Menggunakan QRIS untuk Bertransaksi di Luar Negeri

0
497
Menggunakan QRIS untuk Bertransaksi di Luar Negeri

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi sebelum bepergian ke luar negeri adalah money changer. Sebab uang Rupiah yang kita bawa tidak dapat digunakan di luar negeri sebelum ditukar ke mata uang negara yang dituju. Namun saat ini kita tak perlu lagi menukar uang karena transaksi di luar negeri bisa dilakukan melalui QRIS Negara pertama yang menerima transaksi dengan QRIS ini adalah Thailand.

Sejak akhir tahun 2021, Bank Indonesia bersikeras merancang penggunaan QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard) sebagai alat transaksi di negara ASEAN dengan Thailand sebagai negara pertama per tanggal 29 Agustus 2022. Dengan kerja sama ini baik warga negara Indonesia ataupun Thailand bisa belanja dengan QR Code milik masing-masing negara. Pembayaran pun menggunakan mata uang lokal negara masing-masing sehingga lebih efisien tanpa perlu menukarkan mata uang terlebih dahulu.

Layanan ini akan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia dan Thailand yang melakukan transaksi lintas batas. Pariwisata akan menjadi sektor utama yang akan sangat diuntungkan dari layanan ini karena banyaknya arus wisatawan antara kedua negara. Selain itu, kerja sama ini juga diharapkan bisa meningkatkan efisiensi kerja sama antar negara dan mereduksi biaya pertukaran mata uang.

Hal ini diharapkan bisa diterapkan juga ke negara lain dan menjadi langkah awal dalam digitalisasi pembayaran ASEAN. Sejak Mei 2022, kelima Gubernur Bank Sentral, Bank Indonesia, Bank Sentral Malaysia, Bank Sentral Filipina, Bank of Thailand, dan Monetary Authority of Singapore (MAS), telah berkomitmen untuk menyambungkan sistem pembayaran, salah satunya lewat Cross-Border QR Payment Linkage. Untuk saat ini, baru Thailand yang sudah resmi bisa digunakan, untuk negara lainnya diprediksi awal tahun 2023 sudah mulai bisa diterapkan.

Dengan kerja sama ini, tentunya potensi transaksi dari QRIS bisa lebih besar dan misi Bank Indonesia selangkah lebih dekat untuk melakukan digitalisasi pembayaran.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut