Ini Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Membantu Mencegah Krisis Global

0
3951
Krisis Global

Resesi serta krisis global ekonomi yang belakangan terjadi di hampir seluruh dunia membuat banyak negara mulai mencari cara agar keluar dari permasalahan ini. Seperti yang diketahui bahwa negara-negara yang mengalami resesi ini juga tidak hanya negara-negara berkembang justru negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Jerman, Korea Selatan hingga Prancis mengalami resesi dalam dua kuartal.

Karenanya apabila resesi yang dialami pada negara-negara maju tersebut tentu hal terburuknya, maka akan jatuh dalam krisis ekonomi yang sekaligus juga membuat krisis global. 

Hal yang Bisa dilakukan Oleh Indonesia Agar Terhindar dari Krisis Global

International Monetary Fund (IMF) telah menyatakan bahwa ekonomi serta keuangan global sudah mengalami krisis akibat pandemi virus Corona (COVID-19). Hal tersebut tentu akan juga berdampak pada perekonomian Indonesia.

Karena itu, banyak hal yang dapat mengurangi, menghindari atau meminimalisir dampak yang akan muncul tersebut dengan melakukan beberapa hal salah satunya berfokus terhadap aspek kesehatan masyarakat. Kenapa aspek kesehatan, karena dengan mengoptimalkan aspek ini tentunya apabila kesehatan masyarakat didapatkan, maka dampak ekonomi dapat ditanggulangi dengan lebih cepat.

Setelah itu barulah pemerintah beralih kepada pembenahan ekonomi dalam negeri dengan menjaga daya beli masyarakat. Aspek penting lainnya adalah dengan memperhatikan sektor usaha mengingat dunia usaha ini dapat mengembangkan ekonomi serta dapat mengurangi potensi yang dapat memicu krisis ekonomi seperti potensi adanya PHK.

Dalam rangka membatasi pelemahan di pasar keuangan negara berkembang ada baiknya pemerintah dapat memanfaatkan fasilitas seperti credit swap line yang sudah disiapkan khusus oleh IMF kepada negara-negara berkembang seperti Indonesia.

Adanya fasilitas seperti direct swap dari IMF ini tentu mempermudah dengan melakukan pembatasan dari keluarnya dana asing dari pasar keuangan Indonesia karena ketidakpastian global akibat COVID-19.

Baca juga: Kilas Balik Sejarah Kelam Indonesia, Inilah Penyebab Krisis Moneter Tahun 1998

4 Hal yang Bisa Dilakukan Secara Pribadi Untuk Meminimalisir Krisis Global

Seperti yang sudah dibahas sedikit di atas bahwa pemerintah memang sudah melakukan berbagai macam usaha untuk mengatasi dampak dari krisis itu sendiri. Namun, tentu pemerintah juga membutuhkan dukungan dari berbagai macam pihak tanpa terkecuali masyarakatnya.

Nah, dukungan apa sih yang bisa diberikan untuk menghadapi gelombang tersebut? 

  • Meningkatkan penggunaan produksi dalam negeri
  • Memanfaatkan peluang perdagangan internasional
  • Tundalah membeli barang-barang yang mewah terutama juga menggunakan sistem kredit
  • Sesuaikan investasi dengan kondisi ekonomi saat ini

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]id.