Kriteria Wanita Mandiri Secara Finansial

0
154

Mandiri secara finansial sebenarnya tidak hanya dimiliki oleh seorang pria, tetapi wanita juga perlu mandiri secara finansial. Kenapa? Karena pada dasarnya semua orang harus mandiri secara finansial tanpa melihat status sosial bahkan jenis kelamin. Selain itu, kondisi finansial seseorang akan banyak memengaruhi aspek-aspek kehidupannya.

Seorang wanita mandiri secara finansial adalah wanita yang dapat menghasilkan uang serta mengelola keuangannya sendiri. Jika diterapkan dengan baik, secara umum akan memberikan arti bahwa wanita tersebut memiliki kekuatan dalam mengambil keputusan. Keputusan yang tentu saja krusial dan berpengaruh pada kehidupanmu Sob, karena tanpa bergantung pada sumber keuangan yang lain.

Bagi wanita yang sudah menikah, penjelasan di atas menjadi berbeda dalam pengaplikasiannya. Mengapa? Karena bagi wanita yang sudah menikah, mandiri secara finansial ini berarti menjadikan penghasilanmu sebagai ‘sekoci cadangan’ yang bisa jadi bantuan berarti saat keluarga mengalami musibah yang tidak diinginkan dan dapat meringankan beban finansial sang suami.

Sementara untuk wanita yang belum menikah, mandiri secara finansial memberimu kekuatan yang bisa digunakan untuk dirimu sendiri, dengan tidak bergantung sama sekali kepada orang lain, termasuk kepada orang tua. Lalu memungkinkan Sobat melakukan rencana-rencana yang ingin Sobat laksanakan, entah itu mengejar karir lebih tinggi atau melanjutkan pendidikan dari kemampuan finansial yang Sobat miliki.

Berikut beberapa kriteria wanita mandiri secara finansial yang berhasil Akseleran rangkum:

1. Memiliki Penghasilan
Kriteria pertama seorang wanita mandiri secara finansial yang pasti harus memiliki penghasilan, jika sudah memiliki penghasilan artinya wanita tersebut mampu memenuhi kebutuhan sehari-harinya, bisa memenuhi kebutuhan mendadak, risiko finansial yang mungkin terjadi, bahkan mempersiapkan kebutuhan di masa mendatang.

Bagi wanita yang lajang, maka penghasilan ini dapat membantunya memenuhi kebutuhan hidup. Sementara bagi yang telah menikah, penghasilan istri dapat membantu penghasilan suami yang dirasa kurang.

2. Memiliki Tabungan
Stigma bahwa wanita akan menjadi manager keuangan yang handal dalam rumah tangga, bisa dikatakan tepat. Karena menjadi manager keuangan harus pintar mengelola keuangan, salah satunya adalah memiliki tabungan.

Bagi wanita lajang perlu juga memiliki tabungan sebagai hasil jerih payahnya. Tabungan ini dapat berfungsi sebagai dana darurat yang dapat dipakai sewaktu-waktu untuk keperluan mendadak dalam jangka pendek. Karena sifatnya dana siaga, maka dana ini sebaiknya mudah dicairkan.

3. Memiliki Proteksi Diri atau Asuransi
Untuk memproteksi diri dan keluarga dari risiko keterpurukan finansial, seorang wanita yang mandiri secara finansial biasanya memahami pentingnya proteksi diri dengan asuransi. Karena dengan memiliki asuransi, pos-pos keuangan yang sudah dikelola tetap berada pada posnya masing-masing.

Baca Juga:
Kriteria Pria Mandiri Secara Finansial
Kenali Fintech P2P Lending Berizin dan Terdaftar di OJK
Siap-siap Berinvestasi Reksa Dana di Akseleran

4. Menyiapkan Dana Pendidikan Anak
Bagi wanita yang telah memiliki anak, hal selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah memastikan anak dapat mendapatkan pendidikan terbaik. Untuk mencapai hal itu, wanita dapat merencanakan dana pendidikan anak yang tepat.

5. Memahami Pentingnya Investasi
Sebagai wanita yang mandiri secara finansial, artinya pintar dalam mengelola keuangan semestinya memahami pentingnya investasi. Mengapa perlu investasi? Karena dengan investasi, maka ada potensi di hari esok, di masa depan yang lebih cerah lagi nantinya. Hal ini menjadikan posisi keuangan menjadi lebih terukur dan terarah.

6. Menyiapkan Dana Pensiun
Wanita pun tidak mungkin bekerja terus-menerus. Ada saatnya wanita akan memasuki usia pensiun atau mungkin jika sudah punya anak ingin fokus mengurus anak di rumah. Agar dapat menikmati hal itu, seorang wanita dapat menyiapkan dana pensiun sejak dini.

Itulah beberapa kriteria wanita mandiri secara finansial. Apakah Sobat sudah memiliki salah satu di antara kriteria tersebut? Atau bahkan sudah memiliki semua kriterianya?

Sob, salah satu wanita mandiri secara finansial adalah memahami pentingnya investasi, untuk itu Sobat bisa lakukan diversifikasi dana lebih dengan melakukan pendanaan di Akseleran. Pendanaan di Akseleran akan mendapatkan imbal hasil hingga mencapai 21% per tahun. Menarik kan?!

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]