Mengenal Frugal Living, Efisiensi Dalam Pengelolaan Finansial

0
638
Mengenal Frugal Living, Efisiensi Dalam Pengelolaan Finansial

Terkadang, kita sering kali menjalani gaya hidup mengikuti tren yang sedang berlaku. Hal ini tentu saja bisa berdampak bagi sisi finansial. Pernahkah kamu mendengar tentang gaya hidup frugal living? Frugal living atau gaya hidup hemat dapat diartikan sebagai konsep dimana seseorang sepenuhnya menyadari betul bagaimana keputusan dalam mengelola keuangan dan lebih memilih prioritas ketimbang gaya hidup.

Banyak yang mengira orang yang menerapkan frugal living berarti pelit. Padahal, kedua hal ini adalah sesuatu yang berbeda. Bahkan beberapa tokoh terkenal di dunia dengan harta yang melimpah pun menerapkan gaya hidup ini. Sebut saja Warren Buffett, Mark Zuckerberg, Lady Gaga, Keanu Reeves hingga Leonardo DiCaprio, mereka adalah pesohor dunia yang tidak perlu dipertanyakan lagi kekayaannya. Meski begitu mereka tetap menerapkan gaya hidup hemat ini.

Hal yang dapat kamu lakukan jika kamu ingin memulai gaya hidup ini adalah menjadikan menabung sebagai hal yang utama. Dengan kata lain, dari jadikan sebagian besar dari pendapatan sebagai tabungan. Selanjutnya, kamu juga harus lebih cermat dalam memilih dan memilah barang yang dibeli karena nilai yang dimiliki barang atau jasa yang akan dibeli menjadi pertimbangan yang berarti. Selain itu, rajin melakukan pencatatan keuangan agar cashflow selalu terkendali dan dalam kondisi yang stabil. Ingat, kendalikan diri agar tidak mudah terbawa untuk mengikuti tren yang terjadi di masyarakat. Jika kamu bisa melangkah keluar dari siklus konsumerisme dan mengatakan tidak untuk hal-hal berbau impulsif, maka kamu akan lebih mudah menjalani gaya hidup hemat.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut