Memahami 4 Manfaat Vaksin Covid yang Perlu Kamu Ketahui!

0
1756
manfaat Vaksin Covid

Vaksin covid-19 adalah salah satu cara paling efektif untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok. Karena itu, penting untuk memahami manfaat vaksin covid ini agar seluruh masyarakat tidak lagi ragu untuk mendapatkan vaksin baik itu secara kolektif maupun vaksin mandiri.

Saat ini di Indonesia sendiri terus melaksanakan vaksinasi covid-19 dimulai dari mereka yang berusia 12 tahun ke atas. Lalu, apa saja sih jenis vaksin yang sudah beredar dan digunakan di Indonesia?

Jenis Vaksin Covid yang Sudah Digunakan di Indonesia!

Sebelumnya, pemerintah secara resmi telah mengumumkan tujuh jenis vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia yaitu Sinovac, AstraZeneca, Novavax, Sinopharm, Moderna, Pfizer dan vaksin PT. Bio Farma.

Namun, memang sejauh ini dari beberapa jenis vaksin yang kita sebutkan di atas baru Sinovac, AstraZeneca, Sinopharm dan Moderna yang sudah tersedia digunakan baik itu vaksin secara bersama maupun vaksin mandiri.

Nah, untuk membuat kamu semakin yakin melakukan vaksin Covid-19 berikut 4 manfaat dari vaksinasi yang bisa kamu rasakan: (seperti dikutip dari situs resmi Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC).)

  • Efektif Meminimalisir Penyebaran Virus

Seperti yang kita ketahui bahwa vaksin covid-19 sudah terbukti efektif dalam pencegahan seseorang yang terinfeksi virus Corona. Jika terinfeksi, maka vaksin ini dapat membantu meminimalisir penyebaran virusnya. Ketika orang yang telah divaksin lalu masih terpapar covid, maka vaksin yang telah disuntikkan ke dalam tubuh akan mencegah tubuh mengalami gejala parah akibat virus corona.

Baca juga: P-Care, Aplikasi Kesehatan untuk Vaksinasi Covid

  • Membentuk Antibodi

Vaksin Covid-19 terbukti dapat membantu untuk membentuk respons antibodi untuk sistem kekebalan tubuh. Bahkan, pada orang yang sudah pernah terinfeksi covid-19 juga menunjukkan bahwa vaksinasi terbukti memberikan perlindungan bagi orang-orang yang sebelumnya sudah pernah terpapar virus ini.

  • Melindungi Orang-Orang di Sekitar

Dengan melakukan vaksin covid juga tentunya dapat membantu melindungi orang-orang di sekitar kita. Karena, jika kita terinfeksi virus corona, maka kita memiliki risiko menularkannya ke orang-orang di sekitar kita. Maka dari itu, vaksinasi Covid-19 menjadi cara terbaik untuk mencegah penyebaran virus corona.

  • Menciptakan Herd Immunity

Vaksinasi covid-19 ini memiliki manfaat vaksin covid untuk menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity. Untuk mendapatkan manfaat vaksin covid banyak ahli yang mengatakan bahwa akan membutuhkan 70% dari populasi yang divaksinasi. Apabila manfaat tersebut telah tercapai, maka kemungkinan aktivitas normal dapat dicapai bisa terwujud.

Jadi jika ada kesempatan untuk mengikuti kegiatan vaksin covid, maka secepatnya kamu dapat ikut berpartisipasi.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5632621/kenapa-harus-vaksin-covid-19-ini-lho-manfaatnya