Cara Mendapatkan Modal Usaha dari Modal Ventura!

0
898
Modal Ventura

Modal ventura adalah istilah yang dekat dengan bisnis startup. Pada praktiknya, investor (venture capital) akan memberikan modal uang tunai kepada perusahaan terpilih. Sebagai imbal balik, perusahaan tersebut akan memberikan sejumlah saham kepada pemberi modal ventura. Nah, jika ingin mengembangkan bisnis startup Anda, berikut adalah beberapa hal yang perlu dipahami soal cara mendapatkan modal usaha dari venture capital

Apa Itu Modal Ventura?

Sebelum membahas lebih jauh soal cara mendapatkan modal ventura, mari gali terlebih dahulu definisi dari jenis dana usaha tersebut. Pada dasarnya, modal ventura adalah sebuah produk pembiayaan bisnis dalam jangka waktu tertentu yang diberikan investor kepada perusahaan. Umumnya, jenis modal usaha ini ditujukan kepada perusahaan rintisan. 

Di sisi lain, risiko dari jenis investasi ini juga terbilang tinggi bagi para investor. Akan tetapi, jika investasi tersebut berhasil, modal ventura bisa memberikan imbal hasil yang sangat tinggi bagi para pemberi dana usaha. 

Cara Mendapatkan Modal Usaha dari Venture Capital Company

Untuk mendapatkan perhatian dari perusahaan pemberi modal ventura, lakukan beberapa hal berikut ini. 

  • Perkenalkan Bisnis Anda Melalui Pameran UMKM 

Salah satu cara mendapatkan modal usaha dari venture capital adalah dengan memperkenalkan bisnis startup melalui pameran UMKM. Hal ini karena ada banyak investor yang hadir di pameran tersebut sehingga itu tentunya akan menjadi kesempatan berharga yang tidak boleh dilewatkan oleh para pebisnis.

Tidak jarang, pameran UMKM itu sendiri diselenggarakan langsung oleh para pemberi modal ventura. Tujuan dari acara tersebut tentunya adalah untuk menjaring lebih banyak startup unggul yang dapat diberi suntikan modal. Dalam kesempatan tersebut, pihak perusahan rintisan biasanya juga diberikan sesi khusus yang dapat dipakai untuk mempresentasikan usaha mereka secara langsung di hadapan para pemberi modal. 

  • Ajukan Rencana Bisnis yang Matang untuk Mendapatkan Investasi

Cara mendapatkan modal usaha lainnya yang bisa Anda terapkan untuk memperoleh bantuan dana ventura adalah dengan mengajukan rencana bisnis. Tahapan ini sangat krusial bagi perusahaan yang ingin bisa mendapatkan suntikan modal ventura. Hal ini karena rencana bisnis adalah fundamental dalam rancangan strategi bisnis. Selain itu, fungsi dari rencana bisnis adalah membantu menaikkan nilai bisnis dan juga sebagai modal untuk mencari bantuan dana usaha. Oleh karenanya, ketika menyusun rencana bisnis, Anda harus membuatnya semenarik mungkin agar bisa menarik perhatian investor.

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat merancang sebuah rencana bisnis. Pertama, tentukan profil bisnis yang jelas dan detail. Kemudian, sertakan pula hasil analisis pasar dan marketing yang dapat dipakai untuk meningkatkan kinerja bisnis Anda. Tidak ketinggalan, tambahkan penjabaran soal peluang bisnis dari usaha yang sedang Anda rintis tersebut. Apa keunggulan bisnis Anda dibandingkan kompetitor, atau apa target bisnis yang ingin diraih? 

Rencana bisnis yang baik juga bisa memenuhi tiga syarat berikut ini.

  • Menampilkan berbagai data penunjang yang akurat dan detail.
  • Isinya singkat, padat, dan jelas.
  • Menggunakan bahasa yang mudah dipahami. 
  • Masuk ke tahap due diligence

Tahap selanjutnya yang perlu Anda lalui saat mencari modal ventura adalah due diligence atau lebih dikenal dengan uji tuntas di Indonesia. Dalam praktiknya, calon investor akan melakukan audit riwayat keuangan pada perusahaan startup yang hendak diberikan modal usaha. Di tahap ini, investor juga akan menguji proposal bisnis yang Anda ajukan.

Itulah mengapa, due diligence kerap disebut sebagai tahapan yang paling menantang dan berat dalam proses pencarian modal usaha. Mulai dari permintaan evaluasi bisnis hingga wawancara, perusahaan rintisan harus benar-benar siap mental ketika menghadapi berbagai pengujian yang dilakukan oleh calon investor. 

Baca juga: Apa yang Disiapkan dalam Menghadapi Due Diligence?

  • Tanda tangan perjanjian dan kerja sama 

Jika berhasil melewati tahap uji kelayakan dengan baik, perusahan rintisan Anda sudah dipastikan akan menerima suntikan dana usaha. Untuk itu, pada tahapan ini, Anda akan menerima keputusan resmi soal pemberian modal usaha ventura dari investor. Pada proses berikutnya, pemilik bisnis dan investor akan menyelesaikan segala urusan administrasi terkait penyaluran bantuan modal. Dana usaha pun akan segera dikirim ke rekening perusahaan dan dapat segera dipakai untuk mengembangkan bisnis secara luas.  

Demikian tahapan dan cara mendapatkan modal usaha dari ventura capital. Namun untuk keamanan bisnis Anda, sebaiknya hanya pilih VC yang sudah mendapatkan izin beroperasi di Indonesia dan resmi terdaftar di OJK. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]