5 Fungsi Manajemen dalam Sebuah Bisnis

0
71

Manajemen adalah sebuah proses dimana untuk mengatur sesuatu yang dilakukan dan dijalankan oleh sebagian kelompok atau organisasi dimana mereka memiliki tujuan yang dapat dicapai dengan cara bekerja sama. Proses ini juga didukung dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Sebuah organisasi yang sedang berkembang tentunya membutuhkan manajemen dalam mengatur perkembangan organisasinya. 

Manajemen juga memiliki fungsi yang penting dalam sebuah bisnis, fungsi manajemen ini adalah sebagai elemen dasar yang harus melekat dalam manajemen sebagai acuan dalam melaksanakan tugas untuk mencapai tujuan dengan cara merencanakan, mengorganisir, mengordinasi dan tentunya mengendalikan.

Sebenarnya ada 5 fungsi utama manajemen dalam bisnis, yaitu:

  • Planning

Hal terpenting saat ingin memiliki sebuah manajemen dalam bisnis adalah perencanaan. Untuk mendapatkan hasil terbaik tentunya membutuhkan perencanaan yang matang dalam mengelola manajemen suatu bisnis. Merencanakan dan mengevaluasi setiap hal yang sudah dilakukan maupun yang akan ditindaklanjuti dalam bisnis. 

Rencana yang matang adalah rencana yang sudah ditentukan secara panjang maupun secara keseluruhan tujuan perusahaan dalam memenuhi tujuan tersebut. Saat planning diterapkan dibutuhkan seseorang yang mengatur rencana tersebut untuk mencari alternatif mencapai suatu tujuan yang berjangka pendek maupun berjangka panjang.

Bisnis yang tidak memiliki rencana kedepan, maka tentu hasilnya tidak akan optimal. Dengan ketidakoptimalan dari bisnis yang kamu jalankan akan berdampak pada kebangkrutan dalam bisnis tersebut.

  • Organizing

Pengorganisasian sebuah bisnis juga merupakan fungsi utama manajemen dalam bisnis. Membagi kegiatan sesuai porsinya masing-masing. Tujuan ini untuk mempermudah manajer melakukan pengawasan yang lebih efektif dan optimal untuk menentukan mana sumber daya yang diperlukan dalam setiap kegiatan agar lebih efisien.

Dengan melakukan pengorganisasian tentu akan lebih mudah dalam menentukan tugas yang akan dikerjakan, siapa yang mengerjakan dan bagaimana cara mengerjakannya. Organizing juga memiliki tujuan untuk mencapai tujuan bisnis melalui proses yang lebih terstruktur.

  • Staffing

Staffing ini tidak jauh berbeda dari fungsi sebelumnya, namun Staffing atau penempatan ini lebih berfokus terhadap sumber daya secara umum. Sumber daya yang dimaksudkan berupa perlengkapan, peralatan dan inventaris dalam sebuah organisasi. Artinya jika Organizing tadi berfokus terhadap sumber daya manusia, maka Staffing ini sebaliknya yaitu berfokus terhadap sumber daya manusia.

  • Directing

Fungsi manajemen dalam bisnis lainnya ialah suatu tindakan yang memiliki upaya agar setiap anggota dalam sebuah bisnis atau kelompok dapat mencapai target yang telah ditentukan sesuai arahan dari manajerial yang telah ditentukan. Seorang manajer akan memberikan arahan apabila terdapat masalah dari hasil maupun hal yang sedang dikerjakan apabila tidak sesuai dengan rencana.

Karena tidak semua yang direncanakan dapat tercapai sesuai dengan rencananya, maka dari itu dibutuhkan fungsi manajemen ini dalam sebuah bisnis. Inilah pentingnya Directing agar semua dapat sesuai dengan jalur yang benar.

  • Controlling

Dari semua fungsi manajemen dalam sebuah bisnis di atas diperlukan adanya Controlling. Hal ini ditujukan agar dapat mengevaluasi menyeluruh terhadap kinerja dari sumber daya sebuah perusahaan. Seorang manajer yang aktif dapat melakukan Controlling terhadap segala sumber daya yang sudah diorganisasi dalam sebuah perusahaan dan memastikan apa yang sudah dilakukan sesuai dengan yang telah direncanakan

Apabila terjadi kesalahan dalam menjalankan tugas dapat dikoreksi agar menjadi pembelajaran dalam rencana-rencana pada tahapan berikutnya. Karena bisnis yang baik dan optimal adalah bisnis yang semuanya bisa saling bersinergi dan bekerja secara tim. Untuk itu Controlling perlu dilakukan agar dapat mengoptimalkan bisnis yang sudah disusun dengan matang. Ini beberapa hal yang perlu dipenuhi untuk melakukan pengawasan:

  • Jalur (Routing)
  • Penetapan Waktu (Scheduling) 
  • Perintah Pelaksanaan (Dispatching)
  • Tindak Lanjut (Follow Up)

Untuk itu apabila kamu memiliki rencana untuk memiliki sebuah bisnis maupun kamu yang sudah memiliki bisnis dan ingin mengoptimalkan jalannya bisnis tersebut, dapat menerapkan fungsi manajemen di atas agar mendapatkan hasil terbaik.

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

BLOG100

Akseleran Apps

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan langsung bisa juga menghubungi Eben (+62811-9300443) atau untuk pinjaman dana usaha kamu bisa menghubungi Omar (+62812-9799-7917) dan Rizky (+62811-1312-309) atau bisa via email [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here