Komunikasi Asertif Adalah: Definisi dan Cara

1
270
Komunikasi Asertif Adalah: Definisi dan Cara

Hubungan yang baik dengan rekan kerja pasti diawali dengan adanya komunikasi yang baik. Kadang kita bingung bagaimana cara meminta tolong, berpendapat atau menolak sesuatu, atau malah menyampaikan hal tersebut dengan kalimat yang menyinggung. Dengan menggunakan kalimat asertif akan membantu kita berkomunikasi secara jujur, terbuka, dan tegas tapi tetap menghormati pendapat orang lain dan berpikir positif. Dalam dunia kerja, kita bisa menggunakan gaya komunikasi asertif untuk menjaga hubungan yang baik dengan rekan kerja. Lalu apa itu komunikasi asertif?

Komunikasi asertif adalah kemampuan menyampaikan keinginan dan kebutuhan pribadi dengan kalimat yang jujur, terbuka, dan tegas tapi tetap menghormati pendapat orang lain dan berpikir positif. Kita bisa berkomunikasi secara asertif ketika hendak menanyakan sesuatu, meminta sesuatu, mengutarakan pendapat, ataupun ketika menolak sesuatu. Berikut ini adalah beberapa tips komunikasi asertif yang bisa kamu terapkan.

1. Perhatikan Gaya Bahasa, Nada Bicara dan Bahasa Tubuh

Gunakan gaya bahasa yang sopan, jelas, dan mudah dipahami serta berbicara dengan nada yang tenang.

2. Hormati Satu Sama Lain

Jelaskan ide dan pendapat pribadi tanpa menjatuhkan ide dan pendapat orang lain.

3. Maaf, Tolong, Terima Kasih

Kita sudah mengetahui pentingnya 3 kata ajaib ini untuk digunakan sehari-hari. Gunakan kata maaf, tolong, dan terima kasih dalam berkomunikasi secara asertif.

Komunikasi asertif ini ternyata juga memiliki manfaat untuk karirmu, seperti membantu kamu menangani masalah dengan rekan kerja serta mengurangi drama dan stres. Selain itu, komunikasi asertif juga dipercaya dapat meningkatkan produktivitas serta meningkatkan kedewasaan diri dan saling menghargai sesama rekan kerja. Dalam komunikasi asertif, kedua individu berkedudukan setara, terlepas dari hierarki mereka dalam Perusahaan.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut

1 COMMENT

Comments are closed.