Mengetahui Makna di Balik Logo Koperasi Indonesia

1
35483
Logo Koperasi

Sejak tahun 1947, koperasi Indonesia mengadaptasi lambang pada Pancasila sebagai logo mereka, yaitu pohon beringin, gerigi roda, rantai, padi kapas, serta bintang. Hal tersebut menunjukkan bahwa lembaga keuangan ini lahir sebagai bentuk pengamalan nilai-nilai pada landasan negara Indonesia tersebut.

Logo koperasi ini dipakai sampai tahun 2012 dan sempat berganti bentuk menjadi lebih modern. Logo baru koperasi memiliki bentuk seperti mozaik bunga yang didominasi warna hijau pupus. Meskipun tampilannya lebih kekinian, tetapi lambang berbentuk mozaik itu tidak bertahan lama. 

Hingga pada tahun 2015, Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga memutuskan untuk menggunakan lambang lama kembali. Meskipun tampilannya sangat berbeda, filosofi di balik makna logo lama maupun baru sangat mewakili tujuan berdirinya koperasi di Indonesia. 

Makna Lambang Koperasi Pohon Beringin (1947-2012 dan 2015-Sekarang)

Gambar Gerigi Roda

Gambar yang terletak di bagian atas logo koperasi ini merupakan lambang dari upaya keras dan berkelanjutan. Artinya, hanya orang-orang pekerja keras yang bisa menjadi calon anggota koperasi selama memenuhi beberapa persyaratan.

Gambar Rantai

Terletak di sebelah kiri pohon beringin, rantai menunjukkan ikatan kekeluargaan, persatuan, dan persahabatan yang kokoh. Artinya, setiap anggota koperasi merupakan pemilik. Inilah mengapa, semua anggota terlibat sekaligus menyepakati AD (anggaran dasar) / ART (anggaran rumah tangga) koperasi.

Gambar Padi dan Kapas

Seperti halnya simbol pada Pancasila, gambar padi dan kapas di sebelah kanan beringin merupakan lambang kemakmuran sesuai tujuan didirikannya koperasi, yaitu memakmurkan anggota mereka. Padi merupakan representasi dari kebutuhan pangan, sedangkan kapas adalah simbol kebutuhan dasar sandang. 

Apabila semua anggota koperasi dapat memenuhi dua kebutuhan tersebut dengan baik, maka lembaga keuangan ini dianggap berhasil menjalankan visi misi dan mencapai tujuan utama didirikannya koperasi.

Gambar Timbangan

Keadilan sosial yang merupakan sila ke-5 adalah salah satu dasar koperasi sekaligus simbol hukumnya. Inilah mengapa gambar timbangan juga digunakan sebagai logo koperasi. Timbangan merupakan simbol harapan bahwa semua anggota koperasi harus memiliki jiwa keadilan.

Gambar Bintang dalam Perisai

Perisai merupakan simbol bahwa Pancasila merupakan landasan idiil koperasi. Harapannya, setiap anggota koperasi mampu mengikuti nilai-nilai keyakinan dan kepercayaan (sila pertama, ketuhanan Yang Maha Esa) sesuai dengan suara hati mereka. Lambang ini juga representasi dari tubuh (perisai) serta hati (bintang).

Gambar Pohon Beringin

Beringin merupakan gambaran sifat sosial dan kepribadian orang Indonesia yang berakar kuat. Harapannya, orang-orang yang bergabung dan bekerja pada sektor koperasi cukup kuat, baik soal kemampuan ekonomi, etos kerja, maupun jiwa sosial kemasyarakatannya.

Tulisan “Koperasi Indonesia”

Tulisan pada logo koperasi menunjukkan identitas, bahwa lembaga keuangan tersebut dibuat oleh, dari, dan untuk rakyat Indonesia. Tulisan tersebut juga memiliki makna lain, yaitu sebagai simbol keberadaan koperasi dalam sistem perekonomian sekaligus upaya mereka untuk menjadi salah satu penyokong sekaligus pendorong ekonomi bangsa.

Latar Belakang Merah Putih 

Penggunaan warna bendera sebagai latar belakang logo menunjukkan semangat nasionalisme Koperasi Indonesia. Latar belakang tersebut juga merupakan gambaran kebanggaan sekaligus kecintaan anggota koperasi terhadap tanah air dan negara mereka.

Baca juga: Inilah Mengapa Pinjaman Koperasi Masih Diminati Hingga Kini!

Makna Lambang Koperasi Mozaik Bunga (2012 – 2015)

Meskipun hanya digunakan sebentar, logo koperasi berupa mozaik bunga juga memiliki makna yang tidak kalah bagus dengan lambang pohon beringin. Pada logo yang sempat digunakan mediao 2012-2015 tersebut, terdapat gambar bunga.

Bunga merupakan simbol perkembangan serta kemajuan perkoperasian Indonesia. Harapannya, Koperasi Indonesia senantiasa berkembang menjadi lebih cemerlang, inovatif, produktif, serta berorentasi pada keunggulan dan teknologi. Sedangkan pada bagian luar bunga, terdapat 4 buah persegi panjang berwarna lebih gelap.

Bentuk persegi panjang tersebut melambangkan empat tujuan utama koperasi, yaitu:

  1. Sebagai sarana aspirasi rakyat
  2. Sebagai salah satu roda ekonomi bersifat kerakyatan
  3. Sebagai lembaga keuangan yang menjunjung tinggi nilai kebersamaan, kemandirian, keadilan dan demokrasi
  4. Serta sebagai salah satu lembaga yang senantiasa berusaha unggul dalam persaingan global

Selain bunga dan 4 persegi panjang, logo koperasi ini juga memiliki tulisan “Koperasi Indonesia.” Seperti halnya lambang pohon beringin, tulisan tersebut merupakan identitas lembaga sekaligus simbol, bahwa lembaga keuangan ini memiliki semangat tinggi untuk memajukan perekonomian bangsa.

Nah, itulah makna filosofis di balik logo lama maupun baru koperasi. Mana yang menurut Anda paling tepat dalam mempresentasikan fungsi koperasi di Indonesia? Semoga bermanfaat.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

1 COMMENT

Comments are closed.