Mengenal NFT, Kripto Karya Seni yang Bisa Laku Miliaran

1
1469

Pernahkah Kamu membayangkan jika meme yang iseng Anda buat bisa terjual hingga jutaan rupiah? Hal ini tentu masih menjadi pertanyaan banyak orang, namun lewat NFT Anda bisa melakukan hal itu.

Seorang bocah 12 tahun asal Inggris bernama Benyamin Ahmed misalnya, berkat memenya yang dipasarkan Ia sukses menjual koleksi meme berjudul Weird Whales (Paus Aneh) lewat NFT. CNBC melaporkan bahwa pendapatannya dari dagang meme Paus Aneh itu bisa mencapai Rp 5,7 miliar pada akhir Agustus 2021.

Kisah si Ahmed yang menghebohkan jagat maya ini tentunya bukan satu-satunya kisah unik tentang NFT. Bahkan ada yang rela membeli miliaran rupiah untuk membeli tweet pertama CEO Twitter, Jack Dorsey yang dikirimkan pada tahun 2006 silam, dikutip dari CNBC.

Pengertian NFT

NFT alias non-fungible token adalah token yang tak dapat dipertukarkan. NFT adalah token digital yang dikaitkan ke sistem blockchain. Yup, jika kamu dengar blockchain pasti bakal teringat dengan cryptocurrency.

Prinsip kerja NFT memang tidak jauh berbeda dengan mata uang kripto. Bedanya, NFT tidak bisa dipertukarkan tetapi bisa diperjualbelikan.

Dalam memperjualbelikan sebuah barang, NFT akan berperan sebagai sertifikasi kepemilikan barang tersebut. Untuk saat ini, barang yang ramai diperjualbelikan dengan NFT adalah karya seni.

Apa saja yang bisa ditransaksikan dengan NFT?

Banyak barang yang bisa diperjualbelikan dengan NFT. Meski memang saat ini karya seni adalah produk yang paling banyak diperdagangkan dengan NFT.

Setiap transaksi blockchain akan dicatat secara permanen. Dengan begitu, NFT akan memberikan cara untuk menilai objek secara online oleh sang pemilik. Misalnya, seorang seniman mengaitkan NFT pada karyanya. Dia bisa memasang harga atas setiap NFT yang diperdagangkan.

Cara jual-beli NFT

Bagaimana NFT bisa dijual dan digunakan NFT dapat diaplikasikan ke dalam data apapun selama memiliki keunikan dan memerlukan kepemilikan secara khusus.

Seniman bisa mengunggah karya seni mereka secara daring dan membuat NFTnya di situs-situs penjualan atau marketplace seperti contohnya OpenSea dan Binance.

Setelah menjual hasil karyanya sebagai NFT, seniman masih bisa mengklaim hasil karyanya sebagai hak cipta serta dapat menjual karyanya sebagai bagian dari royalti.

Pemilik NFT tinggal mengatur persentase royalti yang diharapkan di “smart contract”. Beberapa platform, seperti Metagrail dan Decentraland sudah memanfaatkan fitur ini sehingga pembagiannya sangat akurat dan up to date.

Nilai pendapatan dari royalti tentu akan lebih rendah, namun sistem ini menarik karena bersifat jangka panjang dan berkelanjutan.

Hasil karya digital dalam bentuk NFT dapat dijadikan jaminan untuk mengajukan pinjaman/kredit pada jasa keuangan yang menyediakan pinjaman/kredit, selama karya tersebut sudah dipasarkan di marketplace

Pada dasarnya semua orang bisa membuat NFT-nya sendiri. Asal punya dompet kripto, memiliki ETH, dan terkoneksi dengan pasar NFT maka kamu bisa menautkan konten digital dengan NFT.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Raymas Putro | Editor: Rimba Laut

1 COMMENT

Comments are closed.