Metaverse: Mengenal Dunia Virtual yang Menjanjikan sebagai Peluang Investasi

0
335
Metaverse

Era digital kini bukan hanya mengenai internet dan jaringannya saja. Melainkan adanya metaverse. Sebuah ‘dunia’ yang memungkinkan para penggunanya untuk hidup secara virtual, namun tetap dapat menjalankan hidup seperti di dunia nyata. Adanya hal ini seperti jawaban bagi apa yang tidak mungkin di dunia ini.

Mengapa? Karena konsep dari metaverse adalah serba virtual, jadi Anda tidak perlu keluar rumah untuk tetap bisa beraktivitas seperti bekerja dan meeting. Layaknya pertemuan online yang lumrah terutama saat pandemi, namun memiliki konsep dan fundamental yang lebih mendalam untuk dunia virtual. 

Yuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu metaverse! Apa benar Anda dapat berinvestasi pada dunia virtual ini?

Memahami Lebih Jauh tentang Apa itu Metaverse

Dilansir dari Tech Target, metaverse artinya sebuah visi di mana banyak orang meyakini bahwa akan ada tempat yang lebih terdepan dari internet. Tempat di mana orang biasa atau masyarakat awam dapat berinteraksi secara virtual dengan bantuan avatar 3D. 

Avatar 3D ini berfungsi sebagai gambaran dari diri kita di dunia metaverse. Sehingga, seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda dapat tetap hidup di dunia nyata dan berkelana di dunia virtual tanpa harus ke luar rumah. 

Sebenarnya sudah banyak film-film sci-fi yang menggambarkan bagaimana dunia virtual ini dapat mempermudah kehidupan banyak manusia. Canggihnya teknologi membuat apa yang terlihat tidak mungkin menjadi mungkin. Apalagi dengan semakin berkembangnya pengetahuan manusia dalam menciptakan beragam hal baru. 

Jika Anda masih belum mendapatkan gambaran apa itu metaverse, sekarang Anda dapat membayangkan hal ini. Anda memiliki avatar seperti di sebuah game online, di dalam game tersebut, avatar Anda dapat berkeliling seperti bekerja, pergi ke cafe, meeting, bahkan berbelanja. 

Seperti itu dunia metaverse nanti. Anda tetap dapat berkeliling dengan avatar Anda seperti bekerja, meeting, bahkan membeli pakaian untuk avatar Anda. Saat ini pun Anda dapat membeli tanah virtual yang nanti dapat Anda jadikan tempat tinggal. Mengingat ada beberapa koin yang bergerak di bidang tanah virtual saat ini.

Benar seperti bermain game bukan? Bahwa Anda dapat berbelanja pakaian agar avatar Anda dapat berganti-ganti pakaian untuk bekerja atau keluar rumah nanti. Anda juga dapat membeli rumah untuk tempat tinggal di dunia virtual. Serta, Anda dapat membeli karya seni berupa NFT yang memiliki nilai investasi juga. 

Selain NFT atau karya seni, tanah virtual serta beberapa koin yang Anda beli pada metaverse juga memiliki potensi investasi tersendiri. Sehingga, tidak ada salahnya jika Anda mulai melirik dunia metaverse untuk berinvestasi. Namun tetap jangan gegabah saat baru mulai. Pelajarilah dengan seksama sebelum membeli.

Potensi Investasi dalam Metaverse

Seperti yang sudah Anda tahu sebelumnya bahwa ada potensi investasi dalam metaverse yang patut dipelajari lebih dalam. Apalagi investasi metaverse adalah fenomena baru yang belum semua orang tahu bahkan menerima informasinya. Tetapi, Anda tetap bisa mulai dari sekarang. 

Sehingga, saat orang-orang baru akan mempelajari, Anda sudah selangkah lebih maju mengenai hal virtual yang tidak main-main ini. Ya, tidak main-main karena potensi untuk menjadi besar melalui metaverse memang menjanjikan dan diyakini oleh banyak pihak terutama para pegiat teknologi dan internet.

Investasi di metaverse bukan seperti investasi yang dapat Anda rasakan langsung, meskipun ada beberapa yang siap untuk Anda petik hasilnya. Sebelumnya, Anda harus tahu apa saja investasi yang patut dipahami dalam metaverse. Lalu bagaimana investasi yang sehat di sana? Lanjut baca yuk!

