10 Manfaat Emas yang Banyak Orang Belum Ketahui

0
4635
Manfaat Emas

Tahukah Anda bahwa manfaat emas bukan hanya untuk bahan baku perhiasan saja? Emas dikenal sebagai logam mulia bernilai jual tinggi. Menurut catatan, sekitar 52% produksi emas dunia dimanfaatkan untuk industri perhiasan. Emas dipilih lantaran mudah dibentuk, tahan karat dan noda, serta mudah dicairkan. 

Tak Hanya untuk Perhiasan, Ini Manfaat Emas yang Jarang Diketahui

Selain digunakan sebagai perhiasan, masih banyak manfaat emas bagi kehidupan manusia. Adapun manfaat dari emas yang jarang diketahui, antara lain sebagai berikut. 

Mata Uang

Sejak 600 tahun lalu, emas dikenal sebagai logam yang digunakan untuk alat tukar. Untuk memudahkan proses jual beli, kepingan emas diubah menjadi bentuk koin. Meskipun kini mata uang emas telah tergantikan dengan uang kertas, emas masih dimanfaatkan sebagai jaminan. Di Indonesia, emas bisa digadaikan untuk ditukar dengan sejumlah uang. Sementara di sejumlah negara lain, emas disimpan sebagai cadangan keuangan untuk menstabilkan ekonomi.

Elemen Pesawat

National Aeronautics and Space Administration (NASA) menggunakan emas sebagai elemen pembuatan pesawat luar angkasa. Biasanya, elemen ini digunakan untuk sirkuit berbagai mesin dan pelapis permukaan pesawat. Lantaran memiliki sifat tahan karat dan konduktor yang baik, penggunaan emas untuk elemen pesawat dinilai ampuh menangkal radiasi berlebih.

Pelapis Bangunan

Di zaman dulu, emas merupakan simbol kekuasaan, kekayaan, dan kejayaan. Tak heran apabila emas digunakan sebagai pelapis bangunan. Lapisan emas membuat bangunan tampak lebih megah dan indah. 

Investasi

Manfaat emas selanjutnya adalah untuk menyimpan harta kekayaan. Sebagaimana diketahui, emas batangan merupakan logam mulia yang tercatat sebagai salah satu produk investasi jangka panjang. Dibandingkan jenis investasi lainnya, emas memiliki risiko inflasi yang rendah sehingga dapat melindungi aset kekayaan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk memulai investasi emas!

Baca juga: 5 Pilihan Instrumen Investasi Untuk Pemula

Ponsel

Dalam penelitiannya, World Gold Council menyebutkan bahwa di setiap ponsel terdapat kandungan emas hingga 50 miligram. Penggunaan emas dalam produksi ponsel dimanfaatkan untuk meminimalisasi korosi dan karat.  

Komputer

Mengingat emas adalah salah satu konduktor listrik terbaik, penggunaan emas di dalam industri elektronik bukanlah hal yang baru. Selain ponsel, komputer maupun laptop juga memiliki kandungan emas. Umumnya, kandungan emas ini dapat ditemukan pada chip komputer atau laptop untuk mempercepat proses penerimaan informasi. 

infografis manfaat emas

Obat

Mungkin Anda akan terkejut mengetahui bahwa emas pernah digunakan sebagai obat pada tahun 2500 BC. Kala itu, tabib Tiongkok memanfaatkan emas untuk untuk mengobati penyakit kulit dan cacar. Emas murni juga digunakan penduduk Romawi kuno sebagai bahan baku pembuatan salep kulit. Di era modern, penggunaan emas lebih fokus untuk perawatan medis pada kasus peradangan dan implan tubuh dengan risiko tinggi, seperti telinga bagian dalam. 

Tambal Gigi

Lantaran tidak beracun dan tahan bakteri, emas memiliki peran vital dalam industri dental selama lebih dari 3.000 tahun. Mulanya, emas hanya digunakan sebagai tambal gigi. Namun, lambat laun emas juga dimanfaatkan untuk membuat gigi palsu dan kawat gigi. Berkat keberadaan emas, masalah ketidakpercayaan diri akibat gigi berlubang, ompong, posisi rahang yang tidak benar, atau gigi tidak rata bisa teratasi dengan baik. 

Produk Kecantikan

Emas sering digunakan sebagai salah satu bahan dalam proses pembuatan produk kecantikan, mulai dari pelembap, lipstik, hingga serum. Maklum saja, kandungan emas berkhasiat membantu merangsang pertumbuhan kolagen, mempercepat jaringan sel kulit baru, meningkatkan elastisitas, mencegah penuaan, melancarkan sirkulasi darah, dan mencerahkan warna kulit secara alami. Cukup dengan menggunakannya secara teratur, Anda akan mendapatkan seluruh manfaatnya. Anda pun bisa tampil memukau dan penuh percaya diri.

Dekorasi Makanan

Sejumlah restoran dan kafe ternama menawarkan sejumlah menu bertemakan emas. Contohnya daun emas, donat emas, es krim emas, atau serutan emas. Dekorasi bertemakan emas tak hanya membuat makanan tampak lebih mewah, tetapi juga unik. Tak perlu khawatir, sebab emas yang digunakan merupakan edible gold (emas murni). Meskipun aman dikonsumsi, emas murni tidak memiliki rada dan tak dapat dicerna oleh tubuh.

Dari informasi di atas dapat disimpulkan bahwa manfaat emas bukan hanya sebagai alat tukar dan investasi, melainkan juga berguna dalam industri di bidang antariksa, teknologi, kesehatan, kecantikan, dan produksi makanan. Demikianlah informasi mengenai sejumlah kegunaan emas yang masih jarang diketahui. Ayo, bagikan informasi menarik ini melalui fitur share

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]