Cara Cerdas Mengelola Keuangan Selama Bulan Ramadan

0
332
Cara Cerdas Mengelola Keuangan Selama Bulan Ramadan

Bulan Ramadan bagi umat muslim adalah bulan yang penuh keberkahan. Selain sebagai bulan ibadah, Ramadan juga dianggap sebagai bulan pelatihan diri untuk menjadi lebih baik dalam segala aspek kehidupan, termasuk dalam hal keuangan. Sebagian besar orang akan mengeluarkan lebih banyak uang selama Ramadan, terutama dalam membeli makanan untuk sahur dan berbuka puasa hingga menyiapkan budget lebih untuk berbuka puasa bersama. Oleh karenanya penting untuk memiliki rencana keuangan yang baik agar tidak mengalami kesulitan keuangan selama dan setelah Ramadan.

1. Buatlah Rencana Anggaran Bulanan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat rencana anggaran bulanan untuk memperkirakan berapa banyak uang yang akan dibutuhkan selama Ramadan. Hitunglah biaya untuk membeli bahan makanan untuk sahur dan berbuka puasa, serta biaya untuk membeli baju baru dan hiasan rumah untuk persiapan Hari Raya. Dengan memiliki rencana anggaran bulanan yang baik, kamu dapat memperkirakan berapa banyak uang yang perlu kamu sisihkan setiap minggu atau setiap bulan, sehingga kamu dapat menghemat uang dan menghindari utang.

2. Belanja dengan Bijak

Ketika berbelanja untuk membeli bahan makanan selama Ramadan, pastikan untuk membeli dalam jumlah yang tepat dan hanya membeli bahan makanan yang benar-benar diperlukan. Jangan tergoda untuk membeli makanan yang tidak perlu. Selain itu, cobalah untuk membeli bahan makanan dalam jumlah besar agar bisa lebih hemat dan gunakan diskon atau promo yang tersedia.

3. Bersedekah dan Berzakat

Ramadan juga merupakan waktu yang tepat untuk bersedekah dan berzakat. Jangan ragu untuk memberikan donasi atau memberi makanan kepada orang yang membutuhkan. Dalam melakukan bersedekah, pastikan untuk memberikan sesuai dengan kemampuan dan tidak terlalu berlebihan. Berzakat pun sebaiknya dihitung dengan cermat agar tidak merugikan diri sendiri dan orang yang menerima zakat.

4. Batasi Aktivitas Buka Puasa di Luar

Berbuka puasa bersama dengan kerabat tentu menjadi hal yang ditunggu-tunggu selama bulan Ramadan. Biasanya buka bersama ini dilakukan di luar dan akan membutuhkan jumlah dana yang cukup besar. Jika tidak dikontrol dengan baik, aktivitas seperti ini juga bisa membuat pengeluaran membengkak. Cobalah untuk lebih selektif dalam memilih acara berbuka puasa di luar. Selain itu, pilih tempat berbuka yang sesuai dengan budget untuk menekan pengeluaran.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut