Menghadapi Perbedaan Pendapat di Lingkungan Kerja

0
157
Menghadapi Perbedaan Pendapat di Lingkungan Kerja

Perbedaan pendapat di tempat kerja sangat lumrah terjadi dan pasti akan terjadi dari waktu ke waktu. Ketika hal ini terjadi, bukan berarti sebuah tim tidak dapat bekerja sama dengan baik. Dinamika dalam kelompok tidak bisa dipandang sebelah mata. Justru jika dilewati dengan baik, gesekan positif ini dapat menguntungkan karena memungkinkan kita melihat berbagai hal dari berbagai sudut dan memungkinkan inovasi. Berikut ini adalah kiat-kiat menghadapi perbedaan pendapat yang sering terjadi di lingkungan kerja.

1. Kerjakan dulu

Setiap orang cenderung lebih menyukai idenya masing-masing dan berpegang teguh pada idenya. Sebelum kamu menyampaikan ketidaksetujuanmu kepada rekan kerja, jangan langsung membantah. Cobalah untuk mengeksekusinya terlebih dahulu setelah itu jika diperlukan kamu bisa menyampaikan pandanganmu.

2. Berikan pendapat yang konstruktif

Dukung argumen yang kamu keluarkan dengan informasi yang relevan, dan jika memungkinkan berikan juga solusinya. Dengan begitu, rekan kerjamu cenderung akan lebih mempertimbangkan sudut pandangmu.

3. Jangan jadikan hal personal

Saat mengkomunikasikan ketidaksetujuanmu, hindari menggunakan nada menuduh. Cobalah untuk fokus pada fakta daripada membuat komentar pribadi sehingga gesekan yang terjadi adalah persoalan profesional dan bukan persoalan pribadi.

4. Sampaikan dengan kerendahan hati

Saat mengekspresikan perspektifmu, hindari pernyataan mutlak dan akui bahwa itu hanya sudut pandangmu. Pertahankan dialog terbuka dengan rekan kerja dan tunjukkan bahwa kamu menghargai perspektif mereka sekalipun kamu tidak setuju dengan pendapat mereka.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba