Ingin Lanjut Kuliah MBA? Perhatikan Dulu Hal Berikut!

0
8611
MBA Adalah

Melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 saat ini jadi opsi menarik untuk generasi muda tanah air. Apalagi, keputusan kuliah S2 tersebut dapat menunjang karier di masa depan. Anda pun punya banyak pertimbangan pilihan jurusan kuliah S2. Master of Business Administration atau MBA adalah salah satu opsi menarik. Selain berpotensi meningkatkan karier, pilihan kuliah ini juga bermanfaat bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis. 

Fakta menarik terkait kuliah di MBA terungkap dalam survei yang dilakukan Association of MBAs (AMBA). Dari hasil survei itu terkuak bahwa 7 dari 10 orang alumni MBA memiliki percaya diri lebih baik saat berhadapan dengan partner bisnis. Tak hanya itu, survei itu juga mengungkapkan kalau lulusan MBA adalah sosok yang kompetitif dan mampu menawarkan solusi dalam setiap permasalahan terkait manajerial. 

  • Apa Itu Kuliah MBA?

Istilah MBA memang cukup sering didengar. Namun, apakah Anda benar-benar mengerti apa yang dimaksud dengan kuliah program MBA? Program kuliah MBA merupakan salah satu pilihan jurusan bisnis. Di sini, Anda akan memperoleh materi berkaitan dengan teknis dalam menjalankan bisnis, kemampuan manajerial, serta kepemimpinan. 

Kuliah MBA bakal menjadi modal besar untuk mendapatkan kemampuan berbisnis andal yang mampu bersaing di tingkat dunia. Di waktu bersamaan, kesempatan menempuh pendidikan lebih lanjut itu dapat pula Anda manfaatkan untuk memperluas jaringan profesional serta menciptakan peluang baru. 

  • Hal yang Dipelajari Selama Kuliah MBA

Secara umum, MBA adalah kuliah jurusan bisnis yang bisa Anda temukan dalam berbagai pilihan program. Hanya saja, berbeda dengan kuliah S2 lain, hampir sebagian besar program MBA mengharuskan para mahasiswanya untuk memiliki pengalaman kerja. Mereka yang berkuliah MBA juga tak mempunyai keharusan berlatar belakang pendidikan S1 jurusan bisnis.

Kuliah MBA adalah pilihan program yang tersedia dengan kurikulum yang sangat variatif. Bahkan, Anda dapat menemukan program MBA yang didesain secara khusus bagi mahasiswa yang tak memiliki gelar sarjana jurusan bisnis. Beberapa pilihan program yang bisa dijalani ketika memutuskan kuliah MBA di antaranya: 

  • MBA Keuangan
  • MBA Pemasaran
  • MBA Bisnis Internasional
  • MBA Akuntansi
  • MBA Teknologi Informasi
  • MBA Manajemen Bisnis
  • dan sebagainya

Dalam setiap jurusan kuliah MBA tersebut, Anda akan menemukan adanya mata kuliah penting yang memiliki kaitan dengan manajemen bisnis. Namun, ada pula pilihan mata kuliah yang bersifat personal. Secara umum, Anda akan menemukan adanya 5 jenis kuliah utama saat mengikuti program MBA, yaitu: 

  1. Mata kuliah akademik
  2. Mata kuliah fundamental
  3. Mata kuliah skill yang bertujuan meningkatkan kemampuan praktek di dunia kerja
  4. Mata kuliah kasus
  5. Internship
  • Persiapan saat Memilih Kuliah MBA

Seperti halnya kuliah luar negeri lainnya, Anda perlu melakukan persiapan matang saat memutuskan mengikuti program MBA. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi di antaranya: 

  • Lulus program sarjana 
  • Mengikuti GMAT atau Graduate Management Admission Test dan memperoleh skor maksimal
  • Punya kemampuan bahasa Inggris, dibuktikan lewat sertifikat TOEFL dengan skor lebih dari 550 atau IELTS dengan nilai lebih tinggi dari 6,5. 
  • Menyusun resume profil pribadi
  • Transkrip nilai
  • Surat rekomendasi, baik dari atasan, klien, rekan kerja, dan sebagainya
  • Letter of Acceptance dari pihak universitas
  • Biaya pendaftaran

Selain mempersiapkan berkas tersebut, Anda juga perlu mengetahui bahwa kuliah MBA adalah pilihan belajar dengan biaya sangat mahal. Oleh karena itu, Anda perlu memiliki rencana matang ketika memutuskan untuk mengikutinya. Besaran biaya yang perlu disiapkan juga berbeda-beda, disesuaikan dengan negara lokasi perguruan tinggi. 

Baca juga: Mempersiapkan Biaya Kuliah Anak Sejak Dini

Kuliah MBA di Amerika serta Singapura terkenal mahal. Sementara itu, biaya kuliah di Inggris, Australia, serta beberapa negara Eropa, menawarkan biaya relatif lebih murah. Namun, untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat informasi biaya kuliah melalui situs resmi masing-masing perguruan tinggi. 

Nah, hal penting yang dapat Anda lakukan untuk mewujudkan keinginan kuliah MBA adalah dengan cara mulai berinvestasi dari sekarang. Apalagi, investasi tak perlu biaya besar.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]