Dalam dunia metaverse, ada banyak sekali koin kripto yang memiliki berbagai fundamental. Koin kripto ini yang dapat Anda jadikan media investasi masa depan. Fungsi koin kripto atau Anda bisa menyebutnya kripto saja, dapat Anda simpan untuk dijual nantinya seperti Bitcoin atau sebagai media beli sesuatu di dunia virtual.

Contohnya seperti membeli tanah, pakaian, NFT, dan masih banyak lagi. Itulah mengapa Anda wajib memahami masing-masing koin pada dunia metaverse. Karena jika koin yang Anda beli dan jadikan investasi adalah koin dengan fundamental yang tidak kuat dan tidak penting, tidak ada keuntungan yang dapat Anda raih. 

Sehingga pada dunia metaverse, wajib hukumnya untuk menghindari perasaan FOMO (Fear Of Missing Out) saat berinvestasi. Karena hal tersebut hanya akan menjatuhkan Anda ke dalam kerugian mendalam. 

Baca juga: Mengenal Apa Itu Fear of Missing Out (FOMO) dalam Dunia Finansial

Keuntungan dari Investasi Metaverse

Jika Anda sudah yakin untuk berinvestasi di metaverse, lantas keuntungan seperti apa yang Anda dapatkan? Tentu Anda masih bertanya-tanya bukan? Apakah keuntungan seperti layaknya investasi saham atau keuntungan seperti berjualan? 

Keuntungan yang ada pada investasi metaverse yaitu keuntungan layaknya membeli saham. Ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk berinvestasi saat Anda mempelajarinya nanti. Namun, namanya berinvestasi tentu tetap akan ada risiko yang patut Anda waspadai.

Karena sejatinya, tidak ada investasi yang sepenuhnya berhasil 100% atau mutlak tanpa ada risiko kerugian sedikitpun. Berbisnis saja ada celah untuk rugi, apalagi investasi di fenomena baru ini. Jadi, kehati-hatian sangat diperlukan dalam berinvestasi. 

Jika berbicara mengenai keuntungan, keuntungan yang Anda dapatkan bisa Anda rasakan langsung jika koin kripto atau NFT yang Anda beli mengalami kenaikan harga. Di sana, Anda dapat langsung menjual kripto atau NFT tersebut dengan cepat dan keuntungan pun langsung Anda dapat. 

Namun, untuk investasi jangka panjang, Anda tidak bisa langsung merasakannya karena layaknya investasi saham. Keuntungan dapat Anda lihat saat kripto tersebut mengalami kenaikan harga dan bertahan di chart yang terus merangkak naik. Di situ Anda dapat menghitung keuntungan meskipun belum Anda rasakan langsung.

Risiko dari Investasi Metaverse

Sementara resiko dari berinvestasi di metaverse adalah jika koin yang Anda beli mengalami penurunan harga secara signifikan atau lebih parahnya mengalami rug pull. Rug pull yakni menghilangnya koin tersebut dari crypto exchange. Faktornya karena founder dari kripto tersebut memang sengaja menipu masyarakat.

Sehingga banyak masyarakat yang sudah berinvestasi namun tidak dapat menjual koin tersebut. Pada exchange besar, hal ini sangat jarang terjadi karena koin yang tersedia di sana merupakan koin pilihan. Sementara di exchange kecil, risiko tersebut masih bisa terjadi karena berbagai koin bebas dijual di sana.

Jadi, sudah paham ya mengenai potensi keuntungan dan risiko di metaverse. Kunci utamanya adalah tidak FOMO dan mau terus mempelajari apa saja yang terjadi di metaverse.

Kesimpulan

Sebagai orang yang baru mempelajari dunia metaverse, sangat penting untuk tahu hal-hal dasar terutama fundamental. Metaverse merupakan hal baru yang sangat menjanjikan dalam era digital. Sehingga tidak sedikit pula yang memanfaatkan hal ini untuk menggaet para pegiat kripto terutama mereka yang FOMO.

Jadi, penting bagi Anda untuk terus riset, membaca berbagai berita dari banyak sumber sebelum berinvestasi di metaverse. Karena dengan banyak informasi valid yang Anda dapatkan, Anda dapat meminimalisir risiko yang ada  

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].