Mengenal Eustress dan Distress: Jenis Stres yang Harus Diketahui

0
444
Eustress dan Distress

Apakah kamu sering merasa sedang stres? Stres yang biasanya kita hadapi mungkin perasaan stres yang cenderung membuat kita malas untuk melakukan sesuatu, ingin menyerah dan merasa tidak mampu menghadapi situasi tertentu.  Mendengar kata stres kerap dikaitkan dengan hal yang negatif, padahal tidak semua stres merupakan hal yang negatif karena ada pula stres yang bersifat positif. Apakah kamu tahu kalau ternyata ada jenis stres yang justru membuat kita menjadi produktif?

Eustress

Eustress adalah jenis stres yang dikatakan positif. Ketika seorang mengalami eustress biasanya akan lebih produktif dan banyak melakukan hal positif. Sumber stres jenis ini dianggap akan memotivasi seseorang untuk mencapai target dan menaklukan tantangan yang ada. Akhirnya banyak orang yang menilai bahwa eustress merupakan stres yang menyenangkan.

Distress

Berbeda dengan eustress yang akan membuat seseorang menjadi lebih produktif, distress merupakan stres yang bersifat negatif. Seseorang akan merasa kesulitan terhadap suatu hal, yang akhirnya berdampak pada kesehatan mentalnya. Jika seseorang mengalami distress, ia cenderung akan cepat menyerah dan putus asa dan berusaha menghindari tantangan yang ada.

Lalu, bagaimana cara mengubah distress menjadi eustress agar membawa keuntungan yang positif untuk pribadi kita? Untuk mengubah distress menjadi stres yang positif, kita harus melihat suatu permasalahan dengan jernih dari berbagai sisi dan mencoba mengelola masalah melalui cara pandang yang berbeda. Menyadari sisi positif dari suatu masalah akan dapat mengubah hal-hal yang sebelumnya merupakan rintangan menyakitkan menjadi tantangan yang membangun.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 12% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut