga adalah surat yang bersifat formal atau resmi, yang dibuat untuk kebutuhan bisnis. Selain menjadi alat komunikasi, baik itu yang dikirimkan ke pihak internal ataupun ke luar perusahaan, surat niaga biasanya juga dijadikan media promosi. 

Jenis-Jenis Surat Niaga

Setelah mengetahui pengertian niaga, berikut adalah jenis-jenis surat niaga yang umumnya dijumpai pada kegiatan usaha. 

Surat perkenalan

Seperti namanya, jenis surat niaga yang satu ini dibuat dengan tujuan untuk memperkenalkan produk jasa atau barang yang dijual suatu perusahaan kepada pihak lain. Isi surat perkenalan umumnya mencakup informasi seputar keunggulan, harga, dan promo produk.

Surat penawaran

Jenis surat ini biasanya dibuat oleh seller, yang dipakai untuk menawarkan barang atau jasa yang hendak dijual. Dalam praktiknya, suatu perusahaan akan membuat surat penawaran untuk membalas pesan yang membahas soal permintaan penawaran.

Surat permintaan penawaran

Dibuat oleh calon pembeli, surat ini umumnya ditujukan kepada perusahaan yang menjual produk atau jasa yang diminati. Artinya, calon pembeli akan membuat surat yang berisi permintaan kepada perusahaan yang dituju agar dapat menawarkan produk yang dijual. Dalam suratnya, calon pembeli akan menyisipkan permintaan mengenai harga, katalog produk, promo, dan lain sebagainya. 

Surat pesanan

Surat ini juga dibuat oleh calon pembeli. Dalam surat pesanan, calon pembeli akan menuliskan permintaan kepada perusahaan penjual yang berisi tentang layanan atau produk yang hendak mereka beli.

Baca juga:

Surat konfirmasi pesanan

Surat konfirmasi pesanan dibuat oleh penjual dan dialamatkan kepada calon pembeli. Surat ini pun dipakai seller untuk memastikan apa saja barang atau jasa yang ingin dipesan, bagaimana cara pembayarannya, berapa harga total pesanan, dan detail pengirimannya.

Surat Pemberitahuan Pengiriman Barang

Penjual membuat surat pemberitahuan pengiriman barang setelah berhasil mencapai kesepakatan dengan pembeli terkait aturan pemesanan. Dalam surat ini, penjual akan mengabarkan bahwa barang siap untuk dikirim kepada pembeli. Surat ini biasanya juga dapat berisi pemberitahuan terkait asuransi atau kondisi barang.

Contoh Surat Niaga

Adapun contoh surat niaga adalah sebagai berikut.

Contoh surat niaga penawaran barang

PT. Bangun Perkasa

Jl. Perjuangan Timur No. 122 Jakarta Barat

Telp. (0345) 445667 Fax. (0345) 445668

Jakarta, 04 Mei 2022

No. : 31/PNWRN/2022

Hal : Penawaran Barang

Lamp. : 1 Berkas

Kepada Yth.

PT. Anugerah Perkasa

Di Jawa Timur

Dengan hormat,

Melalui surat ini, kami ingin memperkenalkan perusahaan kami PT. Bangun Perkasa, yang beralamat di Jl. Perjuangan Timur No. 122, Jakarta Barat. Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang distributor makanan beku dan telah menjalani kerja sama dengan banyak toko dan perusahaan yang berkecimpung di industri yang sama.

Maka sesuai informasi yang kami peroleh, PT. Anugerah Perkasa adalah perusahaan yang menjual berbagai produk makanan beku yang sedang berkembang pesat dan saat ini membutuhkan pasokan produk frozen food dengan harga bersaing. Untuk itu, kami pun bermaksud untuk memperkenalkan produk yang kami miliki, dengan harapan bisa menjalin kerja sama dengan Anda. Sebagai pertimbangan, bersama ini kami lampirkan detail jenis produk yang kami jual beserta daftar harganya.

Demikian surat perkenalan ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

PT. Bangun Perkasa

Arief Budiman

Marketing Penjualan

Demikian penjelasan soal niaga dan surat niaga. Tentunya, surat niaga adalah bagian penting dalam kegiatan bisnis karena digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari memperkenalkan produk hingga mengonfirmasi pesanan pelanggan. Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui berbagai jenis surat niaga yang biasa dipakai dalam perdagangan. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]