Ngobrol Santai Akseleran Bareng Media

0
624

PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia (Akseleran) mengadakan kegiatan yang dinamai “NGOBRAS-Ngobrol Santai Bareng Media” secara virtual pada Rabu, (15/9/2021). Pertemuan secara daring ini dihadiri oleh Christopher Gultom, Chief Credit Officer & Co-Founder Akseleran, Jurnalis Bisnis Indonesia, Jurnalis dari Kontan, dan Jurnalis Investor Daily, serta Senior Vice President Corporate Communication Akseleran Rimba Laut dan Senior Public Relations Akseleran Raymas Putro.

Dalam pertemuan tersebut Christopher Gultom menyampaikan perkembangan terkini seputar kinerja Akseleran di tahun 2021. Salah satunya terkait angka kredit macet (Non Performing Loan/NPL) Akseleran yang per Agustus 2021 terjaga di bawah 1 persen.  Menurutnya, Akseleran sukses menekan NPL di angka 0,08% dari total penyaluran pinjaman usaha secara kumulatif hingga awal September 2021 atau turun 0,15% dibandingkan realisasi NPL di periode yang sama tahun 2020.

“Kami optimistis dapat mempertahankan angka NPL tetap di bawah 1% di akhir tahun ini sejalan dengan mulai diimplementasikannya fasilitas proteksi asuransi kredit sebesar 99% di setiap kampanye pinjaman per 1 September 2021,” ujarnya.

Lebih lanjut, beliau menjelaskan fokus utama Akseleran adalah selalu berusaha memberikan peace of mind kepada setiap penggunanya baik peminjam (borrower) maupun pemberi pinjaman (lender) yang tersebar di seluruh Indonesia. Dalam hal ini, salah satu hal yang paling dikhawatirkan lender adalah terjadinya risiko gagal bayar atau NPL.

“Mulai September ini Akseleran meningkatkan cakupan proteksi asuransi kredit yang semula sebesar 90 persen dari pokok pinjaman tertunggak menjadi 99 persen dari pokok pinjaman tertunggak,” tuturnya.

Selain itu, Christopher menjelaskan perbaikan kualitas pinjaman tidak mengurangi penyaluran pinjaman usaha termasuk kepada UMKM. Hingga akhir Agustus 2021 Akseleran berhasil mencatat total penyaluran pinjaman usaha sebesar Rp 1,05 triliun atau tumbuh 109% dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.  Dengan portofolio pinjaman invoice financing yang mendominasi hingga 70% dan selebihnya menggunakan produk pra invoice financing.

Lebih jelasnya dia menjelaskan Akseleran memiliki pendekatan yang sedikit berbeda dari platform lain. Hal ini yang membuat Akseleran mengincar pangsa borrower UMKM yang berada di sektor engineering, infrastruktur, pertambangan, minyak dan gas, dan energi. Akseleran banyak menjalin kerja sama supply chain financing dengan anchor corporate, yang kemudian memberikan referensi vendors dan supplier-nya.

“Saat ini Akseleran sudah menggandeng beberapa platform B2B digital commerce, seperti Ralali, Bizzy, dan Bhineka. Selain itu, ada e-commerce Bukalapak, payment gateway macam Midtrans, ke depannya kami akan terus menjalin kerjasama dengan pihak lain untuk peningkatan mitigasi risiko” jelasnya.

Sampai dengan akhir Agustus 2021, rata-rata penyaluran pinjaman usaha Akseleran setiap bulannya sudah mencapai sebesar Rp 170 miliar lebih atau sudah melampaui rata-rata bulanan di tahun lalu yang berada di kisaran Rp 100 miliar hingga Rp 120 miliar. Tren penyaluran terus meningkat setiap bulan dan secara kumulatif Akseleran sudah menyalurkan total pinjaman usaha sebesar Rp 2,9 triliun kepada lebih dari 2.500 peminjam dan didukung oleh sekitar 160 ribu lender perorangan dan lebih dari 17 institutional lender.

Acara ngobrol santai dengan rekan media ini berlangsung selama satu jam dan dipandu oleh Vice President Corporate Communication Akseleran Rimba Laut, kemudian pemaparan singkat dari Christopher Gultom Chief Credit Officer & Co-Founder Akseleran, dan terakhir tanya jawab.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Raymas Putro I Editor: Rimba Laut