12 Resep Masakan Rumahan yang Cocok untuk Menemani Weekend

0
3863
Masakan Rumahan

Siapa sih yang nggak setuju kalau masakan rumahan selalu punya tempat tersendiri di hati para penikmatnya? Tak hanya memanjakan lidah, masakan yang dibuat sepenuh hati juga bisa membuat hubungan antara anggota keluarga semakin hangat.

12 Rekomendasi Resep Makanan yang Cocok untuk Weekend

Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi masakan yang bisa kamu coba sebagai menu di akhir pekan. Yuk, simak.

1. Tahu telur

Sesuai dengan namanya, makanan satu ini berbahan dasar tahu putih dan telur ayam yang digoreng lalu disajikan bersama sayuran dan saus kacang. Bahan-bahan untuk membuatnya cukup mudah didapat dan pastinya terjangkau. Rasanya yang gurih dan manis juga sangat cocok untuk dinikmati sebagai sarap siang atau makan siang di akhir pekan. 

2. Dadar jagung

Ada yang menyebutnya dadar jagung, ada pula yang menyebutnya bakwan jagung. Apapun sebutannya, masakan rumahan ini bisa menjadi camilan lezat di akhir pekan. Bahan-bahannya nggak susah dicari, kok. Kamu cukup menyiapkan jagung, tepung terigu, bawah merah dan putih ketumbar, dan seledri. Campur semua bahan, lalu goreng hingga kuning kecoklatan.

3. Bening bayam

Bening bayam bisa jadi pilihan resep akhir pekan buat kamu yang lagi diet kolesterol. Hidangan berkuah ini sama sekali tidak menggunakan minyak goreng. Kamu pun hanya membutuhkan beberapa ikat bayam, bawah merah dan putih, dan bumbu penyedap. Selain lezat, bayam juga sehat untuk tubuh, lho.

4. Nasi goreng kampung

Nasi goreng kampung adalah masakan rumahan yang lezat dan cocok memulai akhir pekan di pagi hari. Selain bahannya mudah didapatkan, cara membuatnya pun cukup simpel. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan bahan pelengkap sesukamu, seperti bakso, hati ayam, atau sosis. Nah, biar makin sehat, kamu bisa menumis bumbunya menggunakan mentega.

5. Terong balado

Terong balado bisa jadi pilihan buat kamu yang malas untuk membuat masakan kompleks di akhir pekan. Hidangan sederhana ini sangatlah mudah untuk dibuat. Kamu hanya perlu menggoreng terong ungu yang sudah dipotong. Lalu, campurkan ke bumbu-bumbu, seperti cabai merah dan keriting, bawang merah dan putih, serta tomat yang sudah dihaluskan dan ditumis.

6. Oseng tempe kacang

Resep masakan rumahan selanjutnya yang cocok buat menikmati akhir pekan adalah oseng tempe kacang. Masakan yang bisa ditemui di hampir semua warung makan ini cukup simpel untuk dibuat. Kamu cukup menyiapkan tempe, kacang panjang atau buncis, dan bumbu pelengkap. Biar lebih mewah, kamu bisa menambahkan potongan daging sapi juga, lho.

Baca juga: 12 Ide Usaha Sampingan dengan Modal Kecil 2022

7. Tumis tofu saus tiram

Pecinta chinese food wajib banget jadiin masakan satu ini sebagai hidangan akhir pekan. Selain bahannya yang mudah didapat, cara masaknya pun juga cukup simpel. Bahkan bila kamu tidak punya tofu di rumah, kamu bisa menggantinya dengan tahu biasa. Sebagai catatan, kunci masakan ini adalah saus tiram dan kecap asin. Jadi, jangan sampai kelupaan.

8. Perkedel kentang

Perkedel kentang termasuk masakan rumahan yang bisa disantap sebagai lauk maupun kudapan. Pembuatannya yang cukup mudah membuat hidangan ini kerap dijadikan menu andalan oleh banyak rumah tangga di Indonesia. Bahkan juga sering dijajakan di warung-warung makan.

9. Tumis labu siam

Membuat olahan sederhana bukan berarti tidak memperhatikan kandungan gizinya, ya. Ada banyak masakan simpel yang tak hanya mudah dibuat, namun juga kaya nutrisi. Contohnya seperti tumis labu siam ini. Selain lezat dan murah meriah, kandungan nutrisinya juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

10. Ayam cabai garam

Meski berbahan dasar ayam, menu satu ini masih bisa dibilang sebagai masakan sederhana. Sebab, kamu hanya perlu menggoreng daging ayam yang sudah dipotong dadu menggunakan campuran tepung serbaguna dan maizena. Setelah matang, tumis bawang putih cincang, cabai rawit, daun bawang, gula, dan garam. Lalu, masukkan potongan ayam dan aduk hingga merata.

11. Sambal teri kemangi

Keluargamu termasuk pecinta hidangan pedas dan gurih? Coba buatkan menu ini di akhir pekan. Resep sambal teri kemangi ini mudah dibuat dan cukup ekonomis. Kamu hanya perlu menyiapkan teri nasi, daun kemangi, cabai rawit, cabai merah, tomat, terasi, jeruk limau, dan garam secukupnya. Olah semua bahan ini seperti membuat sambal yang digoreng.

12. Telur sambal

Bosan makan telur yang gitu-gitu aja? Yuk, coba menu satu ini. Pertama, rebus telur lalu kupas dan goreng hingga berkulit. Kemudian, masukkan telur ke campuran sambal. Nah, untuk sambalnya kamu bisa menggunakan resep sambal untuk terong balado. 

Itu tadi 12 resep masakan sederhana yang bisa kamu buat sebagai hidangan bersantap bersama orang-orang terkasih di akhir pekan. Meskipun sederhana, jangan lupa untuk memperhatikan kandungan gizinya juga, ya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].