Kreditur Adalah : Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

0
31173
Kreditur Adalah

Kreditur Adalah – Istilah dalam dunia bisnis maupun finansial memang terbilang cukup banyak, namun kadang banyak orang yang tidak mengerti atau memahami istilah-istilah tersebut. Karena itu kali ini kita akan membahas salah satu istilah yang mungkin sudah sering kamu dengar dalam dunia finansial yaitu kreditur.

Pengertian Kreditur

Kreditur adalah pihak atau perorangan, organisasi, perusahaan atau pemerintah yang memiliki satu atau lebih tagihan kepada pihak kedua atas properti atau layanan jasa yang telah diberikannya (dalam bentuk kontrak atau perjanjian) di mana diperjanjikan bahwa pihak kedua akan mengembalikan properti yang nilainya sama.

Jadi singkatnya pihak yang memberikan kredit atau pinjaman kepada pihak lainnya yaitu kreditur. Terminologi pada kredit ini seringkali dikaitkan dan digunakan dalam dunia keuangan khususnya pada pinjaman yang memiliki tenor pendek serta obligasi jangka panjang.

Jadi, Sebenarnya Apa Itu Pemberi Kredit?

Bank, lembaga keuangan, investor hingga venture capital pun dapat dikatakan sebagai pemberi kredit dan biasanya mereka meminjamkan uang sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan dalam masing-masing institusi. Selain itu juga dapat memilih untuk melakukan penawaran hanya pada jenis pinjaman tertentu atau untuk membatasi aktivitas pemberian pinjaman mereka pada jenis atau entitas tertentu.

Contohnya, kreditur dapat berspesialisasi dalam hipotek untuk perorangan atau jalur kredit untuk bisnis dan usahanya. Para kreditur juga dapat melihat sifat dari bisnis atau usahanya, karakter pemilik usahanya hingga proyeksi penjualan tahunan dalam perkembangan usahanya. Hal tersebut agar kreditur dapat melihat kualitas dari penerima pinjaman.

Baca juga: Apa itu Debitur? Istilah yang Sering Didengar dalam Dunia Finansial

Peran dari Seorang Kreditur

Pemberi kredit tentunya memiliki beberapa alasan saat melakukan pemberian pinjaman, termasuk beberapa hal di bawah ini: 

  • Menyediakan dana untuk melakukan pembelian dengan jumlah besar yang dapat diberikan kepada peminjam.
  • Meningkatkan jumlah pendanaan kepada modal kerja atau pinjaman produktif.
  • Menyediakan jalur kredit cadangan untuk mendukung arus kas yang tidak teratur.

Jenis-Jenis Kreditur

Kreditur biasanya memiliki satu mekanisme dalam penundaan kewajiban pembayaran utang atau PKPU. Beberapa jenis dari kreditur ini seperti kreditur separatis, kreditur konkuren dan kreditur preferen. Jadi sebenarnya apa yang dimaksud dari ketiga jenis kreditur tersebut, selengkapnya akan kita jelaskan di bawah :

  • Kreditur Separatis

Kreditur separatis ini adalah kreditur yang sudah menguasai jaminan benda sesuai dengan mekanisme gadai atau hipotik. Kreditur ini juga biasanya akan mendapatkan jaminan piutang yang akan diselesaikan. Namun, jika terdapat kelebihan dari penjualan barang jaminan tersebut, maka kelebihannya akan dikembalikan kepada pihak pemberi pinjaman.

  • Kreditur Konkuren

Kreditur konkuren ini adalah kreditur yang tidak memegang jaminan apapun. Biasanya para kreditur adalah rekan bisnis yang barang atau jasanya belum dibayar, karenanya kreditur konkuren biasanya juga berada pada prioritas pembayaran utang yang terakhir.

  • Kreditur Preferen

Kreditur preferen adalah jenis kreditur yang memiliki hak istimewa atau dapat dikatakan menjadi prioritas. Dalam pembayaran hak, kreditur ini lebih diutamakan dibandingkan dengan jenis kreditur lainnya. 

Itulah beberapa informasi mengenai salah satu istilah dalam dunia finansial yang sering kamu dengar yaitu kreditur. Dengan mengenal berbagai macam istilah dalam dunia finansial kamu dapat lebih mengenal sekaligus dapat menekan risiko saat melakukan berbagai macam transaksi dalam dunia finansial.

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

pinjaman modal usaha

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]