Kelebihan dan Kekurangan Nabung Emas

1
11257
Nabung Emas

Pernahkah kamu bertanya-tanya kenapa semua orang ingin nabung emas? Banyak orang menilai emas sebagai instrumen investasi mudah. Tak heran jika instrumen tersebut jadi favorit sepanjang masa, sekalipun hadir jenis investasi lain seperti reksa dana, saham, atau properti. 

Prinsip investasi klasik itu pun sederhana: beli ketika harga turun, jual kembali saat harga sedang naik. Plus, simpan emas lebih dari 2 tahun akan membantu kamu memperoleh imbal hasil menguntungkan di kemudian hari. Keuntungan itu menjadikan emas populer sebagai salah satu pilihan utama investasi jangka panjang. 

Namun, berinvestasi emas butuh dana lumayan banyak, terlebih jika kamu hendak membeli emas batangan. Harga emas batangan per 1 gram bisa berkisar antara Rp700.000 hingga Rp900.000, tergantung pada situasi perekonomian terkini. 

Kebanyakan orang membeli logam mulia dengan menabung lebih dulu beberapa waktu, baru membeli emas batangan setelah dana mencukupi. Memang terkesan kurang efisien. Apalagi, dana tabungan mungkin terpakai sewaktu-waktu untuk kebutuhan darurat. Lalu, apakah ada solusi bagi pemilik dana terbatas untuk memiliki investasi emas?

Tentu saja ada, yaitu membuka tabungan emas di Pegadaian atau bank. Sesuai namanya, kamu bisa membeli emas secara mencicil dengan nominal tertentu. Bahkan, di Pegadaian kamu dapat menabung emas mulai puluhan ribu saja lho. Jadi, kamu tidak perlu tunggu tabungan menggemuk untuk mulai berinvestasi emas. 

Keuntungan Buka Tabungan Emas

Saat ini layanan tabungan emas tengah naik daun. Banyak orang berbondong-bondong berniat nabung emas dengan tujuan berinvestasi. Coba simak beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan berikut.

  • Mudah buka tabungan

Membuka tabungan emas itu mudah dan cepat. Kamu bisa datang langsung ke Pegadaian terdekat dan menyiapkan dokumen sesuai persyaratan. Cukup bawa identitas diri dan isi formulir pendaftaran. Oya, Pegadaian juga menyediakan pembukaan tabungan emas secara online melalui aplikasinya. 

  • Harga bersahabat

Keberadaan produk ini memungkinkan kamu berinvestasi emas sekalipun dalam jumlah kecil. Modal yang kamu keluarkan tidak banyak. Kamu boleh membeli emas mulai dari berat 0,01 gram, berarti kisaran Rp7.000 hingga Rp9.000 saja. Tidak perlu menunggu sampai dana terkumpul jutaan untuk bisa membeli emas batangan kan?

  • Emas murni bersertifikasi

Banyak cerita orang tergiur emas murah, ternyata emas itu berupa emas sepuhan alias tidak murni. Hal inilah yang bisa kamu hindari jika memanfaatkan tabungan emas. Ketika kamu mencetaknya dalam bentuk batangan, kamu akan memperoleh emas murni berupa logam mulia yang mengantongi sertifikasi resmi. Kamu bisa memilih satu di antara dua jenis, yaitu produksi Antam atau UBS dengan berat mulai 1 gram hingga 100 gram.

  • Penyimpanan dijamin aman

Tidak punya brankas besi sendiri di rumah? Tenang saja, kamu bisa memastikan emas milikmu aman tersimpan jika membuka tabungan emas. Pegadaian akan menyimpan logam mulia milikmu hingga tiba waktunya kamu mencairkan emas itu dalam bentuk emas batangan.

Baca juga: Ini Untung dan Rugi Melakukan Investasi Emas!

Kerugian Menabung Emas

Setiap investasi pasti ada risiko kerugian mengiringi. Tak terkecuali nabung emas, seperti dijelaskan di bawah ini.

  • Pencairan berlaku pada minimal saldo tertentu

Hendak mencairkan tabungan emasmu? Perhatikan ketentuan minimal saldo pencairan yang wajib dipenuhi. Kamu tidak bisa mencairkan tabunganmu jika nilainya belum setara dengan harga 1 gram emas saat itu. Terlebih, jumlah emas 1 gram tidak banyak. Bisa jadi saldo tabunganmu harus setara dengan minimal 5 gram emas supaya bisa dicairkan. 

  • Bisa muncul selisih perbedaan kurs beli dan jual

Apakah nilai tabungan emas akan sama persis seperti kurs beli dan kurs jual yang ada saat ini? Tidak selalu, mengingat ada selisih harga jual dan harga beli atau sering disebut spread. Kamu tidak bisa memperoleh keuntungan selisih kedua harga tersebut dalam waktu singkat. Maka, kalau kamu berencana investasi jangka pendek, tabungan emas bukan pilihan tepat. 

  • Berlaku biaya administrasi dan penitipan

Pastikan kamu membaca saksama ketentuan berlaku sebelum menabung emas. Ada biaya administrasi dan fasilitas titipan yang akan dikenakan bagi pemilik tabungan terkait penyimpanan emas. Jika kamu hendak memperpanjang fasilitas titipan, biaya administrasi akan langsung diambil alias dipotong dari saldo tabunganmu.

Itulah keuntungan dan kerugian nabung emas di lembaga pembiayaan keuangan seperti Pegadaian. Pastikan lagi tujuan investasimu sebelum membuka tabungan emas, mengingat instrumen ini lebih cocok untuk investasi jangka panjang. 

Jika kamu berniat melakukan pengembangan dana, coba opsi instrumen lainnya, seperti peer to peer (P2P) lending. Berbekal besaran modal terjangkau, kamu juga bisa mengembangkan dana untuk memperoleh imbal hasil menarik. Tertarik mencobanya?

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.