Lender Akseleran Sudah Bisa Berinvestasi Reksa Dana

2
1141

“tanamduit Gandeng Lender Akseleran, Investasi Makin Mudah”

JAKARTA – tanamduit (PT Star Mercato Capitale) resmi menggandeng Akseleran (PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia), perusahaan peer to peer (P2P) lending, sebagai gerai reksa dana tanamduit bagi para lenders-nya.  Melalui kerja sama ini, dana idle atau dana para lenders yang belum digunakan oleh borrowers, untuk sementara waktu dapat diinvestasikan ke reksa dana pasar uang melalui Akseleran yang terintegrasi secara sistem ke platform digital tanamduit sebagai Agen Penjual Reksa Dana (APERD) yang telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Dengan demikian, dana idle yang diinvestasikan dapat memberikan return atau imbal hasil yang menarik dengan tingkat risiko yang rendah. Adapun produk reksa dana pasar uang terpilih adalah Trim Kas 2 yang dikelola oleh Trimegah Asset Management. 

Trim Kas 2 masuk ke dalam layanan reksa dana for lenders milik Akseleran sebagai upaya perluasan akses berinvestasi bagi pengguna, terlebih investor pemula yang mencari alternatif berinvestasi dengan mudah, aman, dan menguntungkan. Pilihan untuk berinvestasi reksa dana Trim Kas 2 ini dapat diakses di Akseleran yang sudah terintegrasi dengan tanamduit mulai 4 September 2020. 

Hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen kedua pihak dalam meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia melalui teknologi aplikasi keuangan. Sebagai produk reksa dana pasar uang portfolio investasi Trim Kas 2 terdiri dari deposito perbankan yang berjangka pendek dan surat utang atau obligasi, baik yang diterbitkan oleh negara maupun oleh korporasi, yang jangka waktunya kurang dari 1 tahun.

Dengan dihadirkannya Reksa dana Trim Kas 2 di platform Akseleran, menjadi solusi bagi nasabah Lender Akseleran yang baru saja menerima dana pelunasan pinjaman dari Borrower dan memerlukan waktu beberapa hari atau beberapa minggu untuk memberikan pinjaman ke Borrower berikutnya, memiliki opsi untuk mengoptimalkan dana yang sedang menganggur dengan cara menempatkan sementara waktu di Trim Kas 2, selain tanpa dipungut biaya transasi juga memberikan hasil investasi yang menarik. Dana yang ditempatkan pada Trim Kas 2 ini dapat dicaikan sesuai kebutuhan nasabah tanpa dikenakan biaya juga. Solusi yang kami tawarkan ini akan memberikan manfaat positif bagi nasabah Akseran, dijelaskan oleh Rini S. Hapsari, Co-Founder dan Direktur Utama PT Star Mercato Capitale yang menyandang brand tanamduit.

tanamduit terus melaksanakan komitmen sebagai aplikasi wealth management yang terus berinovasi untuk mempermudah masyarakat berinvestasi secara digital, baik langsung melalui aplikasi digital tanamduit ataupun melalui mitra usaha seperti platform digital P2P Lending Akseleran,” ungkap Rini. 

Ivan Tambunan, CEO & Co-Founder Akseleran, mengatakan bahwa kerja sama dengan tanamduit sebagai Agen Penjual Reksa Dana (APERD) merupakan bentuk komitmen Akseleran untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. Dalam hal ini, kata Ivan, termasuk membuka kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat luas agar bisa berinvestasi dengan mudah dan murah.

Ivan Tambunan CEO & Co-Founder Akseleran

“Kami melihat sejumlah dana idle dari para lenders yang belum terpakai dan tidak memberikan pertumbuhan, sehingga kami mencari suatu produk yang rendah risiko dan sangat likuid bagi para lenders untuk dapat diinvestasikan. Melalui kerja sama dengan tanamduit, kita menambahkan opsi buat 120 ribu lebih para pemberi pinjaman (lender) Akseleran untuk bisa berinvestasi di reksa dana pasar uang dengan manajer investasinya adalah Trimegah Asset Management dan produknya bernama Trim Kas 2 tanpa harus berpindah aplikasi. Prosesnya tetap full online dimana setiap lender Akseleran bisa menggunakan dari saldonya masing-masing mulai dari 10 ribu rupiah untuk pembelian reksa dana ini dan tinggal masuk ke bagian portofolio reksa dana lalu kalau mau beli tinggal klik beli saja,” ujar Ivan.  

Ivan menjelaskan, adanya alternatif produk pengembangan dana berupa reksa dana pasar uang di platform Akseleran, diharapkan dapat semakin meningkatkan animo masyarakat untuk menjadi lender-lender retail baru. “Hingga pertengahan Agustus ini secara kumulatif Akseleran sudah menyalurkan total pinjaman usaha sebesar Rp1,4 triliun lebih dengan rasio kredit macet (NPL) 0,4% atau menurun dari akhir tahun 2019 yang mencapai 0,7%.” tambah Ivan.

Berdasarkan data tanamduit hingga akhir Juli 2020, nilai volume transaksi jual-beli atau GMV yang telah berlangsung melalui aplikasi tanamduit telah mencapai lebih dari Rp3,6 triliun, dengan jumlah nasabah yang melakukan Know Your Customer (KYC) hingga akhir Juli hampir mencapai 270 ribu nasabah serta asset under management (AUM) lebih dari Rp500 miliar. Sementara akhir Agustus 2020 secara akumulatif Akseleran telah menyalurkan total pinjaman usaha sebesar Rp 1 triliun lebih kepada 2.050 borrower.

Selain menyediakan produk reksa dana, Surat Berharga Negara (SBN), dan asuransi, belum lama ini tanamduit secara resmi meluncurkan Koleksi Emasku, fitur baru yang ditawarkan kepada nasabah untuk membeli, menyimpan, dan menjual emas batangan dalam bentuk fisik maupun disimpan dalam bentuk online. Melalui fitur Koleksi Emasku, nasabah dapat membeli emas batangan mulai dari ukuran 0,1 gram, kapan saja dengan mudah, personalized dan fleksibel.

2 COMMENTS

Comments are closed.