Manfaat dan Kekurangan dari Equity Crowdfunding bagi Startups

0
3965
Manfaat dan Kekurangan dari Equity Crowdfunding bagi Startups

Sebagai seorang pemilik usaha atau investor, Anda mungkin sudah akrab dengan istilah Equity Crowdfunding, yaitu proses penggalangan dana yang cocok untuk startup atau usaha kecil menengah dengan imbalan sebagian saham perusahaan. Namun, tidak semua investor mengerti kelebihan dan kekurangan dari equity crowdfunding, khususnya untuk startup. Jika Anda masih memiliki pertanyaan pendanaan Startup melalui Equity Crowdfunding, berikut ini kami berikan beberapa jawaban untuk pertanyaaan yang sering ditanyakan.

Crowdfunding? Siapa itu “crowd”?

Crowd pada dasarnya mengacu pada sekelompok besar orang yang memiliki sumber dana sehingga berpotensi menjadi calon investor. Orang-orang ini biasanya berinvestasi pada perusahaan yang tidak terdaftar dengan biaya sendiri. Dengan begitu crowd dapat berarti teman, keluarga atau bahkan orang yang tidak Anda kenal sama sekali. Pendapatan tahunan seorang investor bervariasi, biasanya syarat menjadi investor berdasarkan kestabilan keuangan dan jumlah aset yang mereka miliki.\

Baca juga: Apa Itu Crowdfunding? Bagaimana Cara Kerjanya?

Bagaimana Equity Crowdfunding dapat memberikan keuntungan?

Sebagian besar perusahaan startup akhirnya gagal, ini adalah fakta yang diketahui semua orang. Hal ini patut Anda pahami karena kegagalan perusahaan berarti tidak ada pengembalian bagi investor manapun. Saat menemui kegagalan, biasanya dibutuhkan rentang waktu 3 tahun sampai 5 tahun, untuk mengetahui apakah perusahaan tersebut tenggelam atau mampu kembali ke permukaan. Bagi pemegang saham/investor, sebelum memilih untuk masuk ke dalam proses ini, Anda perlu memahami syarat dan ketentuan serta hak suara yang Anda dapat saat memiliki sejumlah saham tertentu. Sebagai investor, Anda patut mendapatkan update lengkap mengenai proses yang sedang berjalan. Bagi para pengusaha, Anda harus mendeskripsikan dengan jelas penawaran Anda kepada investor, keuntungan apa yang akan mereka dapatkan dan risiko yang mungkin dihadapi di masa depan.

Kelebihan

Menghemat Waktu dan Uang

Alih-alih berlarian untuk mendapatkan pinjaman bank, Anda punya cara untuk mendapatkan uang, sambil menghemat waktu.

Memberi Anda Akses ke Modal

Anda sangat membutuhkan modal? Equity Crowdfunding dapat mempermudah urusan Anda dengan menyediakan crowd yang berpotensi menjadi investor usaha Anda. Anda tidak perlu takut dengan bunga pinjaman karena dalam equity crowdfunding, Anda memberikan sebagian saham perusahaan Anda sebagai imbalan.

Membantu Anda Mengatur Strategi Pemasaran Anda

Dalam proses meyakinkan orang lain untuk menginvestasikan uang di proyek Anda, Anda perlu mempromosikan startup atau gagasan Anda di berbagai platform equity crowdfunding. Melalui platform-platform ini, mungkin Anda akan menemukan investor idaman Anda.

Kekurangan

Mungkin Tidak Mendanai Kebutuhan Modal Besar

Ada keterbatasan modal yang bisa didanai melalui platform equity crowdfunding. Anda mungkin tidak mendapatkan sejumlah besar dana dari satu platform.

Mengikuti Pendekatan All-or-Nothing

Ya, Anda membacanya dengan benar. Para investor dapat menghasilkan lebih dari yang mereka harapkan, atau mereka mungkin akan kehilangan semua itu.

Membuat Proyek Anda tidak fleksibel

Setelah syarat dan ketentuan diputuskan, Anda tidak dapat membuat perubahan besar terhadap ketentuan-ketentuan tersebut.

Satu hal yang penting untuk selalu Anda ingat, setiap investasi tentu memiliki kelebihan dan risikonya masing-masing. Tidak ada investasi yang dapat lari dari kemungkinan rugi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here