Tips Mencari Lowongan Kerja Part Time, Mahasiswa Perlu Coba!

0
318
Lowongan Kerja Part Time

Informasi seputar lowongan kerja part time biasanya dicari oleh mahasiswa. Kebanyakan dari mereka menjadikannya sebagai sumber pemasukan untuk membayar uang kuliah. Namun, tidak sedikit pula yang menilai bahwa bekerja paruh waktu sangat efektif dalam mengasah skill baru dan memperluas networking. Untuk itu, bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan part time di sela waktu kuliah, yuk coba beberapa tips berikut ini!

Tips Mencari Lowongan Kerja Part Time

  • Kunjungi Akun Sosial Media dari Penyedia Informasi Lowongan Kerja untuk Daerah Anda

Manfaatkan platform sosial media untuk mencari informasi seputar lowongan kerja part time yang Anda butuhkan. Untuk itu, mulailah dengan mengecek akun penyedia informasi lowongan kerja untuk daerah Anda. Sebagai contoh, masukkan kata kunci seperti lowker Bandung, lowker Jakarta, dan seterusnya pada kolom search

Setelah mengetik kata kunci tersebut, Anda tentunya akan mendapatkan beberapa opsi akun yang disarankan. Kemudian, pilih akun yang menurut Anda kredibel atau menyajikan informasi yang selalu update

  • Gunakan Plarform Freelance untuk Mencari Informasi Seputar Lowongan Kerja Part Time

Kini, ada banyak platform yang menyajikan informasi lowongan pekerjaan bagi para freelancer. Pun, keberadaan platform freelance telah menjadi wadah bertemunya para pencari kerja part time dan pemberi kerja. Namun, untuk bisa memperoleh pekerjaan di platform sejenis ini, Anda tentunya harus bersaing dengan banyak pencari kerja yang lain. Oleh karenanya, lakukan promosi yang baik agar pemberi kerja tertarik untuk merekrut Anda. 

  • Mengecek Lowongan Kerja Part Time di Jaringan Informasi Kampus 

Kampus biasanya menyediakan jaringan informasi yang bisa diakses para mahasiswanya. Tidak cuma soal kuliah atau informasi beasiswa saja, jaringan informasi kampus umumnya juga menyediakan pengumuman seputar program magang atau pekerjaan paruh waktu bagi mahasiswa. Karena itu, Anda harus aktif mengunjungi jaringan informasi kampus sehingga tidak terlewat info penting seputar kesempatan magang. 

  • Siapkan Curriculum Vitae (CV) yang Menarik 

Jangan cuma karena itu pekerjaan paruh waktu, Anda mengabaikan kualitas CV yang hendak disetorkan. Pada praktiknya, perekrut kerja tetap akan melihat seberapa menarik CV yang Anda kirimkan. Oleh karena itu, pastikan bahwa CV yang dibuat benar-benar mampu menarik perhatian pemberi kerja dan cukup dapat memperlihatkan kemampuan diri Anda.  

Saat membuat CV, Anda juga perlu mempertimbangkan jenis pekerjaan yang hendak dilamar. Sebagai contoh, jika hendak melamar ke perusahaan yang bergerak di industri kreatif, sebisa mungkin bikin desain CV yang menarik. 

  • Cek Kembali Akun Sosial Media Anda untuk Menghindari Kesan Negatif

Di era digital, penggunaan sosial media juga menjadi tolok ukur yang dipakai untuk melihat kualitas calon pegawai. Oleh karena itu, sebelum melamar suatu pekerjaan, sebaiknya cek dahulu akun sosial media Anda. Apakah ada konten yang mengarah pada kesan negatif atau isu tertentu yang bisa membuat nilai Anda menjadi tidak baik di mata pemberi kerja? Selain itu, sebaiknya perbaiki juga profil Anda di akun sosial media. Buat tampilannya jadi lebih profesional dengan menyertakan foto profil yang baik serta data diri yang jelas. 

Baca juga: 5 Panduan Mudah Belajar Bisnis Online

  • Dapatkan Informasi Lowongan Kerja Paruh Waktu dari Kenalan

Selain memanfaatkan platform freelance, Anda juga bisa mencari informasi kerja paruh waktu dari teman atau kerabat. Karena itu, coba sesekali tanyakan soal lowongan kerja part time yang mereka ketahui saat ini. Siapa tahu, Anda justru bisa memperoleh pekerjaan paruh waktu tersebut dari mereka. 

  • Coba Eksplorasi Sektor Sales dan Pendidikan

Sektor sales dan pendidikan menyediakan kesempatan kerja yang cukup luas bagi para part timers. Di bidang pendidikan, misalnya, Anda bisa menjajal pekerjaan guru les. Sebagai contoh, kalau Anda kuliah di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, coba tawarkan jasa les privat untuk mata pelajaran tersebut. 

Sementara itu, jika merasa memiliki komunikasi yang baik, tidak ada salahnya untuk berkecimpung di sektor sales. Selain bisa mengasah keterampilan komunikasi, sektor tersebut juga dapat memperluas networking Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa dicoba oleh para mahasiswa yang sedang mencari informasi lowongan kerja part time. Namun demikian, tetap pastikan bahwa jadwal kerja paruh waktu Anda tidak menggangu kegiatan kuliah. Oleh karenanya, ketika mencari pekerjaan part time sebisa mungkin pilih yang waktunya fleksibel atau bisa menyesuaikan dengan jadwal kuliah Anda.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]