Menerapkan Konsep “Wabi Sabi” dalam Pekerjaan

1
167
Menerapkan Konsep

Di Jepang terkenal istilah wabi sabi, yaitu filosofi yang kerap digambarkan sebagai cara menemukan keindahan dalam ketidaksempurnaan. Wabi sabi merupakan pandangan yang berpusat pada penerimaan terhadap kefanaan dan ketidaksempurnaan. Lalu, bagaimana cara menerapkan wabi sabi?

Wabi sabi merupakan filosofi hidup orang Jepang dengan cara menerima ketidaksempurnaan dan memanfaatkan hidup sebaik-baiknya. Wabi sabi mendorong kamu untuk lebih berfokus pada keindahan yang dimiliki dibanding berharap kepada hal yang tidak kamu terima.

Selain itu, wabi sabi sangat cocok diterapkan pada masyarakat modern saat ini yang terus menerus mengejar kesempurnaan. Dapat dilihat bahwa manusia mengejar berbagai aspek yang pada akhirnya menyebabkan depresi, cemas, dan stres. Filosofi Jepang ini bisa juga digunakan untuk mengurangi gaya hidup yang sangat konsumtif dan selalu mengikuti tren yang tidak ada habisnya.

Keaslian adalah bagian penting yang diangkat wabi sabi. Walaupun ada sebuah ketidaksempurnaan, namun hal itu adalah sebuah lambang waktu telah berlalu. Jika diterapkan pada diri sendiri, wabi sabi membantu kamu menerima kekurangan dan mensyukuri apa yang dipunya saat ini. Membawa wabi sabi dalam kehidupan hanya dibutuhkan pikiran tenang yang bisa menghargai keindahan dalam ketidaksempurnaan dan kesediaan menerima segala sesuatu sebagaimana adanya. Dengan nilai-nilai Wabi Sabi kita juga bisa menerapkan beberapa hal pada pekerjaan:

1. Berhenti stres karena hal-hal terkecil

Hidup di era modern menuntut kamu untuk menjadi sempurna agar bisa bersaing dan bertahan dalam setiap harinya. Tanpa kamu sadari, tuntutan inilah yang membuatmu tak bisa menoleransi kekurangan dan ketidaksempurnaan yang berujung pada perasaan gelisah, cemas, dan tidak puas. Berhentilah untuk memikirkan hal-hal kecil yang bisa memicu stres. Dengan begitu, kamu akan lebih Bahagia menjalani hidup.

2. Jangan takut gagal

Jangan takut menghadapi kegagalan ketika sedang menghadapi situasi tertentu. Kekurangan yang kamu miliki membuat kamu menjadi manusia seutuhnya.

3. Tidak semuanya harus sempurna

Terkadang kamu akan menemukan hal-hal hebat di balik pekerjaanmu yang tidak sempurna. Dalam konsep wabi sabi, kamu akan diajak berhenti mencari kesempurnaan. Sebab, untuk menjadi bahagia tak harus menjadi sempurna.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut

1 COMMENT

Comments are closed.