Kunci P2P Lending Akseleran Menjaga NPL di Bawah 1%

0
201
Detail Pinjaman

P2P Lending Akseleran terus menjaga kualitas penyaluran kredit. Hal tersebut dibuktikan dengan angka Non Performing Loan (NPL) per Desember 2020 berada di level 0,18%.  Pencapaian ini tak lepas dari strategi Akseleran untuk menghadapi dinamika ekonomi nasional selama pandemi Covid-19. Apa saja kiat Akseleran menekan angka kredit macet?

Ivan Tambunan, CEO dan Co-Founder Akseleran pada Webinar Lender Gathering Akseleran 2021 mengungkapkan, selama pandemi terjadi perubahan komposisi pembiayaan, khususnya antara invoice financing dan pre-invoice financing. Sebelum terjadi pandemi Covid-19, invoice financing terbilang kecil. 

Porsi pinjaman invoice financing dari total portofolio pembiayaan meningkat dari 34,1% pada Januari 2020 menjadi 76% pada Desember 2020. Sementara itu, pembiayaan pre-invoice financing menyusut dari 60,7% per Januari 2020 menjadi 18,4% per Desember 2020.

“Selama pandemi Covid-19 kami mau lebih konservatif. Kalau pre-invoice kan basisnya PO, SPK, Kontrak jadi Borrower masih harus mengerjakan proyek dulu. Ini lebih berisiko. Sementara kalau invoice financing, pekerjaan sudah selesai baru keluarkan invoice, tinggal menunggu dibayar,” ujar Ivan.

Selain memperketat penilaian kredit berdasarkan jenis invoice, Akseleran juga berhati-hati dalam menentukan sektor pembiayaan. Ganda Rusli, Chief Risk Officer (CRO) Akseleran menjelaskan selama pandemi Covid-19 Akseleran memperketat kriteria peminjaman dengan membatasi penyaluran ke beberapa industri yang terdampak Covid-19 cukup dalam, di antaranya pariwisata dan properti.

“Pengetatan juga dilakukan dalam hal kriteria kondisi keuangan calon peminjam baru. Saat ini campaign yg ada di Akseleran didominasi oleh peminjaman existing yang telah terbukti track record-nya. Di sisi lain, kami pun lebih intensif mengawasi peminjam existing dan pinjaman yang terlambat,” ungkap Ganda.

Faktor yang juga tak kalah penting dalam menjaga rasio NPL Akseleran di bawah 1% adalah memperbanyak peluang pendanaan dengan proteksi asuransi.

Ayo, daftar sekarang! 

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]