Kolaborasi Akseleran dan Ralali Sukseskan Pebisnis UMKM

0
413

Upaya Akseleran memberikan pendanaan kepada UMKM tak lepas dari kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk e-commerce. Salah satu yang berkolaborasi dengan Akseleran adalah adalah B2B marketplace Ralali.com. 

Pada episode ke-23 Kata Akseleran, Rimba Laut selaku SVP Corcomm Akseleran berbincang bersama Dwi Warna Bagus Panuntun selaku VP RM Borrower Akseleran dan Ronald Sipahutar selaku VP/Division Head Ralali untuk mengupas mengenai manfaat kolaborasi ini bagi UMKM. Episode kali ini juga menghadirkan salah satu borrower yang telah memetik manfaat dari kolaborasi tersebut, yaitu PT Airin Graha Solusindo.

Akseleran telah menjalin kerja sama penyaluran pinjaman untuk seller Ralali sejak 22 Februari 2019. Keduanya memiliki visi yang sama, yaitu menumbuhkan dan mendukung perkembangan UMKM di Indonesia. Ketika ada customer Ralali yang membutuhkan pembiayaan, sepanjang memenuhi persyaratan, Akseleran dapat memberikan dukungan. Sebagai informasi, jumlah pinjaman yang dapat diberikan Akseleran mulai dari Rp10 juta hingga Rp2 miliar. 

Cara Mendapatkan Pendanaan Akseleran di Ralali

Ronald menjelaskan, untuk memperoleh pendanaan di Ralali customer cukup menghubungi Hello Ralali di nomor 1500-465. Customer Service (CS) Ralali akan memberikan mengenai tata cara pinjaman dan dokumen yang diperlukan.

Setelah itu, CS akan memberikan dokumen dan formulir yang telah diisi calon peminjam ke tim Business Development Ralali. Setelah dicek, tim Business Development Ralali akan mengirimkan dokumen pendukung ke Akseleran. 

Adapun kelengkapan data yang dibutuhkan, yaitu Akta, Surat Keterangan Domisili, Nomor Induk Berusaha (NIB), KTP, NPWP,  rekening koran 3 bulan terakhir serta laporan keuangan sederhana (untuk pinjaman di atas Rp100 juta).

Proses Cepat dan Sangat Membantu Bisnis

PT Airin Graha Solusindo atau AG Store adalah salah satu seller bintang lima di Ralali.com yang telah mendapatkan pendanaan dari Akseleran. Bergerak di bisnis penjualan alat elektronik, PT Airin pertama kali memperoleh pendanaan dari Akseleran senilai Rp200 juta pada Juni 2020. 

“Menguntungkan sekali. Dengan dibantu pendanaan dari Akseleran, kami bisa berjualan secara tempo. Misalkan, kami dapat tempo 30-60 hari dari Akseleran, kita juga kasih ke customer 30-60 hari,” ungkap Dhiyang sambil menambahkan bahwa proses pencairan pinjaman di Akseleran terbilang cepat. 

Peluang untuk Berkembang

Ronald menuturkan Ralali senantiasa memotivasi para seller agar jangan ragu untuk mengambil peluang. Misalkan, ada order dengan value besar, seller berskala small atau medium seringkali ragu untuk memenuhi melalui sistem tempo. 

“Kami ada partner lho yang bisa bantu. Itu yang kami sampaikan ke seller. Jadi secara bisnis seller bisa lebih dapat peace of mind dan fokus mengembangkan bisnis. Back-end nya dibantu Ralali dan Akseleran,” ujar Ronald. 

Ronald menambahkan, di segmen B2B, yang terutama bukan persaingan harga melainkan kredibilitas seller. Di Ralali.com semua seller terpercaya karena ada akta, izin, domisili, dsb. Kelengkapan dan kejelasan administrasi ini menjadikan seller juga mudah mendapatkan partner fintech seperti Akseleran. 

“Kalau seller sudah dapat pinjaman dari Akseleran, maka buyer enggak usah khawatir karena sudah pasti seller-nya trusted. Ada dua perusahaan lho yang melakukan quality control. Akseleran dan Ralali. Masa diragukan?” ujar Ronald.

Senada dengan Ronald, Dwi mengungkapkan pencatatan keuangan adalah hal yang sangat penting agar UMKM bisa memperoleh pendanaan. Ralali.com membantu UMKM melakukan pencatatan atas transaksi bisnis mereka di Ralali.com. Dengan begitu, proses verifikasi pun semakin cepat. 

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]