Mentor Adalah dan Bagaimana Perannya dalam Meningkatkan Kesuksesan Karier

0
4850
Mentor Adalah

Sebagian besar orang yang sukses pasti pernah mendapatkan arahan dari seorang mentor atau guru. Peran dari mentor sendiri bisa sebagai pelatih atau penyemangat sehingga seseorang bisa termotivasi untuk pindah dari zona nyaman dan mencapai keberhasilan. Mentor adalah seseorang yang mempunyai sifat bijaksana yang berupa gabungan dari ilmu dan pengalaman yang dipunyai. 

Apa Itu Mentor?

Sekarang ini, seorang guru atau mentor tak selalu harus berasal dari tingkat profesor atau seseorang dengan pendidikan yang tinggi. Sebaliknya, mentor adalah seseorang yang memiliki pengalaman hidup dan secara profesional ingin membantu orang lain dalam mengembangkan potensi, tujuan hidup, dan keterampilan tertentu. Tak hanya itu, mentor juga diartikan sebagai seseorang yang menekuni suatu bidang tertentu dalam waktu lama dan terbukti sukses dari bermacam aktivitas di bidang itu. 

Ada pula yang mengartikan mentor sebagai seseorang yang berperan sebagai pelatih maupun penasihat untuk orang lain yang hanya memiliki pengalaman terbatas. Meski demikian, agar dapat menjadi seorang mentor, Anda harus memahami bahwa mentor adalah seorang yang tulus dan dapat diandalkan. Selain itu, seorang mentor juga perlu melaksanakan pendampingan yang termasuk pencapaian secara kontinyu dan bersifat stabil. 

Sering kali, seseorang mencari mentor guna mendapatkan arahan sekaligus pengalaman yang berkaitan dengan usaha atau bisnis mereka. Tujuannya tentu untuk mencapai keberhasilan, kesuksesan, sekaligus peningkatan kualitas dan nilai diri sehingga dapat menjadi seorang pribadi yang lebih baik. Suatu perusahaan umumnya akan melakukan pelatihan manajemen untuk semua karyawan baru dengan tujuan untuk mendapatkan karyawan yang cakap dan kompeten di bidangnya. Sedangkan para, karyawan akan membutuhkan mentor guna memberikan perubahan dalam jenjang karier dan keterampilan baru. 

Peran Mentor dalam Berkarier

Mencapai kesuksesan memang tidak pernah menjadi hal mudah dan pasti memerlukan waktu untuk meraihnya. Akan tetapi, Anda dapat mengambil langkah yang tepat untuk mewujudkan sukses lebih cepat. Tentu dengan bantuan seseorang yang memang ahli dan berpengalaman di bidangnya. Mentor sendiri punya banyak peran penting untuk menunjang karier Anda, di antaranya:

Langsung Belajar dari Pengalaman

Mentor adalah seseorang yang dengan sukarela membagi pengalaman hidupnya dalam mencapai sukses. Mentor akan mendampingi Anda dalam menghadapi suatu permasalahan sekaligus memberikan wawasan yang dimilikinya untuk menunjang karier Anda. Tidak perlu cemas kalau hal tersebut akan memberatkan, sebab mentor yang profesional seharusnya berbagi pengalaman dengan terbuka dan sangat senang membantu Anda mencapai sukses. 

Sebagai Penasihat dan Pengingat

Peran lain dengan adanya mentor adalah Anda memiliki penasihat sekaligus pengingat setiap kali hendak menentukan strategi atau mengambil keputusan. Misalnya, ketika Anda hendak menerima tawaran pekerjaan atau proyek baru, seorang mentor akan ikut mempertimbangkan baik dan buruk serta memberikan pilihan pada Anda. Selain itu, keberadaan seorang mentor juga membantu Anda menghadapi setiap masalah bisnis yang sedang Anda alami. Sudah pasti, seorang mentor harus mampu menjadi pendengar yang baik. 

Memperluas Relasi dan Koneksi

Memiliki mentor bisa memberikan Anda kesempatan besar untuk memperluas relasi dan koneksi dalam bisnis. Sebab, seorang mentor dengan banyak pengalaman tentu akan memiliki relasi bisnis yang luas. Anda dapat memanfaatkan hal tersebut untuk meningkatkan karier, dan melebarkan sayap bisnis dengan menjalin kerja sama.

Membentuk Keterampilan dan Potensi Diri

Seorang mentor akan mengetahui dengan baik apa saja potensi dan kemampuan diri yang dapat Anda kembangkan untuk menunjang karier. Selanjutnya, Anda dapat menentukan sendiri arah maupun tujuan karier di masa mendatang. Pastinya, Anda jadi memiliki keterampilan dan potensi yang menjadi pembeda dengan orang lain. 

Membantu Memotivasi Diri

Selain memberikan pendampingan dan membantu Anda menemukan keterampilan serta potensi diri, seorang mentor juga berperan untuk memberikan motivasi diri pada Anda. Biasanya, ini kerap terjadi saat Anda sedang tidak bersemangat dalam menggeluti usaha atau terlalu lama menanti tawaran kerja baru yang tak kunjung datang. 

Demikian tadi definisi dari mentor dan apa saja perannya dalam membantu meningkatkan karier Anda di masa depan. Pastikan Anda mencari seorang mentor yang memang ahli dan berpengalaman sehingga hasil mentoring yang Anda dapatkan juga lebih maksimal. Semoga bermanfaat. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].