Kredit Usaha Rakyat : Pengertian, Tujuan dan Cara Pengajuan

1
20291
Kredit Usaha Rakyat

Memiliki sebuah usaha sendiri dan sukses adalah impian dari banyak orang. Terutama untuk mereka yang sudah memiliki niat yang serius untuk membangun usahanya sendiri. Antusiasme inilah yang membuat pemerintah memberikan dukungan penuh terhadap para rakyat yang ingin membangun sebuah usaha.

Mereka yang memiliki rencana untuk membangun sebuah usaha tentunya sudah mempersiapkannya sejak lama, mulai dari jenis usaha yang akan dijalankan, strategi untuk mengembangkan usahanya dan yang paling penting adalah modal dari usaha yang ingin dibangun. Mengapa pemerintah harus mendukung usaha rakyat?

Keberadaan usaha rakyat nasional ini dapat membantu perekonomian nasional terutama untuk membuka lapangan pekerjaan. Karenanya salah satu upaya yang diberikan pemerintah adalah dengan menyediakan sebuah pembiayaan bagi mereka yang ingin memiliki sebuah usaha melalui Kredit Usaha Rakyat atau yang biasa kita kenal dengan KUR.

Pengertian Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan sebuah layanan kredit atau pembiayaan yang diberikan oleh pemerintah melalui perbankan kepada para Usaha Mikro Kecil, Menengah, dan Koperasi (UMKMK) atau usaha yang feasible namun belum bankable. Maksudnya, usaha tersebut tetap memiliki potensi atau prospek usaha yang baik dan dapat mengembalikan pinjamannya.

KUR sendiri meliputi berbagai macam bentuk usaha, terutama usaha-usaha yang bergerak di bidang usaha yang produktif seperti pertanian, perindustrian, perikanan dan kelautan, kehutanan hingga usaha jasa simpan pinjam. Semua bentuk usaha tersebut diharapkan dapat memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat.

Tujuan dari Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Umumnya tujuan dari Kredit Usaha Rakyat (KUR) ini adalah untuk UMKMK, menciptakan lapangan pekerjaan hingga mengentas kemiskinan. Karena itu, pemerintah menerbitkan berbagai macam kebijakan dalam pengembangan serta pemberdayaan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan sektor riil dan memberdayakan UMKMK.

Beberapa kebijakan pengembangan serta pemberdayaan yang dimaksud dapat seperti:

  • Pengembangan kewirausahaan
  • Peningkatan akses pada sumber pembiayaan
  • Peningkatan pasar produk UMKMK 
  • Reformasi regulasi dari UMKMK

Lalu, Bagaimana Sih Cara Mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR)?

Sekarang kita akan membahas bagaimana sebenarnya cara penyaluran KUR serta mendapatkan pinjaman modal dari KUR. Peminat dari KUR ini sangat banyak, namun beberapa dari mereka masih kebingungan bagaimana cara memperolehnya. Karena itu, bagi kamu yang tertarik untuk menerima pinjaman dari KUR dapat memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

  • Pastikan usaha yang dimiliki adalah usaha yang produktif artinya usaha tersebut dapat mendorong terjadinya peningkatan aktivitas dan kreativitas di daerah yang tertinggal. Beberapa jenis usaha produktif tersebut diantara kerajinan tangan, produk olahan hasil bumi, peternakan hingga pembibitan.
  • Menyiapkan segala macam berkas atau dokumen yang diperlukan seperti KTP, Kartu Keluarga, Keterangan Domisili, Legalitas usaha (akta pendirian usaha), ijin usaha (SIUP, TDP), laporan keuangan, proposal usaha hingga persyaratan lainnya yang diminta oleh bank.
  • Datangi beberapa perbankan yang menyediakan akses untuk KUR dan jangan lupa untuk meminta informasi terkait dari penyaluran kredit tersebut.
  • Terakhir perbankan akan melakukan survei terhadap usaha milikmu. Lalu saat survei tersebutlah bank akan melihat apakah layak diberikan Kredit Usaha Rakyat atau tidak. Apabila memenuhi syarat, maka pinjaman yang telah diajukan akan segera cair.

Itulah beberapa cara dan prosedur untuk mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Apabila pengajuan yang kamu ajukan memakan waktu yang lama atau bahkan ditolak, kamu dapat mencari beberapa alternatif pinjaman lainnya seperti melalui platform P2P Lending. Di P2P Lending proses yang dilalui relatif lebih singkat sehingga kamu dapat mengoptimalkan waktu kamu untuk mempersiapkan hal lain. 

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

BLOG100

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected].

1 COMMENT

Comments are closed.