Manfaat Networking dan Cara Membangunnya

1
3666
Networking Adalah

Networking adalah sebuah istilah yang kerap kita dengar ketika berbicara mengenai bisnis dan pengembangan karier. Baik dalam berbisnis maupun mengembangkan karier, networking memang memegang peranan penting. Lalu, apa sih sebenarnya networking itu dan bagaimana cara membangunnya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Pengertian Networking

Secara sederhana dapat dikatakan bahwa networking adalah jalinan relasi di suatu lingkungan sosial yang diawali kesamaan-kesamaan pada hal-hal tertentu, misalnya profesi atau hobi. Hubungan yang terjalin berpotensi besar menunjang bisnis atau memuluskan perjalanan karier di masa mendatang.      

Manfaat Networking

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari networking untuk kesuksesan berbisnis dan berkarier.  

Manfaat bagi bisnis

Sebagai seorang pebisnis, networking adalah salah satu modal dasar yang perlu dikelola dengan sungguh-sungguh. Para pakar bisnis menyatakan kebutuhan akan networking kala mengembangkan bisnis bisa melebihi 60 persen. Beberapa manfaat networking bagi bisnis di antaranya: 

  • Membuka peluang bisnis

Berbagai peluang bisnis, bahkan mungkin yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya, akan lebih terbuka ketika kita memiliki relasi yang luas. Menjalin hubungan baik dengan sesama pelaku bisnis memungkinkan kita untuk melakukan kolaborasi.

Networking juga dapat menciptakan terobosan-terobosan bisnis, bekerja sama dalam penyediaan modal usaha, dan lain sebagainya. Semakin luas relasi maka relatif semakin banyak pula peluang-peluang bisnis baru yang dapat dijajaki.

  • Memudahkan memperoleh informasi terkait bisnis

Networking mempermudah pebisnis mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis, seperti tren pasar terkini dan informasi yang berkaitan dengan industri di mana bisnisnya bergerak. Melalui networking, kita bisa banyak belajar dari mereka yang telah lebih dulu terjun ke dunia bisnis dan mendapatkan ilmu-ilmu baru.  

  • Memperbesar kemungkinan bertemu para profesional

Networking adalah jalan yang dapat mempertemukan pebisnis dengan para profesional yang kepakarannya bisa mendukung laju bisnis. Bahkan investor pun bukan tidak mungkin dipertemukan lewat jalur networking.

Manfaat bagi karier

Tidak hanya bagi pebisnis, networking juga memberikan manfaat untuk mereka yang tengah merintis karier. Jaringan relasi yang berkualitas akan membawa dampak positif pada karier.

  • Meningkatkan kesempatan memperoleh pekerjaan baru

Jika merasa kurang puas dengan pekerjaan yang sedang dijalani saat ini, networking bisa membantu kita memperoleh pekerjaan yang lebih sesuai dengan keinginan. 

Performa kerja dan citra positif yang kita bangun dapat mengantarkan ke pekerjaan impian melalui rekomendasi dari relasi yang dimiliki. Kian luas jangkauan networking maka kesempatan kita akan lebih besar lagi.

  • Memperkuat peluang untuk meraih promosi jabatan

Informasi mengenai kepribadian kita bisa dengan mudah tersebar lewat networking. Saat informasi tersebut sampai ke telinga atasan, bila karakter kita memang cocok untuk suatu posisi maka itu akan memperkuat peluang untuk memperoleh promosi.

  • Kemampuan berkomunikasi lebih terasah

Intensitas interaksi yang tinggi membuat networking menjadi media yang tepat untuk mengasah kemampuan berkomunikasi. Skill komunikasi yang mumpuni sangat menunjang dalam mencapai karier gemilang.  

Cara Membangun Networking

Setelah mengetahui manfaatnya untuk bisnis dan karier, saatnya menelisik bagaimana cara membangun networking.

  • Aktif menghadiri berbagai pertemuan

Langkah pertama untuk membangun networking adalah aktif menghadiri pertemuan-pertemuan bisnis atau seminar yang berkaitan dengan profesi kita. Di sana kita akan dapat bertemu dengan mereka yang berkecimpung di bidang yang sama. Usahakan untuk mendapatkan kenalan sebanyak mungkin.

Baca juga: Unsur, Fungsi dan Tujuan dalam Komunikasi Bisnis

  • Siapkan kartu nama

Meski tampak ketinggalan zaman, bertukar kartu dengan seorang kenalan di sebuah pertemuan bisnis bisa membawa dampak yang signifikan. Pastikan informasi terkait bisnis yang dijalankan, identitas pribadi, dan akun media sosial, semuanya tertera pada kartu yang dibagikan ke relasi. 

Dalam berbisnis, selain memudahkan relasi saat hendak menghubungi kita kembali, memiliki kartu nama juga bisa menjadi cara untuk menunjukkan keseriusan menjalankan bisnis.

  • Memaksimalkan konten di akun media sosial

Sekilas telah disinggung di poin sebelumnya untuk menyertakan informasi akun media sosial di kartu nama. Bukan rahasia lagi jika isi dari akun media sosial seringkali turut menjadi bahan pertimbangan ketika akan memilih seseorang untuk suatu posisi pekerjaan atau melihat kredibilitas bisnisnya. 

Mulai sekarang optimalkan konten di akun media sosial, misalnya dengan membagikan konten yang menarik, bermanfaat, dan menginspirasi. Tak jarang relasi-relasi baru justru didapat dari media sosial.

Kesimpulannya, networking adalah kunci keberhasilan bisnis dan karier. Manfaat networking yang telah dipaparkan di atas hanya sebagian kecil, masih tersisa segudang manfaat lain. Jadi, tunggu apa lagi? Segera lakukan langkah-langkahnya dan bangun networking Anda sekarang juga!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

1 COMMENT

Comments are closed.