Kemudahan Memiliki Laporan Arus Kas Untuk Kebutuhan Usahamu!

0
216
Laporan Arus Kas

Laporan keuangan atau laporan arus kas adalah salah satu hal penting untuk kamu yang memiliki usaha. Laporan arus kas ini biasanya berisi penerimaan dan pengeluaran kas dalam sebuah perusahaan pada periode tertentu. Inilah mengapa laporan arus kas sangat penting perannya dalam perusahaan, karena dengan adanya laporan ini kamu dapat melihat apakah perusahaan yang kamu jalankan untung atau rugi.

Baik itu penerimaan maupun pengeluaran kas perusahaan dalam periode tertentu segala detailnya perlu dicatat sehingga semua beban-beban perusahaan dapat terlihat. Setelah melihat laporan ini biasanya manajemen perusahaan dapat menilai posisi keuangan perusahaan, sehingga dapat mengambil tindakan terbaik untuk lebih mengoptimalkan perusahaannya.

Jenis Aktivitas dari Laporan Arus Kas!

Umumnya laporan kas dibuat sesaat setelah pembuatan neraca keuangan lalu penyusunannya disusun sesuai dengan data laporan laba rugi periode berjalan serta data dari neraca periode sebelumnya. Pada laporan arus kas ini, biasanya diklasifikasikan menjadi 3 jenis aktivitas yaitu operasional, investasi dan pendanaan. Lebih lengkapnya dibahas di bawah:

  • Arus Kas Operasional (Operational Cash Flow)

Arus kas ini adalah arus kas yang berkaitan dengan operasional suatu perusahaan. Yang termasuk pada arus kas operasional ini seperti kas dari konsumen atau pendapatan piutang, pembayaran utang, pembayaran biaya pegawai, penerimaan bunga, pembayaran pajak dan pengeluaran lainnya.

  • Arus Kas Pembiayaan (Financing Cash Flow)

Arus kas pembiayaan merupakan arus yang terkait langsung dengan aktivitas pembiayaan suatu perusahaan pada masa periode tertentu. Contoh aktivitas pendanaan ini seperti pinjaman bank, Initial Public Offering atau penerbitan saham dan penerbitan obligasi.

  • Arus Kas Investasi (Investing Cash Flow)

Arus kas investasi adalah arus kas keluar dan masuk terkait dengan aktivitas investasi perusahaan dalam periode tertentu. Beberapa aktivitas yang dikategorikan sebagai arus kas investasi adalah seperti pembelian dan penjualan aset tetap, penyertaan saham dan beberapa bentuk investasi lainnya.

Baca juga: 6 Tahapan Mudah Untuk Pengelolaan Keuangan!

Manfaat Memiliki Laporan Arus Kas

Saat membuat laporan arus kas tentu terdapat manfaat baik itu untuk perusahaan maupun para investor, pengelola perusahaan serta pihak lainnya. Karena itu, dengan memiliki laporan arus kas banyak manfaat yang dapat kamu terima seperti.

  • Memberi informasi terkait kemampuan entitas suatu perusahaan dalam menghasilkan arus kas di masa depan.
  • Mengetahui kemampuan perusahaan dalam membayar dividen dan memenuhi kewajiban perusahaan seperti membayar gaji karyawan.
  • Dapat mengukur keberhasilan dari sebuah perusahaan.

Fungsi dan Tujuan Laporan Arus Kas

Laporan arus kas memiliki fungsi serta tujuan untuk menyajikan informasi terkait pengeluaran dan penerimaan kas pada sebuah suatu periode tertentu. Dari hasil informasi ini, perusahaan dapat menentukan langkah serta strategi untuk mengoptimalkan keuangan perusahaannya. 

Laporan kas ini memiliki tujuan seperti:

  • Melihat arus kas pada periode kedepan berdasarkan dari laporan keuangan arus kas periode kini
  • Menentukan kemampuan atau ketidakmampuan perusahaan dalam membayar kewajiban perusahaan
  • Laporan mengenai hubungan laba bersih terhadap perubahan kas perusahaan

Dan yang terpenting dengan penyusunan laporan arus kas yang benar dan sesuai akan berguna untuk masa depan perusahaan, terutama untuk investasi modal perusahaan kedepan.

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

BLOG100

Akseleran Apps

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan langsung bisa juga menghubungi Eben (+62811-9300443) atau untuk pinjaman dana usaha kamu bisa menghubungi Omar (+62812-9799-7917) dan Rizky (+62811-1312-309) atau bisa via email [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here