6 Manfaat Bersepeda yang Bisa Dirasakan Saat Rutin Dilakukan!

0
3416
Manfaat Bersepeda

Belakangan ini tren bersepeda kembali meningkat seiring dicanangkannya new normal selama masa pandemi Covid-19. Seperti yang kita ketahui bahwa banyak hal positif yang dapat diambil dengan bersepeda selain untuk kesehatan tubuh kita manfaat bersepeda lainnya adalah dapat mengurangi polusi bagi sekitar. Manfaat bersepeda lainnya adalah angka kecelakaan yang terbilang cukup rendah jika dibandingkan dengan mengendarai motor.

Namun, bukan berarti saat bersepeda kita tanpa safety beberapa pengguna sepeda juga turut menjadi korban lalu dikarenakan belum banyak tersedia jalur khusus untuk para pesepeda. Padahal jika banyak tersedia jalur khusus sepeda ini tentu dapat membuat orang semakin aman dan nyaman lalu tertarik memilih sepeda untuk kegiatan sehari-hari.

Karenanya beberapa manfaat bersepeda di bawah ini tentu bisa menjadi pertimbangan untuk kamu yang ingin bersepeda namun masih ragu apa saja sih sebenarnya manfaat yang bisa didapatkan dengan bersepeda? Selengkapnya di bawah ini:

Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh dan Lingkungan!

  • Mengendalikan Berat Badan

Bersepeda merupakan cara terbaik untuk mengendalikan atau menurunkan berat badan, ya hal tersebut dikarenakan dengan bersepeda kita dapat meningkatkan tingkat metabolisme tubuh, serta membangun otot dan membakar lemak yang ada dalam tubuh. Bersepeda juga dapat membantu kamu mengeluarkan energi lebih karena saat bersepeda kamu membakar kalori yang cukup banyak.

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan diet, maka bersepeda ini bisa menjadi salah satu caranya ditambah dengan mengatur pola makan yang sehat. Banyaknya kalori yang dibakar ini akan tergantung dengan seberapa lama, seberapa jauh serta seberapa cepat kamu bersepeda.  

  • Mengurangi Risiko Diabetes

Mungkin manfaat yang satu ini belum banyak diketahui padahal dengan rutin bersepeda dapat menekan risiko terkena diabetes. Bersepeda merupakan satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi diabetes salah satu studi di Finlandia membuktikan bahwa mereka yang rutin bersepeda selama lebih dari 30 menit dapat menekan risiko diabetes yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak bersepeda.

  • Mengurangi Risiko Kanker

Dengan mempertahankan pola makan yang sehat dan rutin bersepeda, hal tersebut juga dapat membantu kamu mengurangi risiko terkena kanker. Sebuah studi menunjukkan mereka yang memiliki kondisi tubuh yang baik, bahkan untuk mereka yang sudah lanjut usia, risiko terkena terkena kanker paru dan kanker kolorektal untuk mereka lebih rendah.

Selain itu studi lainnya juga mengatakan bahwa manfaat bersepeda secara rutin juga dapat menekan risiko kanker usus dan payudara.

  • Latihan Otot

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa dengan rutin bersepeda juga dapat melatih otot inti kamu termasuk otot pada bagian perut hingga punggung. Menjaga tubuh kamu untuk tetap bugar serta menjaga posisi tubuh kamu untuk tetap tegak. Karena pada perut yang kuat serta otot punggung mendukung tulang belakang, meningkatkan stabilitas lalu meningkatkan kenyamanan saat bersepeda.

  • Mengurangi Stres

Bersepeda dapat membantu mengurangi perasaan stres, depresi hingga kecemasan. Dengan bersepeda kamu juga dapat membantu meningkatkan tingkat konsentrasi serta kesadaran akan saat ini. Hal tersebut juga dapat membantu mengalihkan fokus terhadap masalah yang sedang dihadapi.

Jika kamu merasa kurang bersemangat, lakukanlah bersepeda selama 10 menit. Karena dengan bersepeda dapat melepaskan endorfin, yang pada gilirannya dapat membantu kamu untuk merasakan lebih dan tentunya menurunkan tingkat stres.

Baca juga: 5 Cara Menghindari Stress Masalah Finansial!

  • Mengurangi Polusi

Sebelumnya kita sudah mengatakan di atas bahwa bersepeda dapat mengurangi polusi jauh dibandingkan dengan mengendarai mobil maupun motor. Bersepeda dapat mengurangi jejak karbon. Karena itu bersepeda dapat menjadi opsi transportasi yang dapat menekan polusi serta dapat menekan macet lalu lintas di daerah tersebut.

Tentunya hal tersebut sangat berguna jika kamu rutin menggunakan sepeda sebagai transportasi jarak dekat hingga menengah.

Bagaimana sekarang sudah mengerti kan mengapa belakangan ini tren bersepeda kembali digemari oleh orang-orang. Banyaknya manfaat di atas menjadi bukti bahwa selain sehat bersepeda juga dapat membuat bumi kita semakin baik, karena itu yuk mulai gowes dari sekarang!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].