Cara Meningkatkan Motivasi Belajar dalam Kehidupan Sehari-hari

0
187
Motivasi Belajar

Seumur hidup, manusia dituntut untuk terus belajar jika tak ingin ketinggalan zaman. Teknologi yang terus berkembang membuat manusia juga harus menyesuaikan pola hidupnya. Keengganan belajar dapat menyusahkan diri sendiri, termasuk di antaranya mengurangi peluang mendapatkan penghasilan.

Karena pentingnya manfaat belajar bagi kehidupan manusia, aktivitas ini harus terus dilakukan. Tantangan utamanya biasanya adalah kemalasan. Lalu, bagaimana cara untuk meningkatkan motivasi belajar tersebut? Berikut ulasannya. 

  • Tentukan tujuan belajar secara spesifik

Benar sekali! Menentukan tujuan akan mendongkrak motivasi belajar secara lebih optimal. Artinya, ada hal yang harus dicapai di depan. Makin spesifik tujuannya, makin mudah menentukan langkah-langkah yang harus ditempuh. Sebaliknya, jika tujuan kurang jelas, Anda pun melakukannya secara tak terarah.

Salah satu contoh tujuan adalah ingin menghasilkan uang setelah belajar. Lebih spesifik lagi misalnya menghasilkan uang dari hobi fotografi. Dengan demikian, Anda akan terpacu mempelajari trik-trik sekaligus peluang menghasilkan dari bidang ini.

  • Sediakan waktu khusus untuk belajar

Kesibukan rutinitas sehari-hari kerap membuat seseorang lupa hingga enggan untuk belajar. Akibatnya, waktu berlalu begitu saja. Padahal, dengan menambah pengetahuan dan keahlian, hidup menjadi lebih berwarna dan menyenangkan. Bukan tidak mungkin, keahlian baru tersebut bisa menjadi peluang yang menghasilkan uang.

Karena itu, sangat perlu menyediakan waktu khusus untuk belajar. Tidak perlu lama, asal dilakukan secara rutin pun sudah cukup. Adanya waktu kosong pasti akan memotivasi untuk belajar lebih serius dan optimal. Berbeda halnya jika Anda dikejar-kejar tugas atau rutinitas tertentu.

  • Bergabung dalam komunitas yang suka belajar

Untuk meningkatkan motivasi belajar, Anda harus mencari teman yang memiliki semangat yang sama. Dengan demikian, semangat belajar akan menular. Dalam komunitas, antaranggota lazim saling mendorong untuk makin rajin belajar dan mendapatkan keahlian baru.

Ada banyak komunitas yang bisa ditemui saat ini, baik secara offline maupun online. Biasanya, ada tema-tema khusus yang diusung sesuai visi komunitas tersebut. Nah, Anda bisa memilih bergabung di komunitas yang sesuai minat maupun tujuan yang ingin diraih.

  • Belajar dari orang yang tepat

Kepada siapa kita belajar akan sangat menentukan motivasi belajar akan hal-hal baru. Memang tidak semua orang dapat mengajar dengan baik dan menyenangkan. Sebagian orang memiliki pengetahuan dan keahlian mumpuni, hanya saja tidak mampu mentransfer hal tersebut kepada orang lain dengan mulus.

Karena itu, jika Anda merasa bosan atau malas untuk belajar, bisa jadi karena belum menemukan mentor yang sesuai dengan gaya Anda. Pilihlah orang-orang yang tepat sehingga membuat semangat belajar makin besar. Kriteria pengajar yang baik adalah fokus tetapi tetap santai serta mampu memberikan insight kepada Anda.

Baca juga: Ini Penjelasan Seputar Cara Kerja P2P Lending

  • Hargai setiap pencapaian

Untuk menambah motivasi belajar, cara yang efektif adalah selalu menghargai hal-hal yang telah dicapai. Ada orang yang terus belajar tanpa melakukan itu. Akibatnya, selalu timbul rasa tidak puas meski telah mempelajari berbagai hal penting. Karena tidak ada penghargaan, rasa jenuh bisa jadi muncul dan belajar pun lama-kelamaan terasa membosankan.

Cara untuk menghargai pencapaian tidak sulit, kok. Pertama, tentukan milestone khusus berdasarkan hal-hal yang telah dicapai. Tiap titik tersebut, pastikan ada reward untuk diri sendiri. Tidak perlu berlebihan, yang sederhana pun sebenarnya dapat mendongkrak semangat. Setidaknya, ada kesadaran akan kemajuan diri sendiri.

  • Jangan menetapkan target berlebihan

Wajar jika ingin segera menguasai topik atau keahlian baru dalam waktu yang cepat. Apalagi menikmati hasilnya sesegera mungkin merupakan idaman setiap orang. Namun, belajar tentu butuh proses dan upaya. Jadi, jangan terburu-buru karena justru dapat menciptakan rasa malas dan jenuh.

Sebaliknya, mulailah dengan menetapkan target yang masuk akal. Sesuaikan dengan kemampuan dan waktu yang tersedia. Lebih baik mencapai sedikit target dalam jangka waktu tertentu. Hal ini akan membuat motivasi untuk belajar tetap terjaga.

Nah, inilah sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah motivasi belajar secara mudah. Intinya, tetap nikmati tiap proses yang dilewati sehingga menimbulkan rasa senang. Hasilnya pun akan lebih baik daripada belajar secara terpaksa. Anda pun dapat mengaplikasikan tips ini saat belajar untuk mulai berinvestasi. Tetap semangat!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]