Alasan Korea Selatan Menjadi Negara yang Maju

1
4963
Alasan Korea Selatan Menjadi Negara yang Maju

Indonesia & Korea sama-sama merdeka dari jajahan Jepang tahun 1945. Setelah itu, Indonesia harus berjuang menghadapi agresi militer Belanda. Sedangkan Semenanjung Korea mengalami ketegangan di bawah pengaruh Uni Soviet & AS hingga meletusnya perang antara Korea Utara dan Korea Selatan tahun 1950-1953. Setelah perang Korea tersebut, ekonomi Korsel terpuruk menjadi salah satu negara termiskin di Asia selama bertahun-tahun. Namun, akhirnya Korsel bangkit dan mengalami pertumbuhan ekonomi sangat cepat hingga kini menjadi negara maju. Bagaimana bisa?

Masa kebangkitan Korsel dimulai di bawah pemerintahan Jenderal Park Chung-hee yang berkuasa sejak Mei 1961. Periode kebangkitan Korsel tersebut disebut The Miracle on the Han River. Lalu apa yang menyebabkan ekonomi Korsel mampu bangkit dan melaju pesat saat itu?

1. Bantuan & Utang Luar Negeri

Setelah perang Korea berakhir pada 1953, Korsel banyak menerima pinjaman maupun bantuan, khususnya dari AS dan Jepang. Bantuan dan utang tersebut digunakan untuk membangun kembali ekonomi dan industri-industri penting sat itu seperti konstruksi, kimia, baja, dIl.

2. Mendukung Industri Berorientasi Ekspor

Ekonomi Korsel dikuasai oleh bisnis keluarga konglomerat super kaya yang disebut chaebol. Ketika Korsel terpuruk, bantuan dan utang luar negeri disalurkan ke bisnis tersebut dalam bentuk pinjaman, subsidi, dan keringanan pajak. Chaebol kemudian menjadi kekuatan utama perekonomian Korsel dan bisa bersaing di pasar internasional hingga sekarang ini.

3. Gerakan “Saemaul Undong”

Untuk mengurangi ketimpangan dengan perkotaan, sejak tahun 1970 an Korsel membuat gerakan untuk mengembangkan dan memodernisasi pedesaan (gerakan “saemaul undong”). Gerakan tersebut meliputi perbaikan lingkungan hidup pedesaan terutama yang menyangkut fasilitas fisik, perbaikan infrastruktur dasar, perluasan kesempatan kerja pertanian dan non pertanian.

4. Korean Wave

Selain itu, di era sekarang ini ekonomi Korsel punya pilar baru dengan menyebarnya budaya popnya ke seluruh dunia yang disebut Korean Wave. Menurut laporan Hyundai Research Institute tahun 2018, boyband Kpop BTS berkontribusi sekitar $3.54 billion (sekitar Rp50 T) terhadap ekonomi Korsel per tahun, belum lagi grup dan penyanyi lainnya.

Majunya industri kreatif ini secara tidak langsung juga meningkatkan industri pariwisata, fashion, kosmetik, hingga makanan khas Korea. Selain musik, film dan drama, Korean Wave juga meliputi makanan, fashion, beauty, dIl.

Selain faktor-faktor tersebut masih banyak faktor lain seperti kebijakan-kebijakan pemerintah, sumber daya manusia, sistem pendidikan, teknologi, dan produktivitas yang menjadi kunci pesatnya kemajuan Korsel hingga sekarang.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut

1 COMMENT

Comments are closed.