Mengenal Presidensi Indonesia di G20

0
184
Mengenal Presidensi Indonesia di G20

G20 atau Group of Twenty adalah forum lintas negara yang beranggotakan 19 negara dan Uni Eropa, di mana Indonesia merupakan salah satu anggotanya, dan satu-satunya negara dari Asia Tenggara. Forum ini pertama kali dibentuk pada tahun 1999 untuk mengatasi krisis finansial Asia pada tahun 1997.

Pada November 2021, Italia menyerahkan presidensinya dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 kepada Indonesia. Sejak pertama kali terbentuk, ini adalah kali pertama Indonesia menjadi tuan rumah untuk KTT ini. Apa saja keuntungan dan tantangan Indonesia sebagai pemegang presidensi G20 tahun 2022?

Menjadi salah satu anggota dalam forum 20 besar negara dengan ekonomi terbesar di dunia tentu bukanlah hal yang mudah. Hal ini merupakan sebuah kehormatan bagi Indonesia, dan juga kesempatan untuk bisa membuktikan kepemimpinan Indonesia dalam membawa kesepakatan-kesepakatan yang dapat membantu seluruh negara untuk pulih dari keadaan sulit selama pandemi melanda dua tahun ke belakang.

Indonesia mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger” yang menekankan pada pemulihan ekonomi yang kokoh dan inklusif. Tema ini membawa semangat pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan untuk dapat keluar dari pandemi. Adapun tiga fokus utama untuk dibahas secara menyeluruh selama forum G20 berlangsung, yaitu:

1. Penguatan infrastruktur kesehatan global: pengelolaan kesehatan masyarakat yang sistemik, stabil, dan berkelanjutan.

2. Transformasi ekonomi digital: mendorong inklusi keuangan digital, terutama pada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM)

3. Transisi energi: pengembangan teknologi rendah emisi dan energi baru terbarukan.

Menjadi tuan rumah KTT G20 di tahun 2022 tentu akan menjadi momen bersejarah bagi negeri tercinta. Melalui kesempatan ini, Indonesia dapat mendorong agenda penerapan kebijakan dalam negeri dengan adanya atensi tinggi dari dunia internasional. Selain itu, Indonesia dapat mengangkat daya tarik sebagai tujuan pariwisata sekaligus investasi.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 12% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut