Tips Meningkatkan Kesehatan Finansial

0
254
Tips Meningkatkan Kesehatan Finansial

Meningkatkan kesehatan finansial adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebih baik. Meskipun terdengar mudah, tetapi seringkali kita tidak menyadari adanya kebiasaan buruk yang dapat mempengaruhi kesehatan finansial kita. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantumu meningkatkan kesehatan finansial.

Buat Anggaran Keuangan

Membuat anggaran keuangan dapat membantumu mengetahui pengeluaranmu selama sebulan. Dengan begitu, kamu dapat memperkirakan pengeluaranmu di bulan berikutnya dan meminimalisir pengeluaran yang tidak perlu.

Hindari Utang Konsumtif

Utang, terlebih yang bersifat konsumtif dapat mempengaruhi kesehatan finansialmu. Oleh karena itu, sebaiknya hindari utang yang bersifat konsumtif. Jika harus mengambil utang, pastikan kamu mampu mengembalikannya tepat waktu.

Jangan Terobsesi dengan Status Sosial

Terkadang, kita terlalu terobsesi dengan status sosial dan ingin terlihat sukses dengan barang-barang mahal. Namun, hal tersebut hanya akan membebani finansialmu. Sebaiknya fokus pada hal-hal yang benar-benar penting untuk mencapai tujuan keuanganmu.

Hindari Impulsive Buying

Seringkali kita tergoda untuk membeli barang yang tidak perlu karena terpengaruh oleh iklan atau diskon. Sebaiknya hindari perilaku tersebut dan berbelanja hanya jika benar-benar dibutuhkan.

Gunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Kartu kredit dapat membantumu memperoleh diskon atau reward. Namun, penggunaan kartu kredit yang berlebihan dapat menyebabkan terjebak dalam utang kredit. Gunakan kartu kredit dengan bijak dan pastikan dapat membayarnya tepat waktu.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut