Cara Menjadi Nasabah Prioritas dan Manfaatnya

0
2868
Nasabah Prioritas

Sekarang ini, hampir semua bank di Indonesia sedang berlomba-lomba menawarkan layanan prioritas bagi calon nasabah berkantong tebal. Tentunya, dengan menjadi nasabah dengan embel-embel “prioritas” ini, Anda akan mendapatkan segudang keuntungan menarik yang tidak akan didapatkan dalam skema nasabah reguler. 

Tertarik untuk jadi nasabah prioritas? Simak cara dan manfaatnya berikut ini! 

Cara dan Syarat Menjadi Nasabah Prioritas

Satu-satunya cara agar masuk dalam layanan prioritas bank adalah seorang calon nasabah harus lolos beberapa syarat. Tiap bank memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda untuk program prioritas ini. Namun, bila dilihat secara umum, seorang nasabah prioritas wajib memenuhi syarat dan ketentuan seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Syarat 1: Memiliki Portofolio Keuangan dengan Nominal Tertentu

Portofolio yang dimaksud adalah berupa produk investasi, bancassurance, dan dana simpanan (baik dalam bentuk giro, tabungan, maupun deposito). Untuk nominalnya, tiap bank mensyaratkan angka berbeda. Namun, rata-rata bank menetapkan nilai minimum sebesar 500 juta hingga 1 triliun rupiah. 

Syarat 2: Mempunyai Sumber dan Aktivitas Dana Sesuai dengan Aspek KYC (Know Your Customer) 

Meski memiliki jumlah dana yang disyaratkan pada poin pertama, bank tidak akan menerima pendaftaran layanan prioritas Anda jika sumber dan aktivitas penggunaan dana tidak sesuai dengan aspek KYC.

Tujuan utama KYC sebenarnya adalah untuk menghindari terjadinya kejahatan pencucian uang (Anti Money Laundry) oleh nasabah sekaligus internal fraud oleh karyawan bank. Itulah mengapa bank akan mengecek profil nasabah secara menyeluruh sekaligus memantau kegiatan transaksi si calon nasabah. 

Untuk mengetahui KYC secara mendalam, Anda bisa membaca beberapa peraturan yang dikeluarkan oleh bank Indonesia, antara lain (1) PBI No.3/23/PBI/2001 tentang Perubahan Atas Peraturan Bank Indonesia No.3/1/PBI/2001 tentang Penerapan Prinsip Mengenal Nasabah, dan (2) PBI No.5/21/PBI/2003 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Bank Indonesia No.3/1/PBI/2001. 

Syarat 3: Bersih dari Daftar Hitam 

Syarat selanjutnya adalah Anda harus bersih dari daftar hitam Bank Indonesia atau bank bersangkutan. Daftar hitam (blacklist) bank ini dimaksudkan kalau nasabah yang bersangkutan telah melakukan tindakan-tindakan yang merugikan pihak bank, seperti kredit macet, penarikan cek kosong, dan sebagainya.

Untuk menghindari daftar hitam, Anda harus memastikan untuk tidak mengambil pinjaman bank lebih dari kemampuan, tidak menerapkan pola hidup konsumtif, dan sebagainya.

Syarat 4: Memiliki Dana Tersimpan dari Hasil Usaha

Kemudian, syarat penting lainnya adalah dana yang tersimpan pada Syarat 1 (tabungan, asuransi, atau investasi) sebelumnya haruslah diperoleh dari hasil usaha bukan dari hasil pinjaman di bank.  

Dengan banyak dan sulitnya syarat yang ditentukan, Anda tentu akan mendapatkan layanan eksklusif dari bank, mulai dari potongan belanja retail hingga layanan khusus perbankan lainnya. Lantas, apa saja keuntungan menjadi nasabah prioritas?

Manfaat Jadi Nasabah Prioritas

Namanya juga prioritas, Anda pasti menerima banyak hal menarik yang tidak bisa didapatkan oleh nasabah kebanyakan. Berikut lima keuntungan bergabung dalam layanan prioritas bank.

  • Layanan Khusus Perbankan

Pernah lihat jalur khusus nasabah ketika berada di bank? Satu dari lima teller biasanya dikhususkan untuk layanan prioritas. Itu artinya Anda tidak perlu repot mengantre karena pihak bank bekerja lebih cepat dan responsif untuk melayani Anda. 

  • Promo Suku Bunga

Manfaat yang paling menguntungkan dari layanan prioritas adalah nasabah mempunyai kesempatan untuk mendapatkan suku bunga lebih rendah. Rate bunga rendah ini berlaku untuk beragam skema pinjaman, seperti Kredit Perumahan Rakyat (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), Kredit Tanpa Agunan (KTA), dan lainnya. 

Baca juga: Sudah Tahu Perbedaan Bunga Floating atau Fixed? Selengkapnya!

  • Personal Banker sebagai Perencana Keuangan (Financial Advisor) 

Sebagai layanan prioritasnya, bank memberikan nasabah kemudahan untuk berkonsultasi masalah keuangan seperti, perencanaan investasi, dana pensiun, dan program asuransi (bancassurance). Jadi, Anda serasa memiliki asisten keuangan pribadi.

  • Kemudahan Perjalanan (Traveling Benefit)

Salah satu layanan prioritas bank untuk nasabahnya adalah memberikan akses masuk executive airport lounge gratis. Ada juga bank yang memberikan layanan penanganan bagasi secara cuma-cuma. Tidak hanya itu, hampir seluruh restoran, hotel, dan pusat perbelanjaan juga memberikan diskon khusus bagi nasabah prioritas.

  • Hadiah Ulang Tahun Spesial

Jika nasabah reguler hanya menerima ucapan selamat ulang tahun melalui pesan singkat, nasabah dengan julukan prioritas akan dikirimi hadiah khusus oleh pihak bank setiap tahunnya. Hal ini untuk menunjukkan betapa pentingnya peran Anda sebagai nasabah pada bank tersebut. 

Kesimpulan

Secara umum, layanan prioritas bank memang sangat menggiurkan. Itulah mengapa banyak orang yang tertarik untuk bergabung sebagai nasabah prioritas. Jika ingin jadi salah satunya, Anda sebaiknya mencari informasi detail pada bank tujuan. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]