5 Menu Buka Puasa Hemat dan Mengenyangkan

0
1203
Menu Buka Puasa

1Saat menjalankan ibadah di bulan Ramadan, momen buka puasa termasuk paling dinantikan. Usai seharian menahan lapar dan haus, kamu pasti tak sabar menyantap menu buka puasa yang terhidang di meja. Kalau perlu, semua makanan ada, semua minuman ada.

Tunggu dulu! Salah satu amalan Ramadan yang perlu kamu jalani adalah tidak berlebihan saat sahur maupun berbuka. Lebih baik makan minum secukupnya daripada kekenyangan. Bisa kok merancang menu buka puasa hemat, tetapi tetap lezat dan mengundang selera. Cukup pakai bahan-bahan sederhana, masakan enak bakal tersaji di rumah. 

Menu Buka Puasa Enak dan Murah

Ada lima bahan utama murah meriah, yaitu telur, mie, tahu, tempe, dan beras. Dari bahan tersebut, kamu bisa menciptakan beragam masakan yang mudah dimasak sebagai teman berbuka puasa. 

  • Pizza Mie

Bosan penyajian mie itu-itu saja? Coba buat pizza mie deh. Rebus mie telur atau mie instan sampai lunak, tiriskan. Dalam wadah campur dengan telur, beri bumbu mie instan atau garam, lada bubuk, dan kaldu bubuk. 

Setelah diaduk rata, goreng di atas teflon yang telah diberi margarin sampai kedua sisi matang. Kamu bisa menambahkan topping sesuai selera, seperti olesan saus tomat, keju, atau sosis. Untuk seporsi pizza mie buatan rumah, kamu bisa berhemat sampai Rp20.000 lho!

  • Nasi Goreng

Nasi goreng memang lezat disantap kapan saja, termasuk saat buka puasa. Kamu bebas mengkreasikan nasi goreng dengan aneka isian sesuai persediaan bahan makanan di rumah. Resep sederhana ini boleh dicoba.

Panaskan minyak, tumis cincangan kasar bawang putih sampai harum. Masukkan telur, buat orak-arik. Tuang kecap asin secukupnya, tambahkan sosis dan nasi putih sisa sahur, serta kecap manis. Bumbui sesuai selera, aduk hingga merata dan matang. Dengan begini, kamu bisa menyimpan uang Rp18.000 untuk satu porsi.

  • Tahu Cabai Garam

Menu satu ini sering tampil dalam bentuk rice bowl di kafe-kafe. Goreng tahu yang telah dipotong kotak kecil dan dilumuri tepung bumbu instan. Sembari menunggu tahu matang, siapkan cacahan bawang putih, cabai, dan irisan daun jeruk. Lalu, angkat tahu dan sisihkan. 

Panaskan margarin, tumis bawang putih dan cabai sampai harum serta sedikit kering. Bumbui sesuai selera dengan garam, lada bubuk, dan kaldu, ratakan. Masukkan tahu, ratakan hingga semua tahu terlumuri bumbu. Sajikan bersama semangkuk nasi hangat dan telur ceplok. Bikin sendiri bisa mengurangi pengeluaran jajan di kafe sampai Rp25.000-an!

  • Tempe Goreng Tepung

Buka puasa kurang mantap kalau belum ada gorengan. Tempe goreng tepung salah satu gorengan yang mudah dibuat. Daripada beli, masak sendiri di rumah tentu lebih sehat. Cukup siapkan adonan tepung terigu dan tepung beras yang telah dibumbui garam, merica, ketumbar, dan kaldu bubuk. 

Boleh juga beri irisan daun bawang dan air secukupnya. Masukkan tempe, aduk rata. Goreng tempe sampai kecokelatan, enak disantap bersama sambal kecap lho. Modal Rp15.000 saja kamu bisa dapat sepiring penuh tempe lezat.  

Baca juga: 7 Peluang Usaha yang Paling Menjanjikan di 2020

  • Burger Tempe

Ingin makan burger murah meriah? Burger tempe jawabannya! Siapkan dulu roti burger atau roti tawar biasa, serta sayuran segar seperti selada, tomat, dan bawang bombay. Kukus tempe hingga lunak, hancurkan selagi panas. 

Bumbui adonan tempe sesuai selera, tambahkan telur dan sedikit tepung roti, uleni sampai bisa dibentuk bulat pipih. Siapkan adonan tepung terigu basah dan tepung roti. Celup patty burger ke adonan basah, lalu ke tepung roti sampai rata. Goreng hingga berwarna coklat keemasan. 

Untuk penyajian, susun dengan sayuran di antara dua lembar roti. Beri lembaran keju, saus sambal, dan mayonaise. Burger tempe lezat dan sehat siap disantap. Asal tahu saja, di kafe hidangan vegetarian, burger enak ini dibanderol harga sampai Rp35.000 seporsi. 

Hemat Pengeluaran, Bisa untuk Pengembangan Dana

Ternyata banyak menu buka puasa enak dan murah yang bisa kamu masak sendiri di rumah. Cara ini bakal menghemat pengeluaran kamu selama bulan Ramadan. Sisa dana pos belanja harian pun bisa kamu alihkan untuk keperluan lain.

Sesudah menunaikan kewajiban zakat pada bulan Ramadan, kamu bisa lho mulai ngembangin dengan dana itu. Coba lakukan pengembangan dana melalui peer to peer (P2P) lending. Kamu bisa mengawalinya dengan modal Rp100 ribu saja. Menarik kan?

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 10,5% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]